Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ 20 Ciri-Ciri Penipuan Kredivo 2022 : WhatsApp & Mengatasinya

Ciri Ciri Penipuan Kredivo WhatsApp FB Mengatasinya

Ciri-Ciri Penipuan Kredivo – Selain Akulaku dan Shopee PayLater, Kredivo juga tercatat sebagai salah satu fasilitas cicilan tanpa kartu kredit terbaik di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Kredivo menyediakan limit cicilan hingga Rp. 30.000.000.

Disamping itu, untuk tenor atau durasi pengembalian limit yang digunakan bisa sampai 12 bulan. Dengan begitu, wajar saja jika banyak orang yang memilih Kredivo sebagai solusi pembelian barang impian disaat tabungan belum terkumpul.

Meski begitu, perlu kami ingatkan bahwa belakangan ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba merugikan para pengguna Kredivo. Ya, ada beberapa modus penipuan yang mengatasnamakan Kredivo.

Ciri-ciri penipuan Kredivo biasanya meminta pengguna untuk memberikan data pribadi mereka. Sementara itu, dalam melancarkan aksinya, para pelaku kerap mengirimkan Chat lewat WhatsApp atau Email. Lalu bagaimana cara menghindari aksi penipuan Kredivo? Langsung saja cari tahu jawabannya dibawah ini.

Ciri-Ciri Penipuan Kredivo

Ciri Ciri Penipuan Kredivo

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Kredivo merupakan salah satu layanan PayLater terbaik dengan penawaran limit hingga puluhan juta rupiah. Selain kredit Online, Kredivo juga menyediakan fasilitas Pinjaman Tunai dengan limit maksimal Rp. 30.000.000.

Terlepas dari pelayanan Kredivo untuk pelanggan, disini pihak Kredivo juga menghimbau pada seluruh pengguna agar selalu berhati-hati dalam menggunakan layanan tersebut. Sebab, akhir-akhir ini Kredivo banyak menerima laporan mengenai kasus penipuan yang dialami pengguna.

Maka dari itu, sebelum terlanjur dan menjadi korban penipuan, disini kalian semua para pengguna Kredivo wajib tahu ciri-ciri penipuan Kredivo. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri serta modus penipuan Kredivo :

1. Penipuan Lewat WA

Penipuan Lewat WhatsApp

Modus pertama yang sering digunakan oleh pelaku penipuan Kredivo adalah mengirimkan chat lewat WhatsApp atau mengirimkan Pesan lewat Facebook. Entah darimana pelaku mendapatkan nomor WhatsApp pengguna, yang jelas lewat data tersebut pelaku bakal mengirimkan Chat yang isinya meminta pengguna Kredivo untuk menyerahkan data diri.

Bukan hanya itu, ada juga ciri-ciri penipuan Kredivo berupa permintaan Gestun (Gesek Tunai) untuk mencairkan limit Kredivo langsung ke rekening. Modus seperti ini sangat berbahaya untuk para pengguna baru yang belum tahu bahwa limit Kredivo tidak bisa dicairkan ke rekening.

Seperti hal nya kasus penipuan Akulaku, Shopee PayLater dan lain sebagainya, dalam melancarkan aksinya, para pelaku akan meminta pengguna untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, nomor rekening, PIN Kredivo dan lain sebagainya. Jika data-data tersebut berhasil diketahui oleh pelaku, maka pelaku bisa dengan mudah mengakses akun Kredivo si korban dan menguras semua isi nya.

2. Penipuan Lewat Email

Penipuan Lewat Email

Modus penipuan Kredivo selanjutnya bisa dilakukan lewat Email pengguna. Jadi disini penipu yang mengaku dari pihak Kredivo akan mengirimkan Email yang isi nya meminta kalian untuk melakukan pengembalian dana Pinjaman Kredivo.

Ya, aksi ini bisa dialami setelah kalian mengajukan Pinjaman ke Kredivo. Sama seperti ciri-ciri penipuan Kredivo lewat WA, disini kalian juga akan diminta melengkapi informasi data diri yang nantinya bakal digunakan sebagai akses masuk ke akun Kredivo.

Ingat, setiap Pinjaman Kredivo yang sudah di transfer ke rekening pengguna tidak akan ditarik lagi oleh Kredivo. Dengan begitu, ketika ada Email yang mengatasnamakan Kredivo dan meminta pengembalian dana, bisa dipastikan tindakan tersebut adalah ciri-ciri penipuan Kredivo.

3. Penipuan Lewat Telepon

Ciri-ciri penipuan Kredivo yang terakhir juga bisa diketahui saat menerima panggilan dari pihak yang mengatasnamakan Kredivo. Dalam melancarkan modus ini pelaku akan terlihat lebih profesional, mulai dari gaya bicara hingga data-data pemilik akun seperti nama lengkap, nomor HP dan lain sebagainya.

Ciri-ciri penipuan seperti ini cukup sering mendapatkan korban, terutama mereka yang belum lama menggunakan Kredivo. Dalam aksinya, pelaku akan menginformasikan bahwa ada masalah pada akun pengguna dan demi keamanan, pemilik akun harus mengirimkan PIN, kode OTP dan lain sebagainya.

Setelah pelaku mendapatkan data-data tersebut, biasanya mereka bakal menjanjikan untuk menghubungi korban kembali setelah masalah selesai. Namun alih-alih akun jadi aman, justru seluruh limit Kredivo bisa dikuras habis oleh pelaku.

Cara Menghindari Modus Penipuan Kredivo

Cara Menghindari Penipuan Kredivo

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri penipuan Kredivo, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menghindari aksi penipuan seperti diatas. Jadi, ketika mendapati adanya ciri-ciri penipuan Kredivo yang dikirim lewat WhatsApp, Email maupun panggilan telepon kalian hanya perlu mengabaikan nya saja.

Setelah itu segera masuk ke aplikasi Kredivo dan lakukan perubahan PIN Kredivo. Selain PIN, kalian juga bisa mengubah beberapa informasi pribadi lain seperti nomor HP, alamat Email dan nomor rekening. Dengan begitu, pelaku akan kehilangan akses dan gagal melancarkan aksi penipuan nya.

Selain itu, kalian juga perlu menjaga keamanan akun Kredivo dengan cara tidak memberitahukan PIN, nomor HP dan data penting lain yang tertera di akun Kredivo kepada siapapun. Dengan begitu, data-data Kredivo kalian akan aman dan tidak rawan menjadi korban penipuan Kredivo.

Cara Mengatasi Penipuan Kredivo

Cara Mengatasi Penipuan Kredivo

Lalu bagaimana jika sebelumnya kalian tidak tahu ciri-ciri penipuan Kredivo dan sudah terlanjur menjadi korban? Untuk mengatasi korban penipuan Kredivo, kalian hanya perlu membuat laporan ke pihak Kredivo.

Disini kalian bisa melakukan panggilan ke Call Center Kredivo. Nantinya petugas akan meminta kalian untuk menjelaskan kronologi penipuan yang dialami. Setelah data yang dibutuhkan berhasil di konfirmasi, selanjutnya petugas Kredivo akan membantu untuk memblokir akun Kredivo kalian.

Jika sudah seperti itu, pelaku yang berhasil mendapatkan akses masuk ke akun Kredivo korban tidak akan bisa melanjutkan aksi nya, karena akun tersebut sudah di blokir. Selanjutnya kalian akan menerima informasi lebih lanjut dari pihak Kredivo untuk mengubah data keamanan.

Namun ingat, cara ini harus dilakukan sesegera mungkin, jika ditunda-tunda maka pelaku mungkin sudah berhasil menguras limit dan tercatat sebagai transaksi di akun Kredivo kalian. Jika terjadi demikian, artinya mau tidak mau kalian hanya bisa pasrah dan melunasi tagihan yang tercantum.

KESIMPULAN

Itulah beberapa ciri-ciri penipuan Kredivo yang wajib diketahui. Selain itu, tim Proseskredit.com juga menjelaskan beberapa modus penipuan yang kerap dialami pengguna Kredivo, mulai dari kirim chat lewat WhatsApp, FB hingga mengirimkan Email dan melakukan panggilan yang mengatasnamakan Kredivo.

Terlepas dari modus apapun yang digunakan, intinya ciri-ciri penipuan Kredivo diatas bertujuan untuk masuk ke akun Kredivo korban lalu melakukan transaksi menggunakan limit yang tersedia. Maka dari itu, jika tidak ingin menjadi korban penipuan Kredivo, kalian harus menerapkan tips menghindari penipuan Kredivo. Atau jika sudah terlanjur menjadi korban, maka kalian bisa mengatasinya pakai cara yang kami sajikan diatas.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • Facebook Kredivo
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *