Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

5 Ciri-Ciri Penipuan di Lazada 2022 Modus & Antisipasi

Ciri Ciri Penipuan di Lazada 1

Ciri-Ciri Penipuan di Lazada – Saat ini berbelanja suatu barang sudah bukan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Perkembangan zaman yang semakin modern menghadirkan banyak marketplace tempat berbelanja online.

Ada banyak online shop yang tersedia saat ini, dimana salah satu yang sudah cukup terkenal yaitu Lazada. E-Commerce satu ini menyediakan beragam produk dengan harga murah, sehingga wajar jika Lazada banyak digunakan.

Meski begitu, namun ada risiko yang harus diperhatikan jika berbelanja secara online melalui aplikasi Lazada. Dimana banyak kasus penipuan yang terjadi dalam online shop, sehingga penting sekali untuk diwaspadai.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri penipuan di Lazada. Jadi buat Anda yang belum mengetahui ciri-cirinya, maka ada baiknya untuk menyimak informasi lengkap di bawah ini hingga akhir.

Modus Penipuan Lazada

Modus Penipuan Lazada

Modus penipu Lazada terbilang cukup banyak. Meskipun pihak Lazada telah memperingati tentang sanksi bagi para pelaku penipuan dan sistem keamanan Lazada juga telah ditingkatkan, namun tetap ada yang memanfaatkan celahnya. Berikut beberapa modus penipuan di Lazada.

1. Barang Tidak Sesuai

Apabila ada ketidaksesuaian antar deskripsi atau gambar produk dengan barang yang dikirim, maka ini dapat disebut dengan penipuan. Uang yang dihasilkan dari transaksi jual beli seperti ini dapat dituntut kembali.

2. Mengatasnamakan Lazada

Sejumlah orang tidak menggunakan akun di Lazada, namun memanfaatkan nama besar Lazada. Banyak sekali penipuan melalui SMS maupun WhatsApp yang menggunakan nama Lazada dengan mengirimkan pesan ke smartphone berupa hadiah menarik. Jadi jangan sampai terkecoh.

3. Menipu Dengan Akun Pihak Lain

Terdapat sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pembajakan (hacking) akun Lazada milik orang lain dan melakukan transaksi yang merugikan. Hal seperti ini sangat berbahaya dan tentunya dapat dikatakan sebagai penipuan.

4. Melakukan Phising

Modus penipuan ini yaitu penipu akan mengirimkan pesan tertentu yang mengandung tautan kepada Anda dengan menggunakan akunnya di Lazada. Jangan mengikuti tautan tersebut, karena bisa jadi itu adalah link untuk mengirimkan virus atau link phising.

Ciri-Ciri Penipuan di Lazada

Ciri Ciri Penipuan di Lazada

Sama halnya dengan ciri-ciri penipuan di Shopee, ciri-ciri penipuan di Lazada dapat dikenali dengan sangat mudah. Untuk lebih berhati-hati dan agar tidak menjadi korban penipuan Lazada, maka kenali ciri-ciri di bawah ini.

1. Harga Terlalu Murah

Ciri-ciri pertama yaitu harga terlalu murah. Jadi jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah karena hal itu mungkin saja penipuan.

2. Deskripsi Tidak Sesuai dan Terlalu Aneh

Apabila deskripsi produk terlalu aneh dan terkesan asal-asalan, maka hal itu dapat dipastikan penipuan. Jadi, pastikan Anda mencari toko yang memiliki deskripsi yang spesifik.

3. Mengajak Transaksi di Luar Lazada

Apabile penjual mengajak transaksi di aplikasi Lazada, misalnya lewat WhatsApp atau LINE, maka bisa dipastikan itu adalah penipu. Apalagi jika meminta transfer langsung ke rekening yang bersangkutan, bukan lewat rekening Lazada.

4. Ulasan Sedikit atau Buruk

Lihatlah ulasan yang dibuat para pembeli, terutama yang disertai foto. Jika barang sudah laku banyak tapi ulasan sedikit atau ulasannya buruk, lebih baik cari di toko lain saja, karena itu mungkin saja toko penipu Lazada.

5. Menjual Barang Dengan Jenis Terbatas

Ciri-ciri penipuan di Lazada berikutnya adalah menjual barang dengan jenis terbatas. Beberapa toko mengaku sebagai official store, akan tetapi faktanya barang yang dijual jenisnya terbatas. Identitas toko dan pemilik toko juga tidak jelas.

Cara Mengantisipasi Penipuan di Lazada

Cara Mengantisipasi Penipuan di Lazada

Walaupun penipu banyak berkeliaran di Lazada, Anda tidak perlu takut untuk berbelanja. Apalagi jika sudah mengenali ciri-ciri di atas, maka Anda tidak perlu khawatir terhadap penipuan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengantisipasi penipuan yang ada di Lazada.

1. Pilih Produk Langsung di Laz-Mall

Belanja di Laz-Mal tentu saja jauh lebih aman karena jelas kredibilitasnya. Dimana Laz Mall menjual produk yang memang disediakan oleh Lazada, sehingga barangnya terjamin asli.

2. Belanja di Official Store

Penipu Lazada pasti tidak akan mampu membuat toko mereka menjadi Official Store. Dimana Official Store hanyalah brand-brand besar yang menjual barang-barang asli berkualitas yang secara resmi bekerja sama dengan Lazada dan menyediakan logo Flagship Store di tokonya.

3. Periksa Rating Toko dan Produk

Pastikan dalam berbelanja di aplikasi Lazada, Anda selalu memperhatikan rating dan ulasan toko. Rating ini merupakan sistem otomatis dari Lazada, yang tidak bisa dimanipulasi oleh para penipu. Jika memang ratingnya tinggi, performanya bagus, apalagi disertai ulasan yang baik, maka tidak masalah.

4. Lakukan Transaksi di Dalam Aplikasi Lazada

Pastikan Anda melakukan transaksi langsung di dalam aplikasi Lazada. Apabila penjual meminta transaksi dilakukan langsung ke rekening pemilik penjual dengan alasan apapun, maka sebaiknya jangan menuruti hal tersebut.

5. Lakukan Pembayaran COD atau Bayar Ditempat

Lazada menyediakan metode pembayaran COD atau bayar di tempat. Nah, metode pembayaran ini dapat Anda manfaatkan untuk mengantisipasi penipuan barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang Anda pesan.

Kesimpulan

Belanja melalui marketplace mungkin memang menyenangkan, karena Anda bisa membeli barang tanpa harus keluar rumah, namun Anda harus tetap berhati-hati terhadap penipuan online yang masih kerap terjadi.

Namun, dengan mengenai ciri-ciri penipuan Lazada dan menerapkan tips di atas, maka kecil kemungkinan Anda terjebak penipuan. Nah, mungkin hanya itu saja informasi lengkap dari proseskredit.com dan semoga bermanfaat.

Sumber gambar: admin proseskredit.com, news.fileini.com, regional.cimpas.com, blog.kredibel.co.id

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *