Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Bunga Lazada Paylater Per Bulan 2022 Biaya & Cara Hitung

Bunga Lazada Paylater 1

Bunga Lazada Paylater – Kehadiran fitur beli sekarang bayarnya bulan depan atau secara cicilan selama 3, 6 hingga 12 bulan di platform Lazada memberikan kemudahan kepada para pengguna. Dimana dengan Lazada Paylater pengguna bisa melakukan kredit tanpa harus memiliki kartu kredit.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna dapat langsung mengaktifkan Lazada Paylater langsung dari aplikasi e-commerce Lazada. Setelah pengajuan diterima, maka nantinya Anda akan diberi limit kredit yang bisa digunakan untuk membayar belanja produk pilihan di e-commerce Lazada.

Namun perlu diingat, bahwa menggunakan limit kredit Lazada Paylater artinya Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan dari pihak Lazada. Dengan kata lain, Anda bertanggung jawab untuk melakukan pelunasan sekaligus membayar biaya tambahan berupa biaya penanganan dan bunga.

Hal yang harus diperhitungkan dalam menggunakan fitur Paylater dari Lazada adalah bunga cicilan per bulan. Dimana bunga cicilan merupakan hal yang sangat penting dan untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai besaran bunga cicilan, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Bunga Lazada Paylater

Bunga Lazada Paylater

Meskipun cara mencairkan limit Lazada Paylater terbilang sangat mudah, namun Anda harus mempertimbangkan besaran suku bunga yang harus dibayar setiap bulannya. Setiap pengguna Lazada Paylater memiliki tanggung jawab membayar angsuran beserta bunga tiap bulannya.

Selain itu pembayaran cicilan juga harus dilakukan tepat waktu sebelum jatuh tempo, karena jika telat bayar maka Anda akan dikenakan denda Lazada Paylater. Ini tentunya sangat merugikan, dimana cicilan per bulan akan bertambah besar karena tambahan akumulasi bunga dan denda.

Bunga Paylater Per Bulan

Berdasarkan kebijakan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), besaran suku bunga Lazada Paylater adalah 2,95% per bulan. Namun perlu dicatat, apabila Anda membeli barang dengan nominal harga di atas 1 juta, maka wajib membayar uang muka 20% dari total harga transaksi.

Jatuh Tempo Pembayaran

Selain bunga, tanggal jatuh tempo juga harus diperhatikan untuk meminimalisir telat bayar. Rincian tagihan Lazada Paylater akan ditampilkan pada tanggal 17 setiap bulannya. Untuk tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan Lazada Paylater bulan berikutnya setiap tanggal 2.

Itu artinya, Anda diberi waktu 2 minggu untuk membayar cicilan. Dalam jarak sekitar 2-3 hari sebelum jatuh tempo, pihak Lazada akan mengingatkan tagihan yang harus dibayar melalui pesan suara otomatis.

Biaya Layanan Lazada Paylater

Bukan hanya bunga, Anda juga akan dikenakan biaya layanan. Adapun biaya layanan Lazada Paylater yaitu 1% dari nominal pinjaman. Misalnya Anda membeli sepatu seharga Rp. 100.000 pakai limit LazPaylater, maka besar biaya layanan yang harus di bayar adalah 1% × Rp. 100.000 = Rp. 1.000.-

Cara Menghitung Bunga Lazada Paylater

Cara Menghitung Bunga Lazada Paylater

Nah, untuk mengetahui berapa jumlah bunga yang harus Anda bayar, maka Anda dapat melakukan perhitungan sendiri. Dimana cara menghitung bunga pinjaman LazPaylater tidaklah sulit, cukup dengan mengalikan bunga per bulan dengan total pinjaman pokok LazPaylater yang Anda ajukan.

Dengan demikian, maka akan diketahui hasil besaran jumlah bunga yang harus dibayar. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak contoh perhitungan yang kami sajikan pada ulasan di bawah ini.

Perhitungan Bunga

Sebelum menghitung besarnya cicilan yang harus dibayar setiap bulan, Anda perlu menghitung besaran bunga terlebih dahulu. Berikut cara hitungnya.

Perhitungan Bunga Pinjaman Di Bawah Rp. 1.000.000

Misalkan, Anda meminjam sebesar Rp. 500.000 dari Lazada Paylater untuk membeli produk. Karena nominal pokok pinjaman di bawah 1 juta, maka tidak akan dikenakan biaya penanganan. Maka perhitungannya adalah :

  • Rumus > Bunga = suku bunga × pokok pinjaman
  • = 2,95% × Rp. 500.000
  • = Rp. 14.750

Perhitungan Bunga Pinjaman Di Atas Rp. 1.000.000

Misalkan, Anda meminjam sebesar Rp. 1.500.000 dari Lazada Paylater untuk membeli produk. Karena nominal pokok pinjaman di atas 1 juta, maka akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1%. Maka perhitungannya adalah :

  • Biaya layanan = 1% × Rp. 1.500.000 = Rp. 15.000
  • Rumus > Bunga = suku bunga × pokok pinjaman
  • = 2,95% × Rp. 1.500.000
  • = Rp. 44.250
  • Jadi, Rp. 44.250 + Rp. 15.000 = Rp. 59.250

Perhitungan Cicilan

Misalkan, Anda meminjam sebesar Rp. 500.000 dari Lazada Paylater. Karena nominal pokok pinjaman di bawah 1 juta, maka tidak akan dikenakan biaya penanganan. Maka perhitungan cicilan tiap bulannya adalah :

Cicilan Tenor 3 Bulan

  • Angsuran = bunga + (pokok pinjaman ÷ 3)
  • = Rp. 14.750 + (Rp. 500.000 ÷ 3)
  • = Rp. 181.416 per bulan

Cicilan Tenor 6 Bulan

  • Angsuran = bunga + (pokok pinjaman ÷ 6)
  • = Rp. 14.750 + (Rp. 500.000 ÷ 6)
  • = Rp. 98.083 per bulan

Cicilan Tenor 9 Bulan

  • Angsuran = bunga + (pokok pinjaman ÷ 9)
  • = Rp. 14.750 + (Rp. 500.000 ÷ 9)
  • = Rp. 70.305 per bulan

Cicilan Tenor 12 Bulan

  • Angsuran = bunga + (pokok pinjaman ÷ 12)
  • = Rp. 14.750 + (Rp. 500.000 ÷ 12)
  • = Rp. 56.416 per bulan

KESIMPULAN

Nah, itulah informasi seputar bunga Lazada Paylater lengkap beserta cara menghitung bunga dan angsuran. Silahkan sesuaikan perhitungan bunga pada artikel di atas dengan pokok pinjaman LazPaylater milik Anda untuk mengetahui besaran bunga yang harus dibayar. Mungkin hanya itu saja informasi dari proseskredit.com, semoga artikel di atas bermanfaat.

Sumber gambar: Admin Proseskredit.com, review.bukalapak.com, kartubank.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.