Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ 7 Ciri-Ciri Penipuan Shopee 2022 : Modus & Cara Mengatasi

Ciri Ciri Penipuan Shopee Modus Cara Mengatasi

Ciri-Ciri Penipuan Shopee – Kami yakin disini banyak dari kalian yang sudah menjadi pelanggan Shopee. Ya, Shopee memang menjadi salah satu eCommerce terbaik di Indonesia, bahkan di beberapa Negara Asia lainnya seperti China, Malaysia dan Vietnam.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa dalam penggunaan aplikasi Shopee sebagai media belanja Online maupun penggunaan fasilitas lain seperti Shopee Pay, SPayLater dan SPinjam, layanan ini tidak luput dari aksi para oknum tidak bertanggung jawab.

Ya, hingga saat ini tercatat ada beberapa kasus penipuan yang dialami oleh para pengguna Shopee. Disamping itu, jenis penipuan Shopee yang kerap ditemukan juga beragam, bisa berkedok minta nomor rekening, undian kuis berhadiah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk modus penipuan nya juga dilakukan melalui beberapa cara dimana hal ini bisa memberikan kerugian untuk para pelanggan Shopee, khususnya yang masih awam. Maka dari itu, berikut telah kami siapkan pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri penipuan di Shopee, modus yang digunakan hingga bagaimana cara mengatasi aksi kejahatan tersebut.

Ciri-Ciri Penipuan Shopee

Ciri Ciri Penipuan Shopee

Sebagai pelanggan Shopee, pasti kalian sudah melakukan aktivasi akun ShopeePay dan membuat PIN keamanan untuk mengakses fasilitas tersebut. Disamping itu, PIN ShopeePay juga digunakan untuk mengakses fasilitas lain seperti Shopee PayLater dan SPinjam.

Dengan begitu, peran PIN ShopeePay disini sangatlah penting dan harus dijaga kerahasiaannya oleh setiap pemilik akun Shopee. Nah, kembali lagi ke persoalan ciri-ciri penipuan di Shopee yang selalu bertujuan mencuri informasi tersebut.

Jika berhasil mendapatkan PIN ShopeePay dari para pengguna Shopee, maka pelaku penipuan nantinya bisa dengan mudah menggunakan fasilitas ShopeePay, SPayLater maupun SPinjam yang dimiliki pengguna. Maka dari itu, untuk kalian yang sudah mengaktifkan Shopee PayLater atau SPinjam di Shopee, kalian harus benar-benar waspada.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, ada salah satu pelanggan yang mengalami kerugian hingga 2 juta saldo ShopeePay karena menjadi korban penipuan di Shopee. Lalu seperti apa sih ciri-ciri penipuan di Shopee? simak jawabannya berikut ini :

1. Penawaran Produk Murah Bahkan Gratis

Ciri-ciri yang pertama adalah munculnya SMS atau Chat WhatsApp berisi penawaran produk murah bahkan gratis dari Shopee. Disini perlu diketahui bahwa pihak Shopee tidak pernah melakukan penawaran langsung ke pelanggan.

Semua promo atau penawaran diskon produk hanya akan di informasikan melalui aplikasi dan media sosial resmi. Jadi, ketika ada penawaran khusus lewat SMS atau Chat WhatsApp yang mengatasnamakan Shopee, bisa dipastikan itu merupakan ciri-ciri penipuan.

Selain di Shopee, modus penipuan seperti ini juga merupakan salah satu ciri-ciri penipuan Akulaku, Kredivo dan beberapa layanan PayLater lainnya.

2. SMS Pemenang Hadiah

Ciri-ciri penipuan Shopee yang selanjutnya adalah SMS berkedok pemenang hadiah. Jadi, disini pelaku akan mengirim SMS yang mengatakan bahwa kalian menjadi salah satu pemenang undian dari Shopee senilai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Pada SMS tersebut biasanya akan tertera link yang mana jika di klik maka kalian akan dialihkan ke suatu halaman untuk mengisikan beberapa data penting seperti nama pengguna, kata sandi akun, PIN ShopeePay, minta nomor rekening dan beberapa informasi pribadi lainnya.

Ketika korban berhasil masuk dan mengirimkan data-data tersebut, selanjutnya pelaku akan meminta si korban untuk mengirimkan kode OTP yang diterima. Jika sudah seperti itu, maka pelaku bisa mengakses akun Shopee milik korban dan menggunakan semua fasilitas di dalamnya, termasuk menguras saldo ShopeePay, menggunakan limit SPayLater hingga menghabiskan limit Shopee Pinjam.

3. Informasi Pencurian Akun

Modus penipuan Shopee yang terakhir dilakukan lewat panggilan telepon ke nomor korban. Disini pelaku bakal menginformasikan bahwa akun Shopee milik korban sedang dalam bahaya karena adanya aktivitas Login dari perangkat tidak dikenal.

Dengan iming-iming menjaga keamanan akun, nantinya pelaku akan meminta data penting milik korban yang tertaut pada akun Shopee. Selanjutnya menggunakan data-data tersebut, pelaku bakal membobol akun Shopee korban dan menyalahgunakan nya untuk kepentingan pribadi.

Satu lagi, perlu digarisbawahi jika pihak Shopee tidak akan melakukan panggilan dalam bentuk apapun ke nomor pribadi pengguna. Jika pun ada indikasi pencurian akun, biasanya aksi tersebut akan langsung dicegah oleh sistem dan diteruskan dengan pemberitahuan ke pihak pengguna via Email resmi Shopee.

Cara Mengatasi Aksi Penipuan di Shopee

Cara Mengatasi Aksi Penipuan di Shopee

Sampai disini kalian sudah mengetahui beberapa ciri-ciri atau modus penipuan di Shopee. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengirimkan semua informasi pribadi yang bisa menjadi akses pelaku masuk ke akun Shopee?

Jika terjadi demikian, maka kami sarankan kalian segera lakukan cara dibawah ini untuk mengatasi kasus penipuan tersebut :

1. Menghubungi Customer Service Shopee

Pertama, segera hubungi Call Center Shopee. Nantinya kalian akan terhubung dengan petugas Customer Service Shopee untuk melaporkan aksi penipuan tersebut. Lalu petugas akan meminta data akun Shopee kalian untuk memproses laporan tersebut.

Jika sudah, petugas bakal melakukan pencegahan aksi pelaku dengan cara memblokir sementara akun Shopee kalian. Setelah dirasa aman, maka petugas akan menginformasikan ke pihak pemilik akun.

2. Mengubah PIN ShopeePay

Kedua, setelah berhasil mencegah aksi penipuan Shopee, selanjutnya kami sarankan untuk segera mengganti PIN ShopeePay yang sebelumnya mungkin sudah diberitahukan ke pelaku lewat WhatsApp, telepon atau SMS. Dengan cara ini, para pelaku akan kembali kehilangan data akses sehingga akun Shopee kalian aman.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Proseskredit.com mengenai ciri-ciri penipuan Shopee lewat WhatsApp, SMS dan telepon. Diatas kami juga menjelaskan modus atau jenis penipuan yang dilakukan, antara lain menawarkan produk gratis, pemenang undian kuis hingga laporan pencurian akun.

Kemudian untuk pelanggan Shopee yang mungkin sudah terlanjur menjadi korban dan mengirimkan beberapa data penting ke pelaku, maka harus segera membuat laporan ke pihak Shopee dengan cara melakukan panggilan ke Call Center Shopee. Dengan begitu, petugas Customer Service nantinya bakal membantu menangani kasus tersebut sebelum akun Shopee korban di salah gunakan.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • Mediakonsumen.com
  • Ginee.com
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.