Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Syarat Limit Bunga

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater – Menjadi salah satu eCommerce ternama di Indonesia, Shopee memiliki banyak fasilitas menarik untuk para pengguna. Salah satu fitur Shopee yang paling banyak diminati adalah Shopee PayLater. Namun sepertinya banyak pengguna yang belum bagaimana cara mengaktifkan Shopee PayLater.

Nah, bagi para pengguna Shopee yang juga sedang mencari tahu bagaimana cara agar bisa menggunakan Shopee PayLater, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir. Ya, pada artikel berikut kami bakal membahas secara lengkap mengenai tata cara mengaktifkan Shopee PayLater.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa tidak semua pelanggan Shopee dapat menikmati fasilitas Shopee PayLater. Jadi ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi pelanggan jika ingin menggunakan fasilitas Shopee PayLater.

Selain itu, apa sih yang menjadikan banyak pelanggan Shopee sangat tertarik untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk beli barang di Shopee dengan sistem bayar nanti (Pay Later). Bagaimana, semakin penasaran dengan fitur tersebut? Jika demikian langsung saja informasi selengkapnya mengenai syarat, cara mengaktifkan dan ketentuan lainnya terkait Shopee PayLater berikut ini.

Apa Itu Shopee PayLater?

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kalian ketahui apa itu Shopee PayLater. Jadi, fitur ini merupakan layanan khusus dari Shopee untuk para pelanggan terpercaya. Seperti kami singgung diatas bahwa fitur ini menawarkan transaksi di Shopee dengan sistem pembayaran tempo atau cicilan.

Shopee PayLater sendiri menyediakan pilihan tenor cicilan mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan, tergantung harga barang. Secara garis besar, Shopee Paylater mungkin tidak beda jauh dengan KREDIVO dan AKULAKU yang merupakan layanan Kredit Online.

Sistem transaksi dari Shopee PayLater juga melalui limit yang diberikan oleh Shopee, artinya selama limit Shopee PayLater masih tersedia, maka kalian bisa melakukan pembelian barang di Shopee. Hanya saja ada beberapa barang di Shopee yang tidak bisa dibeli menggunakan limit Shopee PayLater, antara lain produk Digital seperti pulsa, paket data, token listrik dan sejenisnya.

Syarat Mengaktifkan Shopee PayLater

Syarat Mengaktifkan Shopee PayLater

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu Shopee PayLater, sekarang kalian juga perlu tahu siapa saja pengguna Shopee yang bisa mengaktifkan Shopee PayLater. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasinya dibawah ini :

1. Mempunyai KTP

Syarat pertama adalah wajib mempunyai KTP dan berwarganegara Indonesia.

2. Merupakan Pelanggan Shopee

Syarat kedua, untuk mengaktifkan Shopee PayLaterkalian wajib menjadi pelanggan Shopee terlebih dahulu. Cara supaya memperoleh predikat sebagai pelanggan adalah melakukan transaksi sesering mungkin di Shopee.

3. Memperoleh Penawaran SPayLater dari Shopee

Syarat ketiga, fitur Shopee PayLater hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang memperoleh penawaran khusus dari Shopee untuk menggunakan Shopee PayLater.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Apabila sudah memenuhi semua syarat diatas, sekarang saatnya mengetahui tata cara mengaktifkan Shopee PayLater. Sebelum itu, pastikan smartphone sudah terhubung dengan koneksi internet agar proses mengaktifkan SPayLater bisa berjalan lancar. Jika sudah, silahkan ikuti tata cara sebagai berikut :

1. Jalankan Aplikasi Shopee

Jalankan Aplikasi Shopee

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee lalu tap menu Saya di pojok kanan bawah.

2. Pilih SPayLater

Pilih SPayLater

Setelah itu klik menu SPayLater untuk mengaktifkan fitur tersebut.

3. Aktifkan Sekarang

Aktifkan Sekarang

Pada halaman berikutnya langsung saja klik Aktifkan Sekarang.

4. Masukkan Kode OTP

Masukkan Kode OTP

Tunggu beberapa saat maka akan muncul SMS berisi kode OTP. Selanjutnya masukkan kode OTP sesuai instruksi. Ingat, kode OTP hanya berlaku selama 30 detik.

5. Unggah Foto KTP

Unggah Foto KTP

Sekarang kalian akan diminta mengunggah foto KTP. Silahkan arahkan kamera pada KTP sesuai perintah.

6. Masukkan Nama & NIK

Masukkan Nama NIK

Jika sudah, masukkan Nama Lengkap dan NIK pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik Konfirmasi.

7. Lengkapi Data Informasi Tambahan

Lengkapi Data Informasi Tambahan

Pada halaman berikutnya kalian diminta melengkapi informasi tambahan berupa kontak darurat 1 dan 2, nama Ibu kandung, informasi pekerjaan dan lain sebagainya.

8. Verifikasi Wajah

Verifikasi Wajah

Jika sudah, selanjutnya kalian akan dipandu untuk melakukan proses verifikasi wajah.

9. Shopee PayLater Berhasil Diaktifkan

Shopee Paylater Berhasil Diaktifkan

Setelah melewati semua langkah-langkah diatas, kalian bakal menjumpai notifikasi seperti gambar diatas. Sampai disini artinya kalian sudah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater.

Limit Saldo Shopee PayLater

Limit Saldo Shopee PayLater

Kemudian mengenai besaran limit Shopee PayLater, setiap pelanggan mungkin memperoleh limit yang berbeda-beda. Hal tersebut secara mutlak merupakan kewenangan pihak Shopee. Selain itu, pihak Shopee juga bakal memberi tambahan limit apabila kalian sering melakukan transaksi menggunakan Shopee PayLater.

Hanya saja batas waktu dan besaran limit tambahan Shopee PayLater tidak bisa ditentukan. Artinya ada pengguna yang memperoleh limit tambahan setelah 1 bulan pemakaian, ada juga yang sudah berbulan-bulan baru menerima tambahan limit. Begitu juga untuk nominalnya, pengguna SPayLater bisa memperoleh limit tambahan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Besaran Suku Bunga Shopee PayLater

Besaran Suku Bunga Shopee PayLater

Selain ketentuan limit, perlu diketahui juga bahwa penggunaan SPayLater untuk transaksi di Shopee juga berlaku suku bunga. Jika demikian, berapakah besaran suku bunga di Shopee PayLater ? Jadi, terhitung sejak tanggal 28 April 2020 kemarin, pihak Shopee menerapkan kebijakan terkait suku bunga SPayLater sebesar 2.95% dan biaya penanganan sebesar 1% dari harga barang.

Akan tetapi bunga tersebut hanya berlaku untuk transaksi cicilan pakai SPayLater. Sedangkan untuk transaksi SPayLater dengan tenor 30 hari (bayar nanti) hanya dikenai biaya penanganan. Disamping itu, ketentuan tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Shopee.

Ketentuan Pengguna Shopee PayLater

Ketentuan Pengguna Shopee PayLater

Point informasi yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah mengenai ketentuan sebagai pengguna Shopee PayLater. Nah, berikut ini adalah beberapa ketentuan yang wajib diketahui oleh setiap pengguna SPayLater :

  • Limit SPayLater hanya bisa digunakan untuk pesanan diatas nominal Rp. 50.000
  • Limit SPayLater tidak bisa digunakan untuk pembelian produk Digital (pulsa HP, pulsa listrik, pulsa internet, voucher dan sejenisnya)
  • Limit SPayLater tidak mendukung transaksi pembayaran tagihan Listrik, Internet rumah, PDAM dan lain sebagainya.
  • Tanggal jatuh tempo tagihan hanya bisa di pilih pada saat mengaktifkan Shopee PayLater dan tidak bisa diubah ketika layanan sudah aktif.
  • Shopee berhak memberikan denda apabila pengguna SPayLater terlambat membayarkan tagihan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Proseskredit.com mengenai tata cara mengaktifkan Shopee PayLater. Intinya, setelah menyimak ulasan diatas bisa disimpulkan bahwa Shopee PayLater adalah fitur khusus dari Shopee untuk para pelanggan terpilih.

Dengan adanya Shopee PayLater pengguna dapat membeli barang impian tanpa harus menunggu hingga dana terkumpul. Meskipun demikian, tetap kami sarankan agar selalu bijak dalam memakai Shopee PayLater supaya tagihan bulanan tidak membengkak. Sebab, jika terjadi demikian tentu bakal menambah pengeluaran bulanan dan bisa terjadi keterlambatan bayar tagihan SPayLater sehingga terkena denda sesuai sanksi yang berlaku.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *