Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

3 Cara Hapus Kontak Darurat Shopee, Apakah Bisa?

Cara Hapus Kontak Darurat Shopee Apakah Bisa

Cara Hapus Kontak Darurat Shopee – Sebagai pengguna SPayLater maupun SPinjam di Shopee, pasti kalian sudah mencantumkan nomor HP salah satu anggota keluarga dan kerabat sebagai Kontak Darurat. Data tersebut nantinya digunakan oleh Shopee jika suatu saat nomor HP kalian tidak bisa dihubungi.

Keperluan Shopee menghubungi nomor HP pengguna tentu saja berkaitan dengan ketentuan tagihan. Biasanya, kalian akan dihubungi oleh Shopee via panggilan ketika memiliki tagihan SPayLater atau SPinjam yang belum dibayarkan padahal sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Apabila panggilan tersebut diabaikan, maka Shopee akan menghubungi Kontak Darurat yang tertaut pada akun kalian. Maka dari itu, belakangan ini banyak pengguna Shopee ingin menghapus Kontak Darurat, supaya masalahnya dengan pihak Shopee tidak menjadi beban orang lain yang nomor HP nya tercantum sebagai Kontak Darurat.

Pertanyaannya, apakah bisa menghapus Kontak Darurat Shopee? Jika pun bisa, apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kalian temukan di bawah ini.

Cara Hapus Kontak Darurat Shopee

Cara Hapus Kontak Darurat Shopee

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Kontak Darurat merupakan alternatif Shopee dalam menghubungi pemilik akun. Data tersebut dimasukkan ketika pemilik akun mengaktifkan Shopee PayLater atau mengajukan limit Shopee Pinjam.

Data berupa nomor HP kerabat dan saudara tentu saja sangat penting, dan dari pihak Shopee pun bakal menjaga kerahasiaan data tersebut. Namun jika pemilik akun yang mencantumkan data tersebut justru melanggar kebijakan Shopee, maka pihak Shopee tidak segan untuk memberikan sanksi bahkan menghubungi nomor HP Darurat yang tercantum.

Kendati demikian, tidak sedikit pengguna Shopee yang bertanya pada Tim Proseskredit.com mengenai cara menghapus Kontak Darurat. Cara ini dibutuhkan agar jika terjadi kasus atau masalah dengan Shopee, mereka tidak bisa menghubungi orang lain, sehingga nama baik pemilik akun tetap terjaga di mata keluarga maupun kerabat.

Proses serupa juga kerap dilakukan para pengguna Akulaku dimana mereka memilih untuk hapus Kontak Darurat Akulaku dengan alasan yang sama. Tapi untuk para pengguna Shopee, belum ada keterangan pasti mengenai ketersediaan cara untuk hapus Kontak Darurat.

Jadi, berdasarkan informasi yang kami peroleh, para pengguna Shopee yang sudah memasukkan Kontak Darurat ketika mendaftar SPayLater dan SPinjam tidak bisa menghapus Kontak Darurat tersebut. Sementara itu, untuk mengetahui Kontak Darurat yang sudah tercantum, pengguna Shopee bisa menghubungi Call Center atau mengirimkan Email ke Shopee.

Meski begitu, kami punya cara lain yang bisa dilakukan untuk hapus Kontak Darurat di Shopee. Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa untuk hapus Kontak Darurat Shopee dengan cara ini kami harap tujuan kalian bukan untuk mangkir dari tagihan SPayLater / SPinjam.

Tapi karena mutlak ingin menghapus Kontak Darurat dan tidak ingin merepoti pemilik nomor HP terkait urusan kalian dengan pihak Shopee. Jika sudah, sekarang simak beberapa cara alternatif berikut ini untuk hapus Kontak Darurat di Shopee :

1. Uninstall Aplikasi Shopee

Cara pertama adalah menghapus atau Uninstall aplikasi Shopee di smartphone. Cara ini bisa dilakukan ketika kalian sudah benar-benar tidak ingin berurusan lagi dengan Shopee. Alhasil, baik nomor HP kalian maupun Kontak Darurat yang tercantum tidak akan dihubungi oleh pihak Shopee.

Tapi sebelum melakukannya, pastikan kalian sudah tidak memiliki tagihan yang belum dilunasi. Apabila masih ada tagihan tertunggak, maka Shopee masih akan terus meneror nomor kalian maupun nomor HP Darurat yang tercantum, bahkan Shopee bisa mendatangkan Debt Collector untuk menyelesaikan urusan tersebut.

2. Block Akses Shopee

Jika setelah menghapus aplikasi Shopee tapi ternyata kalian membutuhkan kembali aplikasi tersebut, maka pada saat Login jangan izinkan Shopee mengakses informasi Media, Kontak, File dan lain sebagainya. Dengan begitu, pihak Shopee tidak bisa tahu nomor HP yang tersimpan di daftar kontak kalian, alhasil kalian tidak punya beban jika suatu saat pihak Shopee punya urusan dengan kalian tapi nomor HP kalian tidak bisa dihubungi.

3. Ganti Nomor HP

Sedangkan cara terakhir untuk hapus nomor HP Darurat Shopee adalah mengganti nomor HP kalian yang terdaftar di Shopee. Namun cara ini efektif dilakukan setelah kurang lebih 3 bulan tidak ada pihak Shopee yang melakukan panggilan ke nomor HP kalian maupun nomor HP Darurat.

Atau kalian juga bisa registrasi nomor baru, kemudian menghubungi Call Center Shopee untuk pengajuan ganti Kontak Darurat. Nantinya nomor HP Darurat yang sudah terdaftar bisa diganti dengan nomor HP baru yang telah disiapkan.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah jawaban dari tim Proseskredit.com mengenai apakah bisa hapus Kontak Darurat Shopee. Intinya, nomor HP Darurat yang sudah dicantumkan tidak bisa dihapus dengan alasan apapun. Tapi sebagai alternatif, kalian bisa melakukan beberapa cara yang kami sajikan diatas. Ingat, sebelum melakukan cara diatas pastikan kalian sudah melunasi semua tagihan SPinjam maupun Shopee PayLater yang dimiliki.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • Channel Youtube STORY NGAPRAK
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *