Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Refund Kredivo Tokopedia Tidak Masuk ? Begini Cara Mengatasinya!

Refund Kredivo Tokopedia Tidak Masuk Begini Cara Mengatasinya

Refund Kredivo Tokopedia Tidak Masuk – Seperti kita tahu bahwa Tokopedia merupakan salah satu Merchant Kredivo yang paling sering digunakan. Menariknya lagi, di aplikasi Tokopedia para pengguna Kredivo juga bisa memanfaatkan Kredivo Point untuk memperoleh potongan harga hingga 50%.

Bicara mengenai penggunaan Kredivo di Tokopedia, mungkin beberapa dari kalian ada yang pernah membatalkan transaksi Kredivo Tokopedia karena satu dan lain hal. Jika terjadi pembatalan transaksi, maka limit Kredivo yang terpakai nantinya bakal dikembalikan Kredivo.

Namun terdapat kasus yang dialami beberapa pengguna Kredivo setelah melakukan pembatalan transaksi Kredivo di Tokopedia, Refund limit tidak kunjung masuk ke akun Kredivo. Dengan begitu, apakah berarti pengguna masih tetap harus membayar tagihan meskipun transaksi sudah dibatalkan?

Tentu saja tidak. Masalah seperti ini memang cukup sering terjadi dalam pembatalan pesanan Tokopedia menggunakan pembayaran Kredivo. Baiklah supaya lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan masalah Refund Kredivo Tokopedia tidak masuk berikut ini.

Refund Kredivo Tokopedia Tidak Masuk

Refund Kredivo Tokopedia Tidak Masuk

Adanya fitur transaksi belanja di Tokopedia pakai limit Kredivo memang memberi banyak manfaat bagi para pengguna Kredivo. Sebab, pengguna bisa membeli barang impian dengan sistem PayLater (bayar bulan depan) maupun di cicil dengan tenor hingga 12 bulan.

Namun terkadang ketika sudah melakukan transaksi, pengguna perlu mengubah informasi alamat, data pesanan dan lain sebagainya yang mengharuskan dilakukan pembatalan transaksi. Nah, di aplikasi Tokopedia memang tersedia fitur untuk membatalkan pesanan Kredivo.

Hanya saja pembatalan pesanan Kredivo Tokopedia dapat dilakukan apabila barang pesanan belum sampai dikirim oleh penjual. Apabila pembatalan pesanan berhasil, nantinya limit Kredivo akan segera di Refund. Proses Refund Kredivo Tokopedia biasanya dilakukan secara Real Time, kurang dari 10 menit.

Meski begitu, kenapa ada pengguna yang mengaku Refund Kredivo Tokopedia tidak masuk? Jadi, setelah melakukan pembatalan pesanan, limit kredit yang terpakai tidak kunjung kembali ke Kredivo. Penasaran apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah tersebut? Simak terus artikel ini sampai akhir.

Baiklah, jadi untuk membatalkan pesanan di Tokopedia yang di bayar pakai limit Kredivo dapat dilakukan ketika pesanan belum maupun sudah di konfirmasi. Namun, perlu diketahui juga bahwa ketika transaksi tersebut melibatkan Kredivo Point untuk mendapatkan potongan harga, saat pesanan dibatalkan maka Kredivo Point yang terpakai akan hangus (tidak dikembalikan).

Sedangkan untuk limit Kredivo nya sendiri bisa juga tidak kembali atau lebih tepatnya ditangguhkan sementara karena adanya aktivitas mencurigakan dari akun tersebut. Misal, dalam beberapa transaksi kalian terlalu sering melakukan pembatalan, sehingga dari sistem mengira adanya aktivitas transaksi dari orang lain (bukan pemilik akun) yang berusaha menyalahgunakan akun tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa alasan atau penyebab Refund Kredivo Tokopedia tidak masuk. Berikut telah kami siapkan informasi penyebab lengkap dengan cara mengatasi pengembalian limit Kredivo dari Tokopedia tidak masuk :

Berapa Proses Refund Kredivo Tokopedia

1. Pesanan Dibatalkan Sebagian

Pertama, ketika Refund Kredivo Tokopedia tidak masuk mungkin disebabkan oleh Pembatalan Pesanan Sebagian. Perlu diketahui bahwa transaksi ini nantinya bakal menangguhkan limit Kredivo yang sudah terpakai.

Jadi, limit Kredivo bakal mengalami Repayment alias digunakan untuk membayar tagihan Kredivo dengan tanggal jatuh tempo paling dekat dari waktu pembatalan. Apabila nominal limit Kredivo kurang dari nominal tagihan yang harus dibayarkan, maka kalian perlu melunasi kurangan nya agar limit kredit bisa dikembalikan.

2. Pembatalan Dilakukan di Luar Jam Operasional Refund

Selanjutnya, masalah diatas juga bisa terjadi ketika kalian melakukan pembatalan pesanan di luar jam operasional Tokopedia. Jadi, dari pihak Tokopedia bakal melakukan Refund limit Kredivo jika pembatalan dilakukan pada hari Senin sampai Jumat (kecuali hari Libur). Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, pihak Tokopedia tidak melayani Refund Kredivo.

Dengan begitu, jika transaksi pembatalan dilakukan pada hari Sabtu, Minggu atau hari Libur maka limit Kredivo yang sudah digunakan baru akan di Refund ke esokan hari nya atau pada hari Senin berikutnya (jika pembatalan dilakukan pada Weekend). Tidak ada solusi untuk penyebab yang satu ini kecuali menunggu sampai Tokopedia mengembalikan batas kredit Kredivo kalian sesuai jam operasional.

4. Terjadi Kesalahan Sistem

Terakhir, Refund Kredivo Tokopedia bisa saja tidak masuk karena adanya Bug dari sistem Kredivo maupun Tokopedia. Hal ini sama sekali tidak bisa di prediksi oleh pengguna, sebab adanya Bug sistem biasanya dilakukan oleh pihak aplikasi ketika mendapati suatu masalah sehingga perlu dilakukan Maintenance.

Namun jika Refund tidak masuk karena faktor ini, biasanya kalian hanya perlu menunggu agar limit Kredivo di kembalikan. Proses Refund menyesuaikan kapan Bug atau Maintenance itu berakhir. Nantinya dari pihak Tokopedia juga akan menginformasikan bahwa limit Kredivo yang terpakai telah di Refund ke akun pengguna.

KESIMPULAN

Jadi itu dia penjelasan dari Proseskredit.com mengenai Refund Kredivo dari Tokopedia yang tidak kunjung masuk. Jika mengacu pada ketentuan Kredivo dan Tokopedia, proses Refund limit kredit yang terpakai pada transaksi belanja di Tokopedia yang dibatalkan tidak sampai 10 menit.

Namun pada kenyataannya, karena beberapa faktor diatas mengakibatkan proses Refund menjadi tertunda bahkan sama sekali tidak masuk (Repayment). Setelah menyimak pembahasan diatas, kami harap kalian tidak perlu panik lagi ketika pengembalian limit Kredivo tidak kunjung masuk setelah membatalkan pesanan Kredivo di Tokopedia.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • Tokopedia.com
  • Facebook Kredivo
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *