Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo Setelah Dibayar

Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo Setelah Dibayar
Advertisements

Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo – Diklaim sebagai salah satu layanan PayLater sekaligus Pinjaman Online terbaik, tentu membuat Kredivo ingin terus memberikan pelayanan maksimal untuk para pengguna setia nya. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya fasilitas baru bernama Flexi Card atau Kartu Kredivo.

Kartu Kredivo sendiri merupakan fasilitas berupa Kartu Kredit yang bisa digunakan di berbagai Merchant Offline Kredivo. Penggunaan Kartu Kredivo pun tidak beda jauh seperti Kartu Kredit dari Bank pada umumnya.

Bicara mengenai Kartu Kredivo, mungkin beberapa dari kalian para pengguna Kredivo ada yang sudah berhasil mendapatkan fasilitas tersebut. Jika demikian, pernahkah kalian menggunakan Kartu Kredivo untuk bertransaksi, baik itu beli barang, bayar makanan dan minuman atau lainnya?

Advertisements

Terkadang karena satu dan lain hal, pengguna ingin membatalkan transaksi Kartu Kredivo setelah dibayar. Pertanyaannya, apakah bisa transaksi menggunakan Kartu Kredivo dibatalkan setelah dibayar? Jika bisa, bagaimana cara melakukan nya? Langsung saja cari tahu jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Alasan Membatalkan Pesanan Flexi Card

Seperti kami singgung diatas bahwa fasilitas Flexi Card dari Kredivo ini berguna untuk melakukan transaksi pembayaran di Merchant Offline. Sebelumnya mungkin kalian hanya tahu pembayaran Offline Kredivo dilakukan melalui Scan Kode QR. Nah, khusus untuk pemilik Kartu Kredivo, transaksi di Merchant Offline bisa dilakukan melalui Mesin EDC (Electronic Data Capture).

Untuk para pengguna Kredivo yang sudah berhasil mendapatkan Kartu Kredivo, kalian bisa memanfaatkan fasilitas tersebut di beberapa Merchant Offline seperti Starbucks, Alfamart, Erafone, MI Store dan lain sebagainya.

Sementara itu, untuk kalian yang sudah pernah atau bahkan sering melakukan transaksi pakai Kartu Kredivo, pernahkah kalian berubah pikiran dan ingin membatalkan transaksi? Padahal pesanan atau transaksi tersebut sudah dibayar sudah diproses oleh sistem.

Pembatalan transaksi pakai Flexi Card biasanya dilakukan karena beberapa hal sebagai berikut :

  • Ingin merubah pesanan
  • Tidak jadi membeli produk (khusus pembatalan transaksi pembelian barang)
  • Terjadi kesalahan input nominal transaksi sejenisnya dari pihak Merchant
  • Limit Kredivo ingin dipakai untuk keperluan lain
  • Tagihan Kredivo melebihi limit penghasilan bulanan

Syarat Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo

Terlepas dari apapun alasan ingin membatalkan pesanan pakai Kartu Kredivo, yang terpenting adalah bisa atau tidak transaksi tersebut dibatalkan setelah dibayar. Jadi, dalam hal ini Kredivo maupun Merchant Offline punya ketentuan tersendiri.

Syarat utama agar bisa membatalkan transaksi Flexi Card adalah pengguna belum menyelesaikan transaksi hingga muncul status berhasil di aplikasi Kredivo. Artinya, transaksi hanya bisa dibatalkan apabila sistem belum memproses transaksi tersebut dan mencetak tagihan Kredivo.

Lalu bagaimana jika transaksi menggunakan Kartu Kredivo sudah diproses tapi limit Kredivo belum terpotong alias belum dibayar? Apakah tetap tidak bisa membatalkan transaksi tersebut? Jawabannya adalah BISA.

Jika demikian, bagaimana cara membatalkan nya? Apakah bisa dilakukan langsung dari aplikasi Kredivo? Atau perlu konfirmasi ke petugas Kasir yang mengoperasikan Mesin EDC di Merchant? Jawabannya telah kami siapkan dibawah ini.

Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo

Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredivo
Advertisements

Sampai disini kalian sudah tahu mengenai alasan hingga syarat membatalkan transaksi Kartu Kredivo. Selanjutnya, menjawab pertanyaan diatas mengenai cara membatalkan transaksi Kartu Kredivo bakal kami jelaskan disini.

Jadi, tata cara membatalkan transaksi Flexi Card sendiri berbeda dengan proses pembatalan pesanan Kredivo di Merchant Online. Untuk melakukan pembatalan transaksi pembelian maupun pembayaran menggunakan Kartu Kredivo kalian harus berurusan langsung dengan petugas Kasir di Merchant Offline tempat dilakukannya transaksi.

Apabila kalian sudah memenuhi semua syarat diatas, yaitu transaksi belum dibayar dan tercatat sebagai tagihan Kredivo, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Sampaikan pada petugas Kasir bahwa transaksi menggunakan Flexi Card kalian ingin dibatalkan
  2. Apabila dari pihak Merchant menyetujui permintaan tersebut, maka petugas tidak akan melanjutkan transaksi
  3. Selanjutnya, sampaikan alasan kalian ingin membatalkan transaksi tersebut
  4. Jika sudah, petugas akan mengembalikan Kartu Kredivo dan transaksi tidak jadi diproses sehingga di aplikasi Kredivo juga tidak akan muncul tagihan apapun

Sebagai catatan, pembatalan transaksi Flexi Card merupakan kebijakan penuh dari Kredivo dan pihak Merchant. Intinya, sistem Kredivo bisa membatalkan transaksi apabila pesanan belum dibayar. Sedangkan dari pihak Merchant juga menerapkan ketentuan serupa (kecuali untuk transaksi pembayaran makanan, minuman atau lainnya yang sudah dinikmati).

Sementara itu, khusus untuk Merchant Kredivo yang salah menginput nominal transaksi atau kesalahan lain yang membuat transaksi tidak sesuai dengan tagihan, maka kalian berhak meminta pembatalan agar si petugas Merchant melakukan transaksi ulang.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Proseskredit.com mengenai cara membatalkan transaksi atau pesanan yang dilakukan pakai Kartu Kredivo (Flexi Card). Jadi, cara diatas bisa dilakukan apabila semua syarat sudah terpenuhi.

Intinya, pembatalan tidak bisa dilakukan apabila transaksi Kartu Kredivo sudah dibayar dan sudah tercatat oleh sistem sebagai tagihan Kredivo baru. Sedangkan khusus untuk kesalahan data transaksi yang disebabkan oleh kelalaian petugas Merchant, kalian berhak meminta pembatalan dan transaksi ulang.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.