Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Pengajuan Indodana Paylater Ditolak : 12 Penyebab & Cara Mengatasi

Pengajuan Indodana Paylater Ditolak Penyebab Cara Mengatasi

Pengajuan Indodana Paylater Ditolak – Memiliki limit kredit di suatu layanan Paylater memang memberikan keuntungan tersendiri. Sebab dengan adanya fasilitas tersebut, masyarakat bisa melakukan pembelian barang di eCommerce maupun Merchant lain yang sudah menjalin kerjasama dengan layanan tersebut.

Bicara mengenai Paylater atau fasilitas aplikasi cicilan tanpa kartu kredit, saat ini telah hadir banyak layanan serupa dimana salah satunya adalah Indodana Paylater. Bagi kalian yang ingin menikmati fasilitas tersebut wajib melakukan pengajuan limit terlebih dahulu.

Apabila pengajuan disetujui, selanjutnya kalian akan menerima limit kredit yang bisa dipakai untuk belanja di Elevenia, Tokopedia, Bukalapak dan beberapa eCommerce lainnya. Bukan hanya itu, limit kredit Indodana Paylater juga bisa dipakai untuk transaksi di beberapa Merchant Online seperti UniPin, Itemku, Mister Aladin dan lain sebagainya.

Terlepas dari fungsi atau kegunaan limit kredit Indodana Paylater, perlu diketahui bahwa ada beberapa calon pengguna yang mengaku bahwa pengajuan Indodana Paylater mereka ditolak. Apakah kalian juga pernah mengalami hal serupa? Jika demikian, silahkan simak ulasan dibawah ini untuk mencari tahu penyebab hingga cara mengatasi pengajuan Indodana Paylater ditolak.

Pengajuan Indodana Paylater Ditolak

Pengajuan Indodana Paylater Ditolak

Seperti kami singgung diatas bahwa agar bisa menggunakan limit Indodana Paylater untuk belanja di Tokopedia, Top Up Game di UniPin maupun transaksi lainnya, terlebih dahulu kalian harus membuat pengajuan. Dalam pengajuan tersebut, nantinya kalian akan diminta melengkapi formulir pengajuan dengan data-data seperti informasi pribadi, informasi pekerjaan dan informasi penghasilan.

Setelah mengirimkan formulir pengajuan limit Indodana Paylater, kalian masih harus menunggu proses verifikasi. Jika pengajuan diterima, maka akan muncul notifikasi bahwa fasilitas Indodana Paylater siap digunakan. Sebaliknya, ketika pengajuan ditolak, maka artinya kalian belum bisa menikmati fasilitas Indodana Paylater.

Penyebab Limit Indodana Paylater Tidak Disetujui

Penyebab Limit Indodana Paylater Tidak Disetujui

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah pernah membuat pengajuan Indodana Paylater, akan tetapi tidak lolos verifikasi alias ditolak. Jika demikian, artinya ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa pengajuan tersebut ditolak. Berikut ini telah kami siapkan informasi lengkap seputar penyebab pengajuan Indodana Paylater ditolak, antara lain :

1. Informasi Data Diri Kurang Lengkap

Penyebab pertama adalah informasi data diri yang dimasukkan saat mengisi formulir pengajuan kurang lengkap atau tidak valid. Jika demikian, maka dari pihak Indodana bakal meragukan keaslian data kalian sehingga limit Indodana Paylater tidak bisa dicairkan.

2. Dokumen Pelengkap Tidak Memenuhi Standar

Penyebab kedua, dokumen pelengkap yang diunggah seperti foto eKTP dan foto selfie sambil memegang eKTP hasilnya Blur alias tidak jelas. Sama seperti ketika informasi data diri tidak valid, faktor ini juga mengakibatkan kalian tidak mendapatkan kepercayaan dari pihak Indodana untuk memberikan limit Paylater.

3. Penghasilan Per Bulan Tidak Memenuhi Persyaratan

Penyebab ketiga adalah jumlah penghasilan per bulan yang kalian cantumkan tidak memenuhi persyaratan atau kurang dari Rp. 3.500.000. Penting diketahui bahwa dari pihak Indodana telah menerapkan syarat minimum penghasilan yang harus dimiliki oleh calon pengguna. Apabila tidak memenuhi syarat tersebut maka otomatis pengajuan Indodana Paylater akan ditolak.

4. Belum Memenuhi Batas Usia Minimum

Penyebab keempat, pihak Indodana juga hanya mau memberikan limit kredit bagi calon pengguna yang sudah memenuhi batas usia minimum, yaitu 20 tahun. Dengan demikian, jika kalian masih berusia kurang dari 20 tahun maka secara otomatis pengajuan Indodana Paylater tidak setujui.

5. Lokasi Tidak Menjangkau Layanan Indodana Paylater

Penyebab kelima mungkin berasal dari lokasi kalian yang belum termasuk ke dalam area coverage Indodana Paylater. Saat ini, layanan Indodana Paylater hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang berlokasi di beberapa Daerah sebagai berikut :

  • Sulawesi : Makassar, Menado.
  • Kalimantan : Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda.
  • Sumatera : Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang, dan Pekanbaru.
  • Bali : Denpasar, Badung.
  • Jawa Timur : Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jember, dan Pasuruan.
  • Jawa Tengah : Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.
  • Jawa Barat : Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, dan Sukabumi.
  • Banten : Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Serang, Cilegon.
  • Jabodetabek : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

6. Riwayat Kredit Buruk / Sering Menunggak Cicilan

Penyebab terakhir adalah riwayat kredit yang dimiliki, baik itu cicilan di Bank, cicilan kendaraan, cicilan rumah dan lain sebagainya terbilang buruk (sering menunggak). Ingat, pada proses pengajuan kalian akan diminta mengisi formulir pernyataan mengenai status pinjaman yang dimiliki.

Jika punya, nantinya sistem akan melakukan pengecekkan di BI Checking untuk mengetahui kredit skor dari riwayat kredit kalian yang tercatat di SID (Sistem Informasi Debitur). Apabila ternyata riwayat kredit buruk, maka bisa dipastikan pengajuan Indodana Paylater akan ditolak.

Cara Mengatasi Pengajuan Limit Indodana Paylater Ditolak

Cara Mengatasi Pengajuan Limit Indodana Paylater Ditolak

Setelah menyimak beberapa penyebab pengajuan Indodana Paylater tidak lolos verifikasi, selanjutnya kita tinggal mencari tahu bagaimana cara supaya pengajuan bisa lolos verifikasi. Saat mengajukan limit Indodana Paylater dan hasilnya ditolak, artinya mau tidak mau kalian harus melakukan pengajuan ulang. Namun dalam proses tersebut, kalian bisa memperhatikan beberapa point penting berikut ini agar pengajuan tidak lagi mengalami penolakan :

1. Lengkapi Informasi Data Diri Dengan Benar

Pertama, pada saat memasukkan informasi data diri seperti nama lengkap, NIK, nama Ibu Kandung, nomor HP, Email, Alamat dan lain sebagainya pastikan kalian memasukkan data yang benar (sesuai yang tercantum di eKTP). Apabila semua informasi data diri valid, maka besar kemungkinan pengajuan akan disetujui.

2. Upload Dokumen Pelengkap Sesuai Instruksi

Kedua, pada proses upload foto eKTP dan foto selfie sambil memegang eKTP kami sarankan kalian untuk melakukannya dengan kamera yang berkualitas. Selain itu perhatikan juga pencahayaan di lokasi tempat pengambilan foto. Namun yang paling penting adalah ikuti instruksi yang tertera di layar dan pastikan kondisi eKTP masih bagus (semua data masih terbaca).

3. Cantumkan Nominal Penghasilan Sesuai Persyaratan

Ketiga, pada saat melengkapi dokumen pekerjaan, khususnya pada kolom Data Keuangan pastikan kalian menuliskan angka diatas Rp. 3.500.000. Terlepas dari penghasilan sebenarnya, yang jelas jika data penghasilan per bulan telah memenuhi syarat, maka kalian bisa lolos verifikasi pengajuan dan mendapatkan limit kredit Indodana Paylater.

4. Perbaiki Riwayat Kredit

Keempat, apabila pengajuan Indodana Paylater ditolak karena riwayat kredit buruk, maka sebagai solusinya kalian harus memperbaiki rapor tersebut dengan cara selalu melunasi cicilan tepat waktu. Setelah itu, coba lakukan pengajuan ulang untuk mendapatkan limit Indodana Paylater.

5. Hubungi Call Center Indodana

Kelima, jika pengajuan ditolak karena lokasi tidak menjangkau area layanan Indodana Paylater, maka kami sarankan untuk menghubungi Call Center Indodana. Nantinya kalian bakal menerima informasi lebih lanjut terkait solusi dari kendala tersebut. Sebab, perlu diketahui bahwa lokasi area layanan merupakan kebijakan mutlak dari pihak penyedia jasa, Indodana.

6. Tunggu Hingga Usia Mencapai Batas Minimum Pengajuan

Terakhir, ketika pengajuan ditolak karena usia kurang dari 20 tahun, maka satu-satunya solusi adalah menunggu hingga usia mencapai batas minimum pengajuan. Jika sudah, lakukan pengajuan ulang dengan cara melengkapi formulir menggunakan data-data yang valid. Pastikan juga kalian memenuhi semua syarat dan ketentuan berlaku, khususnya penghasilan per bulan dan lokasi tempat tinggal sudah menjangkau layanan Indodana Paylater supaya pengajuan tidak ditolak.

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Proseskredit.com mengenai penyebab dan cara mengatasi pengajuan Indodana Paylater ditolak. Jadi, ketika pengajuan limit Indodana Paylater ditolak biasanya terjadi karena informasi kurang lengkap, penghasilan bulanan kurang dari batas minimum hingga area belum menjangkau layanan Indodana Paylater. Dengan adanya informasi diatas, kami harap para calon pengguna Indodana Paylater bisa mendapatkan limit kredit tanpa harus ditolak terlebih dahulu.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

7 Cara Bayar Tagihan Indodana Paylater di Alfamart Bebas…

Cara Bayar Tagihan Indodana Paylater di Alfamart – Sebagai pemilik limit kredit Indodana Paylater, pastinya banyak dari kalian yang sudah pernah melakukan transaksi pembelian...
Dasirun
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *