Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

10 Tugas Administrasi Finance, Wajib Tahu!!

Tugas Administrasi Finance Wajib Tahu

Tugas Administrasi Finance – Dalam bisnis Accounting, pastinya seorang Administrasi memiliki peran yang sangat penting. Kualitas dari kinerja Administrasi Finance atau Admin Keuangan menjadi salah satu penentu kesuksesan suatu Perusahaan.

Jika demikian, apakah tugas seorang Administrasi Finance begitu berat? Bagi yang belum tahu apa saja tugas seorang Admin Keuangan di suatu Perusahaan, silahkan simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.

Sebagian besar, posisi Administrasi Finance di isi oleh Wanita, sebab Jobdesk untuk jabatan ini membutuhkan tingkat ketelitian tinggi, ulet dan pastinya berhubungan erat dengan angka-angka. Selain itu, latar belakang pendidikan seorang Administrasi Finance juga tidak boleh sembarangan.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang kami peroleh ada beberapa tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Administrasi Finance. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tugas Administrasi Finance

Tugas Administrasi Finance

Administrasi Finance merupakan salah satu jabatan di suatu Perusahaan yang memegang peran penting dalam mengatur keuangan Perusahaan. Setiap Administrasi Finance juga mempunyai hak untuk memberikan inovasi atau ide guna mengembangkan rencana keuangan.

Tugas seorang Administrasi Finance atau Admin Keuangan memang cukup berat, oleh karena itu biasanya Perusahaan menyediakan upah atau gaji pokok lebih besar untuk jabatan tersebut. Disamping itu, tugas Admin Keuangan juga bisa lebih berat ketika bekerja di Perusahaan Finance seperti WOM, Adira, BFI dan lain sebagainya.

Sementara itu, untuk kalian yang mungkin sedang melamar pekerjaan di bagian Administrasi Finance, kalian perlu tahu apa saja tugas seorang Administrasi Keuangan. Informasi ini jelas bisa melancarkan proses seleksi di tahap wawancara.

Selain itu, dengan mengetahui tugas dan kewajiban Admin Keuangan, kalian bisa belajar lebih agar nantinya jika diterima, kalian bisa menjalankan peran tersebut dengan baik. Baiklah, berikut ini telah kami siapkan informasi mengenai apa saja tugas Administrasi Finance di Perusahaan :

1. Membuat Laporan Keuangan Perusahaan

Tugas yang pertama adalah membuat laporan keuangan Perusahaan. Laporan tersebut terdiri dari laporan harian, mingguan dan bulanan. Jika sudah, selanjutnya laporan tersebut dikirimkan ke atasan untuk diproses ke tahap lebih lanjut.

2. Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan Perusahaan

Selain itu, setiap Administrasi Finance juga memiliki kewajiban untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan Perusahaan. Dengan ini, data uang masuk dan uang masuk akan terekam secara rapi.

3. Mengecek dan Membayarkan Hutang Perusahaan

Kemudian Admin Keuangan juga memiliki tugas untuk mengecek sekaligus membayarkan hutang Perusahaan. Transaksi ini nantinya bakal mengacu pada pemasukan dana Perusahaan, jika sudah cukup untuk bayar hutang atau sudah memasuki waktu pembayaran, maka akan diproses transaksi tersebut yang dilakukan oleh petugas Administrasi Finance sebagai perantara.

4. Menyusun Anggaran

Menyusun anggaran juga menjadi salah satu tugas penting bagi setiap Admin Keuangan di suatu Perusahaan. Dengan adanya susunan anggaran yang tertata rapi, maka Perusahaan bisa merencanakan dana pengeluaran secara lebih optimal.

5. Mengurus Surat / Dokumen Berharga Milik Perusahaan

Petugas Administrasi Finance juga ditugaskan untuk mengurus surat-surat atau dokumen berharga yang dimiliki Perusahaan. Berkas-berkas tersebut merupakan aset penting Perusahaan yang memiliki nilai jual tinggi, seperti sertifikat tanah dan bangunan, saham, surat kontrak perjanjian bisnis dan lain sebagainya.

6. Merancang Keuangan Perusahaan

Tugas Administrasi Finance lainnya adalah merancang keuangan Perusahaan. Hampir sama dengan membuat laporan dan merancang anggaran Perusahaan, tugas ini dilakukan untuk memastikan data pemasukan, pengeluaran dan anggaran yang diperlukan Perusahaan sudah benar.

Setelah mengumpulkan laporan tersebut, baru bagian Administrasi Finance akan merancang keuangan Perusahaan, mulai dari biaya modal, investasi dan lain sebagainya.

7. Membuat Arsip Keuangan

Setiap Perusahaan juga perlu memiliki arsip keuangan sebagai bahan evaluasi. Tugas ini juga dilakukan oleh para staff Administrasi Finance. Arsip keuangan Perusahaan biasanya dibuat per tahun, dimana laporan tersebut nantinya di presentasi kan pada laporan akhir tahun.

8. Analisis Keuangan Perusahaan

Staff Administrasi Finance juga memiliki tugas untuk menganalisis keuangan Perusahaan, khususnya dari sumber pendapatan terbesar yang dimiliki. Selain itu, analisis keuangan juga diperlukan ketika Perusahaan baru menjalin kerjasama dengan kolega, dengan begitu Perusahaan bisa membuat estimasi akan laba yang diperoleh.

9. Mengatur Pemberian Gaji Karyawan

Seperti hal nya petugas Admin Keuangan di BFI Finance, dimana mereka memiliki tugas untuk memberi gaji karyawan BFI Finance. Di Perusahaan mana pun, staff Administrasi Finance juga memiliki peran yang sama.

Jadi, Admin Keuangan nantinya bakal membuat laporan mengenai besaran upah dari semua pekerja. Kemudian memberikannya ke penerima, baik dalam bentuk Cash maupun transfer Bank. Setelah itu, data pembayaran akan dimasukkan ke laporan mingguan atau bulanan, tergantung skema gaji di Perusahaan tersebut.

10. Memberikan Ide Untuk Mengembangkan Bisnis Perusahaan

Terakhir, tugas seorang Administrasi Finance adalah memberikan ide atau inovasi yang berguna untuk perkembangan bisnis Perusahaan. Oleh karena itu, seorang Admin Keuangan dituntut memiliki kecerdasan, pandai membaca peluang, tekun dan teliti.

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Proseskredit.com mengenai apa saja tugas Administrasi Finance. Dengan adanya informasi diatas, kami harap kalian yang mungkin sedang melamar pekerjaan di bagian Administrasi Finance, bisa memahami tugas dan kewajiban diatas agar bisa lolos seleksi di Perusahaan tempat kalian melamar.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • Tugaskaryawan.com
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *