Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Apa Itu Corporate Finance: Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Apa Itu Corporate Finance

Apa Itu Corporate Finance – Dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai jenis pekerjaan, salah satunya adalah dibidang keuangan. Setiap bidang tersebut memiliki posisi jabatan yang penting untuk jalannya usaha.

Posisi yang cukup penting dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan besar atau perusahaan kecil adalah corporate finance. Peran dan tanggung jawab dalam mengurus keuangan perusahaan ada di posisi jabatan satu ini.

Selain itu, corporate finance juga berkaitan erat dengan capital market yang membuat pekerjaan mereka bukan hanya itu-itu saja. Dengan begitu, tugas dan tanggung jawab seorang yang berposisi corporate finance cukup besar.

Lantas apakah Anda sudah mengetahui apa itu corporate finance? Jika belum, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi lengkap mengenai apa itu pengertian corporate finance beserta tugas dan tanggung jawabnya.

Apa Itu Corporate Finance

Pertama-tama kami akan bahas mengenai apa itu pengertian corporate finance. Jadi, corporate finance ialah seorang yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan kesehatan keuangan di dalam perusahaan dan pemegang sahamnya.

Di mana departemen yang bekerja di bawah cabang keuangan ini bertugas untuk mengelola aktivitas keuangan perusahaan. Corporate finance juga berperan dalam mengambil keputusan penting dalam urusan keuangan.

Seperti misalnya mengenai anggaran organisasi, investasi serta alokasi modal yang harus dikeluarkan perusahaan. Bahkan tidak hanya itu, aktivitas corporate finance berkaitan dengan keputusan lain-lainnya.

Mulai dari investasi modal, investasi perbankan yang dilakukan oleh perusahaan, mengatur dan mengawasi jalannya kegiatan keuangan, memberi keputusan investasi modal perusahaan, serta pembiayaan korporasi.

Tugas & Tanggung Jawab Corporate Finance

Tugas Tanggung Jawab Corporate Finance

Jika sudah tahu apa itu corporate finance di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seseorang yang berposisi menjadi corporate finance di dalam perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peran, tugas dan tanggung jawab corporate finance cukup besar. Lantas apa saja tugas dan tanggung jawab corporate finance? Untuk itu kami sudah rangkumkan lengkap terkait hal itu.

1. Mencari Potensi Finance

Pertama, seorang manajer keuangan atau corporate finance harus mampu membaca potensi pendanaan yang dibutuhkan diperusahaan. Dengan kapasitasnya sebagai pengelola corporate finance, tentu dituntut maksimal dalam kerjanya.

Penuntutan tersebut seperti misalnya melakukan analisis terhadap risiko yang telah diambil dan profit yang didapat oleh sebuah perusahaan dalam upaya menghimpun dana operasional perusahaan.

Terkait potensi dana dalam sebuah perusahaan bisa didapat melalui sumber internal maupun eksternal. Sumber internal misal seperti laba atau keuntungan dari kas perusahaan yang bisa dimanfaatkan untuk operasional.

Sedangkan potensi sumber eksternal seperti pinjaman, kredit atau hutang baik dari perusahaan pendanaan maupun lainnya. Jadi corporate finance perlu melakukan analisis dalam hal pengambilan keputusannya.

2. Mengatur Pembagian Dividen

Tugas dan tanggung jawab corporate finance selanjutnya adalah pengaturan dalam pembagian dividen atau keuntungan. Dalam melihat hasil operasional perusahaan, dapat dilihat dari laporan laba-rugi dari seluruh hasil pendapatan yang dikurangi biaya operasional perusahaan.

Lalu untuk pembagian dividen akan berpatokan pada laporan laba ditahan. Nantinya pemegang saham adalah penerima dividen yang besarannya telah diproyeksikan atau ditentukan dari kesepakatan awal oleh manajer keuangan.

Sedangkan sisa keuntungannya lain akan dihitung kembali sebagai laba yang ditahan di perusahaan. Setelah itu corporate finance akan merangkum seluruh aktivitas keluar masuk keuangan tahunan yang akan dijadikan perbandingan sebelum evaluasi.

3. Mengatur Alokasi Dana Perusahaan

Menurut para ahli (Harjito dan Martono), corporate finance merupakan manajemen keuangan yang memiliki fungsi keputusan investasi, pendanaan serta pengelolaan aset.

Itu tandanya corporate finance perlu mengatur alokasi dana untuk kegiatan investasi dari sebuah perusahaan. Investasi yang dilakukan bisa berupa aktiva lancar (current assets) atau aktiva tetap (fixed assets).

Untuk aktiva lancar bisa berupa penyaluran pada pos kas, kegiatan operasional perusahaan dalam sehari-harinya, utang-piutang, surat berharga atau cadangan dana darurat.

Sedangkan untuk aktiva tetap yaitu berupa investasi dalam jangka panjang seperti terjerjun pada kebutuhan bangunan, kendaraan maupun tanah. Yang jelas tugas dan tanggung jawab perlu lakukan alokasi dana perusahaan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan yang dapat proseskredit.com sajikan mengenai apa itu corporate finance lengkap pengertian, tugas dan tanggung jawabnya. Semoga dengan adanya pembahasan corporate finance di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membuat.

Sumber Gambar : proseskredit.com, gamatechno.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *