Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan?

Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan Penyebab Cara Mengatasi

Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan – Shopee PayLater atau SPayLater, siapa tidak kenal pilihan metode pembayaran di akun Shopee satu ini. Dengan penggunaan Shopee PayLater nantinya banyak keuntungan yang dirasakan.

Hal itu dikarenakan Anda bisa membeli sebuah barang atau produk di Shopee dengan pembayaran dicicil setiap bulan, atau dalam istilah beli sekarang bayar nanti setelah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater. Untungnya lagi ada pilihan tenor dan limit kredit besar.

Namun dalam beberapa kasus penggunaan SPayLater ada saja masalah yang dialami oleh para pengguna. Seperti misalnya Shopee PayLater tidak bisa digunakan, limit berkurang atau Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan.

Mengenai masalah SPayLater dikunci karena keamanan tentu saja akan membuat bingung untuk pengguna yang pertama kali mengalaminya. Terkait Shopee PayLater dikunci karena keamanan kami akan sampaikan bahas lengkap berikut ini.

Shopee PayLater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Walaupun Shopee Paylater terbukti aman karena sudah diawasi Otoritas Jasa Keaungan (OJK), terkuncinya Shopee Paylater bisa saja terjadi. Dalam kejadian ini nantinya Anda akan terima notifikasi diberanda SPayLater.

“Maaf, SPayLater kamu dikunci karena masalah keamanan. Silahkan klik disini untuk membuka“.

Apa yang dimaksud dengan SPayLater dikunci karena masalah keamanan? Di mana dalam masalah keamanan dimaksud yaitu keamanan dari akun pengguna. Itu bisa diartikan jika Shopee PayLater dikunci akibat ada aktivitas mencurigakan atau melanggar kebijakan & ketentuan.

Jika sudah demikian, seperti sudah dibahas sekilas di atas pastinya Anda akan bertanya mengenai kenapa dan bagaimana cara mengatasinya. Terkait hal itu, kami disini akan sampaikan secara lengkap penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Penyebab Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Tentu hal pertama yang muncul dipikiran saat SPayLater dikunci tentu saja terkait apa penyebab yang menjadikannya terkunci. Seperti dijelaskan di atas, pokok masalah ini terjadi karena ada aktivitas mencurigakan.

Lalu apa saja aktivitas tersebut? Membahas secara umum, terjadinya Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Pencurian Saldo SPayLater

Pertama kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan karena terkunci yaitu karena ada aktivitas yang menjurus ke tindakan pencurian. Pencurian yang dimaksud di sini adalah saldo Shopee PayLater.

Jadi nantinya pelaku yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan limit Shopee PayLater guna membeli barang di Shopee. Yang nantinya pembayaran cicilan tetap akan dikenakan pada pemilik akun Shopee asli.

Dalam hal ini, pihak Shopee sudah memberikan akses keamanan di Shopee PayLater. Namun pencurian saldo Shopee PayLater bisa disebabkan karena lemahnya data login (username dan password) pengguna sehingga mudah di akses.

2. Ada Aktivitas Mencurigakan

Kedua Shopee PayLater dikunci terjadi karena ada aktivitas mencurigakan lain terhadap akun Shopee Anda. Jika penyebab di atas hanya tertuju kepada pencurian saldo, di sini lebih ke aktivitas penyalahgunaan fitur Shopee pengguna. Contoh seperti:

  • Lakukan pembelian palsu (Fake Order) dengan memanfaatkan metode pembayaran SPayLater.
  • Lakukan pembelian dengan alamat yang sama untuk beberapa produk dengan metode pembayaran berbeda.
  • Lakukan pembelian melebihi batas limit Shopee PayLater.
  • Atau lakukan tindakan yang melebihi menyalahi kebijakan Shopee.

Dengan terjadinya aktivitas tersebut menjadikan akun Shopee akan dibatasi yang akibatkan fitur Shopee PayLater tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi maupun belanja.

3. Double Login Akun Shopee

Ketiga, Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan juga bisa terjadi karena adanya double login akun Shopee. Seperti misalnya Anda sudah login, namun kembali login di perangkat lain menggunakan Emulator atau aplikasi Clone.

Seperti sudah dijelaskan pada syarat & ketentuan Shopee, jika satu akun Shopee hanya bisa digunakan untuk satu perangkat maupun device saja. Bahkan tidak hanya fitur Shopee PayLater saja yang dikunci, melainkan akun Shopee dibatasi oleh tim Shopee.

4. Tidak Bayar Tagihan

Selain beberapa penyebab Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan di atas, penyebab terakhir ini juga bisa menjadi masalah pada Shopee PayLater terjadi. Di mana hal itu dikarenakan oleh pengguna akun tidak membayar tagihan.

Selain akan dikenakan sanksi berupa denda Shopee PayLater, nantinya Anda juga terdapat pembatasan pada fitur Shopee. Yang artinya tidak semua fitur di aplikasi Shopee bisa digunakan seperti biasanya oleh para pengguna.

Cara Mengatasi Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Cara Mengatasi Shopee Paylater Dikunci Karena Masalah Keamanan

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab kenapa SPayLater dikunci karena masalah keamanan, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana solusi atau cara mengatasinya. Terkait cara mengatasi Shopee PayLater dikunci, bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Verifikasi Shopee PayLater Ulang

Cara mengatasi Shopee PayLater dikunci pertama yaitu dengan melakukan verifikasi identitas kembali. Hal ini karena adanya indikasi pelanggaran pada akun Shopee PayLater, dengan begitu Anda dianjurkan verifikasi.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik halaman ‘Saya’ lalu pilih ‘SPayLater’.
  • Pada notifikasi peringatan Shopee ‘Maaf, SPayLater kamu dikunci karena masalah keamanan’ silakan klik saja dibagian “Silahkan klik di sini untuk membuka”.
  • Lalu masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon.
  • Setelah itu Foto Ulang KTP.
  • Dibagian informasi tambahan, cek semua informasi yang dimasukkan dan pastikan sudah sesuai.
  • Setelah itu lakukan verifikasi wajah.

Jika sudah demikian, maka silakan tunggu pihak Shopee melakukan validasi identitas. Umumnya Anda membutuhkan waktu sekitar 1 x 24 jam kerja (tidak termasuk hari libur). Saat identitas berhasil di verifikasi, maka notifikasi Shopee PayLater dikunci otomatis hilang.

2. Hubungi Pihak Shopee (CS)

Cara mengatasi kedua Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan adalah dengan menghubungi pihak Shopee (SC). Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai status Shopee PayLater yang dikunci.

# Hubungi lewat Chat 24 jam Via Live Chat di aplikasi Shopee. Untuk chat di aplikasi Shopee, ikuti langkah ini:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Masuk ke halaman ‘Saya’.
  • Klik ‘Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee’.
  • Jika melalui Pusat Bantuan. Silakan klik ‘Chat Shopee Sekarang’ dan Anda akan diarahkan ke tampilan atau halaman Chat.

# Atau kirimkan email DISINI.

# Call Center 24 jam di nomor 1500702

Tips Hindari SPayLater Dikunci

Selain penyebab dan cara mengatasi Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan di atas, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui tips untuk menghindari Shopee PayLater terkunci. Untuk tips menghindarinya sendiri seperti:

1. Selalu Jaga Keamanan Akun

  • Lakukan pergantian password dan PIN secara berkala.
  • Selalu Menjaga kerahasiaan password dan PIN Shopee.
  • Tidak klik link tidak dikenal secara sembarangan.

2. Hindari Menggunakan Aplikasi Clone

Karana akun Shopee tidak bisa digandakan, maka hindari apapun itu penggunaan aplikasi clone (App Clone atau Emulator) untuk menggandakan akun Shopee.

3. Selalu Bayar Tagihan

Kemudian tips berikutnya adalah dengan selalu membayar tagihan SPayLater tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Selain menghindari denda juga meminimalisir akun dikunci.

Kesimpulan

Mungkin itu saja kiranya pembahasan yang dapat proseskredit.com sajikan mengenai masalah Shopee PayLater terkunci karena masalah keamanan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait penyebab serta cara mengatasi di atas bisa membantu dan bermanfaat.

Sumber Gambar : popbela.com, cerdasbelanja.grid.id, admin proseskredit.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *