Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tidak Membayar Shopee PayLater

Tidak Membayar Shopee PayLater Begini Resikonya

Tidak Membayar Shopee PayLater – Sebagai pelanggan Shopee, khususnya untuk akun Gold dan Platinum pasti kalian sudah pernah menerima penawaran aktivasi Shopee PayLater. Bahkan tidak jarang dari kalian yang mengaktifkan fitur tersebut supaya bisa menikmati keuntungan Beli Sekarang Bayar Nanti.

Namun perlu diketahui bahwa setiap kali belanja di Shopee pakai Shopee PayLater, kalian akan menerima tagihan setiap bulannya jika memilih pembayaran cicilan. Sedangkan untuk pembayaran tempo maka tagihan akan muncul 30 hari setelah dilakukannya transaksi dengan nominal seperti yang telah ditentukan.

Kemudian perlu digarisbawahi jika setiap tagihan SPayLater wajib dibayar sebelum tanggal jatuh tempo. Jika demikian, tahukah kalian apa yang terjadi jika tidak membayar tagihan Shopee PayLater? Apabila terjadi demikian, pihak Shopee punya ketentuan khusus terkait sanksi bagi para pelanggan yang tidak melunasi tagihan ShopeePay Later.

Sanksi tersebut juga berlaku untuk keterlambatan pembayaran 1 hari, 2 hari sampai dengan 3 bulan. Semakin lama tidak membayar maka semakin besar juga sanksi yang diberikan. Supaya lebih jelas, silahkan simak pembahasan lengkap seputar denda tidak membayar SPayLater hingga batas waktu paling lambat bayar tagihan SPayLater.

Tidak Membayar Shopee PayLater

Tidak Membayar Shopee PayLater

Sebagai pelanggan Shopee yang sudah mempunyai akun Shopee PayLater pastinya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur tersebut. Ya, jadi melalui limit Shopee PayLater kalian bisa melakukan pembelian barang di Shopee dengan metode Cicilan atau Tempo (30 hari).

Namun perlu diingat bahwa setiap kali MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER untuk transaksi di Shopee, kalian bakal menerima tagihan sesuai metode yang digunakan (Cicilan / Tempo). Jika Cicilan, tagihan akan muncul setiap bulan sesuai tenor yang dipilih. Sedangkan tempo, tagihan hanya muncul satu kali, yaitu 30 hari setelah dilakukannya transaksi.

Nantinya setiap tagihan Shopee PayLater yang diterima, kalian wajib membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Seperti kami singgung diatas, jika tidak membayar Shopee PayLater maka kalian sebagai pelanggan akan menerima sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Resiko Tidak Membayar Cicilan SPayLater

Resiko Tidak Membayar Cicilan SPayLater

Sampai disini pasti kalian mulai penasaran mengenai resiko yang diterima apabila tidak membayar Shopee PayLater. Nah, jadi untuk sanksi atau resiko itu sendiri bisa berupa denda keterlambatan, pembekuan akun dan lain sebagainya. Daripada penasaran, langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini :

1. Akun Shopee PayLater Dibekukan

Resiko pertama yang pasti akan dialami ketika tidak membayar Shopee Paylater adalah akun SPayLater akan dikunci. Jika demikian, maka sementara waktu fitur SHOPEE PAYLATER TIDAK BISA DIGUNAKAN.

2. Tidak Bisa Menambah Limit Shopee PayLater

Resiko lainnya adalah limit Shopee PayLater susah untuk bertambah. Sebab, untuk MENAIKKAN LIMIT syarat utamanya adalah tidak pernah telat membayar Shopee PayLater.

3. Memperoleh Denda Secara Berkala

Kemudian jika tidak membayar Shopee PayLater setelah tanggal jatuh tempo maka kalian juga akan dikenai biaya keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan. Bahkan jika tagihan tersebut merupakan cicilan 3, 6 dan 12 bulan kalian juga wajib menanggung bunga cicilan sebesar 2.95% setiap bulannya.

4. Catatan Kredit Memburuk

Selain itu, data kalian sebagai pengguna layanan Kredit Online juga akan memburuk karena tidak membayar ShopeePay Later tepat waktu. Jadi, segala aktivitas Kredit Online dari semua layanan seperti Akulaku, Kredivo dan Shopee PayLater akan terekam oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dimana setiap pengguna yang melanggar ketentuan akan dicatat pada Daftar BI Checking (SLIK OJK).

5. Menerima Penagihan Dari Debt Collector Shopee

Terakhir, jika kalian tidak melunasi tagihan Shopee PayLater lebih dari 3 bulan, maka pihak Shopee akan mengirim Debt Collector ke alamat rumah kalian. Ketika penagihan dilakukan oleh petugas Debt Collector seringkali menggunakan cara yang cukup kasar, baik dari segi lisan maupun tindakan.

Batas Waktu Paling Lambat Bayar Tagihan Shopee PayLater

Batas Waktu Paling Lambat Bayar Tagihan Shopee PayLater

Semua sanksi atau resiko diatas bakal diberikan apabila kalian telat bayar cicilan maupun tagihan Shopee PayLater, baik itu baru beberapa hari maupun sudah mencapai 3 bulan lebih. Nah, untuk menghindari setiap hukuman diatas, kami sarankan untuk melunasi tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Pada penggunaan Shopee PayLater sendiri terdapat dua ketentuan batas waktu pembayaran, yaitu tanggal 5 dan tanggal 25 setiap bulannya. Ketentuan tersebut berlaku per tanggal 4 Februari 2021 dan bias dipilih pada saat pertama kali MENGAKTIFKAN SHOPEE PAYLATER.

KESIMPULAN

Itu dia beberapa resiko yang bisa kalian terima apabila tidak membayar Shopee PayLater sesuai batas waktu yang ditentukan. Salah satu cara agar tidak mengalami resiko diatas adalah melunasi tagihan atau cicilan sebelum tanggal jatuh tempo. Selain itu, kalian juga bisa mengajukan Restrukturisasi ShopeePay Later untuk memperoleh perpanjangan waktu pembayaran. Terkait tata cara mengajukan fitur tersebut bakal Proseskredit.com jelaskan pada pembahasan berikutnya.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *