Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Gagal Bayar Maucash ? Resiko, Penyebab & Solusi

Gagal Bayar Maucash

Gagal Bayar Maucash – Maucash adalah anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk dengan WeLab, sebuah perusahaan fintech (financial technology) terdepan berbasis di HongKong. Maucash bergerak dibidang fintech berkategori peer-to-peer lending yang memberikan kesempatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan melalui limit pinjaman.

Maucash sendiri sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta telah mendapatkan ISO27001, sehingga aman dan terpercaya. Maucash sendiri menawarkan sejumlah produk pinjaman yang meliputi pinjaman tunai dan maupaylater (Astrapay) dengan limit pinjaman yang besar serta tersedia berbagai pilihan tenor.

Dalam hal pembayaran angsuran pinjaman, Maucash juga memudahkan pengguna dengan menghadirkan berbagai pilihan metode pembayaran virtual account melalui layanan perbankan seperti ATM, e-Banking serta melalui aplikasi Astrapay. Meskipun mudah, namun pembayaran Maucash juga kerap kali menemui kendala seperti gagal bayar angsuran.

Gagal bayar Maucash bisa disebabkan karena kendala teknis dan hal ini bisa diatasi dengan mudah. Namun, gagal bayar angsuran juga bisa menjadi masalah serius, sebab akan ada resiko serta konsekuensi yang merujuk pada keterlambatan pembayaran angsuran, sehingga membuat Anda dibebankan denda keterlambatan pembayaran angsuran terhitung per harinya.

Penyebab Gagal Bayar Maucash

Penyebab Gagal Bayar Maucash

Gagal bayar Maucash bisa saja disebabkan oleh faktor sistem yang sedang mengalami gangguan. Ada banyak faktor yang memungkinkan pembayaran angsuran Maucash Anda gagal dan kebanyakan karena ada gangguan sistem.

Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab gagal bayar Maucash :

1. Koneksi Tidak Stabil atau Kuota Internet Habis

Penyebab pertama yaitu karena koneksi internet sedang tidak stabil. Koneksi internet buruk bisa jadi disebabkan karena kuota internet sudah habis ataupun operator provider yang sedang mengalami gangguan teknis.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengganti jaringan internet Anda menggunakan paket data ataupun koneksi Wi-Fi. Begitu pula sebaliknya.

2. Server Aplikasi Sedang Gangguan

Penyebab lainnya yaitu karena server aplikasi Maucash sedang mengalami gangguan. Ini bisa terjadi, karena mungkin pada saat Anda melakukan pembayaran, pengguna lain juga sedang mengakses aplikasi Maucash.

Banyaknya user yang mengakses aplikasi, membuat sistem mencapai limit sehingga menimbulkan server mengalami gangguan teknis atau error. Selain itu, ini juga bisa terjadi apa aplikasi platform lain seperti e-channel bank.

Mungkin saja layanan mobile banking dan internet banking yang Anda gunakan untuk membayar Maucash sedang mengalami gangguan server.

3. Platform Pembayaran Error

Nah, penyebab lainnya gagalnya pembayaran Anda, bisa disebabkan karena platform pembayaran sedang error. Ini biasanya terjadi pada fasilitas mesin ATM, mobile banking, internet banking dan platform lainnya.

Mungkin saja saat menggunakan fasilitas perbankan untuk membayar angsuran Maucash, fasilitas perbankan tersebut sedang error. Untuk mengatasinya, lakukan pembayaran secara offline di kantor cabang bank terkait.

Itulah beberapa penyebab yang kerap kali menimbulkan kegagalan ketika membayar angsuran pinjaman Maucash. Meskipun kebanyakan disebabkan karena kesalahan sistem, namun ini bukanlah hal yang tenang-tenang saja.

Seperti telah kami jelaskan, bahwa gagal bayar bisa menimbulkan kerugian dimana ada resiko dan konsekuensi yang akan diterima. Lalu, apa saja resiko gagal membayar Maucash? Simak langsung ulasan di bawah ini.

Risiko Gagal Bayar Maucash

Risiko Gagal Bayar Maucash

Maucash memang memudahkan Anda memenuhi segala kebutuhan sehari-hari dengan menyediakan layanan pinjaman tunai dan paylater. Akan tetapi, sistem yang dibuat manusia juga bisa mengalami kendala.

Nah, ketika melakukan pembayaran dan didapati bahwa angsuran Anda gagal, maka ini harus Anda waspadai. Seperti halnya tidak bisa bayar Akulaku kegagalan membayar angsuran Maucash juga memiliki resiko tersendiri dan itu bisa berakibat buruk yang merugikan diri Anda sendiri.

1. Dikenai Denda Keterlambatan

Nah, ketika gagal membayar angsuran pinjaman Maucash itu tentu saja bisa menyebabkan keterlambatan pembayaran. Dimana angsuran yang di bayar lewat tanggal jatuh tempo maka akan dikenakan denda keterlambatan.

Denda keterlambatan pembayaran Maucash dihitung per hari yang berlaku sejak Anda melewatkan tanggal jatuh tempo. Dimana denda keterlambatan bayar Maucash yang ditetapkan sebesar 0,8% per hari dari total pinjaman yang belum dibayar dan sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Beban denda akan terus berjalan dan akan membuat hutang semakin menumpuk. Tentu saja ini sangat merugikan dan harus di waspadai.

2. Pembekuan Limit Pinjaman

Selain denda, konsekuensi yang harus Anda waspadai selanjutnya jika gagal membayar angsuran ialah pembekuan limit pinjaman. Limit pinjaman Maucash yang didapat berasal dari penilaian terhadap profil Anda sendiri.

Limit pinjaman akan meningkat, apabila Anda selalu membayar hutang tepat waktu. Ketika gagal bayar Maucash yang menyebabkan keterlambatan, maka ini beresiko limit kredit Anda dibekukan pihak tim Maucash.

Pembekuan limit pinjaman, akan membuat limit tersebut tidak bisa digunakan sampai Anda melunasi hutang. Jika dalam waktu 90 hari, hutang tidak segera dilunasi, maka tim Maucash akan membekukan limit pinjaman secara permanen yang berarti tidak bisa mengajukan pinjaman lagi.

Kegagalan ketika membayar cicilan Maucash bisa saja mengakibatkan keterlambatan pembayaran. Hal ini memiliki konskuensi tersendiri dan itu cukup merugikan, khususnya pada diri Anda sendiri sebagai pengguna Maucash.

Meskipun demikian, namun ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa tindakan. Namun, solusi ini hanya berlaku apabila Anda gagal membayar karena faktor sistem, bukan karena faktor ekonomi seperti tidak bisa membayar pinjaman Maucash karena tidak memiliki uang untuk melunasi.

Solusi Mengatasi Gagal Bayar Maucash

Solusi Mengatasi Gagal Bayar Maucash

Nah, jika kegagalan dalam melakukan pembayaran Maucash disebabkan karena faktor kesalahan teknis dan gangguan, maka ini bisa di atasi. Ini bisa menjadi solusi untuk menghindari pembebanan denda akibat gagal bayar cicilan.

Adapun beberapa solusi untuk mengatasi gagal saat bayar cicilan Maucash yaitu sebagai berikut.

1. Ganti Jaringan Internet/Isi Ulang Kuota

Nah, jika kegagalan pembayaran karena jaringan kurang stabil, maka untuk mengatasi hal ini coba ganti koneksi jaringan internet dari SIM 1 ke SIM 2, begitu juga sebaliknya (untuk smartphone dual SIM Card). Anda juga bisa beralih ke koneksi internet Wi-Fi dari paket data, begitu pula sebaliknya.

Jika kuota internet telah habis, maka segera isi ulang kuota Anda. Maka setelah itu, Anda bisa melanjutkan pembayaran angsuran secara online.

2. Tunggu Sampai Server Stabil

Solusi selanjutnya ialah menunggu sampai server aplikasi untuk membayar stabil. Jika gagal bayar karena server mengalami gangguan, maka tidak banyak yang dilakukan kecuali menunggu sampai server stabil.

Ini berlaku untuk pembayaran secara online baik melalui aplikasi Maucash, Astrapay, ataupun layanan digital banking perbankan.

3. Lakukan Pembayaran Offline

Jika server aplikasi sedang gangguan, maka Anda bisa membayar secara offline di bank-bank yang telah bekerjasama dengan pihak Maucash. Selain itu, Anda juga bisa bayar Maucash di Alfa Group ataupun di FIF Group.

Tips Agar Tidak Gagal Bayar Maucash

Tips Agar Tidak Gagal Bayar Maucash

Nah, untuk menghindari denda keterlambatan karena gagal bayar Maucash, maka ada beberapa tips yang mungkin akan berguna untuk Anda. Adapun tips agar tidak gagal bayar cicilan pinjaman Maucash yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu koneksi internet Anda sedang stabil dan kuota internet masih mencukupi.
  2. Pastikan server aplikasi yang Anda gunakan untuk membayar sedang baik, Anda bisa mengetesnya dengan cek saldo dan lain-lain.
  3. Lakukan pembayaran jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo, misalnya 14 hari sebelum tanggal jauh tempo Anda. Jadi ketika gagal bayar Maucash, maka Anda bisa menyelesaikan pada hari berikutnya.
  4. Hindari pembayaran tepat pada tanggal jatuh tempo, karena telat sehari saja Anda tetap akan dikenakan denda.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi lengkap dari proseskredit.com terkait gagal bayar Maucash. Kegagalan pembayaran memang kerap kali terjadi, penyebabnya bisa saja karena faktor sistem pembayaran itu sendiri dan jika ini dibiarkan dapat mengakibatkan keterlambatan pembayaran. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membayar tagihan Maucash jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Demikian, semoga informasinya membantu.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *