Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

15 Ciri Ciri Penipuan AdaKami, Waspadalah!!

Ciri Ciri Penipuan AdaKami Waspadalah

Ciri Ciri Penipuan AdaKami – Sebagai pengguna layanan Pinjaman Online AdaKami, kalian wajib waspada karena saat ini telah muncul berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan AdaKami. Memangnya seperti apa ciri-ciri penipuan AdaKami?

Pada artikel berikut kami berhasil mengumpulkan beberapa modus yang ditengarai merupakan modus penipuan AdaKami. Dengan mengetahui informasi ini, maka kalian para pengguna AdaKami bakal terhindar dari segala upaya penipuan pada layanan tersebut.

Penipuan pada layanan Pinjaman Online biasanya hadir dalam bentuk SMS, panggilan telepon dan Email. Salah satu rekan dari Tim Proseskredit.com ada yang pernah menjadi korban penipuan atas nama Pinjaman Online, AdaKami.

Kerugian yang ditaksir dari kasus tersebut sekitar Rp. 5.000.000 dan biasanya ketika sudah terlanjur menjadi korban, dari pihak AdaKami tidak bisa membantu. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut dialami oleh kalian, segera simak dan pahami beberapa ciri ciri penipuan AdaKami berikut ini.

Ciri Ciri Penipuan AdaKami

Ciri Ciri Penipuan AdaKami

Seiring berkembangnya teknologi, hal tersebut dimanfaatkan oleh oknum atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi penipuan. Belakangan ini cukup marak terjadi kasus penipuan Akulaku, Kredivo dan lain sebagainya.

Dalam melancarkan aksi nya, pelaku kerap kali mengirimkan SMS yang mengatakan bahwa korban menjadi salah satu pemenang undian berhadiah. Kemudian pelaku meminta korban untuk mengirimkan beberapa data pribadi, termasuk PIN atau Kata Sandi, Email dan lain sebagainya.

Disamping itu, kasus penipuan juga pernah dialami oleh pengguna aplikasi Pinjaman Online, EasyCash. Disini korban mengaku bahwa mereka kehilangan limit Pinjaman yang dimiliki, padahal mereka tidak merasa melakukan transaksi pinjam di EasyCash.

Untuk kalian para pengguna EasyCash tentu wajib tahu apa saja ciri-ciri penipuan di layanan tersebut. Dalam kasus ini, pelaku biasanya memanfaatkan Email, SMS atau melakukan panggilan ke nomor korban.

Kebanyakan korban penipuan EasyCash adalah para pengguna baru yang belum tahu berbagai prosedur di layanan tersebut. Memangnya seperti apa sih ciri ciri penipuan EasyCash? Simak informasinya di bawah ini :

1. Penawaran Aktivasi Limit

Pertama, penipuan AdaKami bisa hadir dalam bentuk SMS yang mengatasnamakan jasa untuk mengaktifkan limit AdaKami proses cepat. Pada modus ini kalian akan diminta mengirimkan informasi data pribadi sebagai syarat pengajuan.

Selanjutnya data tersebut memang bakal digunakan oleh pelaku untuk mendaftar AdaKami, tapi setelah berhasil mendapatkan limit. Kalian tidak akan diberi akses ke layanan tersebut dan limit yang tersedia bakal dipakai oleh pelaku, tapi kalian yang menjadi atas nama yang harus menanggung seluruh tagihan.

Perlu diketahui bahwa untuk mengaktifkan limit AdaKami sebaiknya dilakukan sendiri melalui aplikasi dengan cara mengisi formulir pengajuan. Jangan sampai tergiur iming-iming bantuan aktivasi limit, karena dari pihak AdaKami pun tidak menganjurkan cara seperti itu.

2. Permintaan Data Pribadi

Ciri-ciri penipuan AdaKami yang selanjutnya adalah muncul nya SMS atau panggilan dari AdaKami yang meminta data pribadi seperti nama, NIK, nomor rekening, informasi tanggal lahir dan lain sebagainya.

Biasanya modus seperti ini berkedok adanya indikasi mencurigakan di akun AdaKami kalian. Selanjutnya, si pelaku bakal mengaku sebagai pihak AdaKami dan menawarkan bantuan untuk pencegahan atau mengamankan akun tersebut.

Jika ternyata memang akun AdaKami terdapat indikasi peretasan atau di Hack, maka kalian bakal menerima Email khusus dari Hello@cs.adakami.id yang menginformasikan bahwa ada aktivitas mencurigakan pada akun tersebut.

Selanjutnya kalian diminta untuk mengganti password, nomor HP dan beberapa data lain yang memungkinkan diretas oleh pelaku penipuan.

3. Penawaran Hadiah

Selain itu, modus penipuan AdaKami juga bisa hadir dalam bentuk SMS berisi penawaran hadiah atau pengumuman bahwa kalian menjadi salah satu pemenang Undian yang disediakan oleh AdaKami.

Nantinya pelaku akan meminta kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP kalian sebagai syarat klaim hadiah. Disini perlu kami tegaskan bahwa AdaKami sama sekali tidak pernah memberikan hadiah maupun mengadakan event berhadiah dalam bentuk apapun.

Jadi ketika mendapatkan SMS atau panggilan dengan ciri ciri tersebut, kami sarankan untuk langsung mengabaikan nya dan memblokir nomor pengirim. Setelah itu, ganti informasi password, PIN dan lain sebagainya di akun AdaKami.

4. Jasa Pencairan Biaya Murah

Selain jasa aktivasi limit, ciri-ciri penipuan AdaKami juga bisa tersedia dalam bentuk jasa pencairan. Pada modus ini pelaku bakal menawarkan proses pencairan limit AdaKami secara cepat, tanpa biaya admin dan berbagai keuntungan lainnya.

Jika mendapatkan SMS atau panggilan semacam ini jangan pernah menerimanya, sebab disini kalian bakal dimintai data pribadi sebagai syarat pencairan, termasuk password akun AdaKami.

Jika ingin mencairkan limit AdaKami, lakukanlah sendiri. Sedangkan untuk urusan biaya admin, bunga dan lain sebagainya memang sudah menjadi ketentuan pengguna AdaKami. Jadi, jangan sampai tergiur penawaran bebas biaya admin dan semacamnya untuk keperluan pinjam uang di AdaKami.

Tips Menghindari Penipuan AdaKami

Setelah mengetahui beberapa ciri ciri penipuan AdaKami, selanjutnya kami juga punya informasi mengenai beberapa tips menghindari modus penipuan AdaKami, antara lain :

1. Menjaga Kerahasiaan Password

Tips yang pertama adalah selalu menjaga kerahasiaan Password AdaKami. Jangan pernah memberikan informasi tersebut, bahkan ke orang terdekat sekalipun.

2. Jangan Login AdaKami di Sembarang Perangkat

Tips kedua adalah usahakan tidak pernah melakukan Login AdaKami di lebih dari satu perangkat atau smartphone. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan akun, karena ketika sering Login dan Logout akun AdaKami di beberapa perangkat, Cache atau Cookies dari aktivitas tersebut bisa menjadi sumber akun AdaKami di Hack.

3. Rutin Ganti Password

Tips ketiga, lakukan ganti password AdaKami setidaknya 3 bulan sekali. Cara ini dilakukan untuk memaksimalkan keamanan akun dan memastikan Password AdaKami tidak bocor.

4. Mengabaikan SMS/ Panggilan Selain Dari AdaKami

Terakhir, selalu mengabaikan SMS atau Panggilan yang berasal dari nomor selain nomor HP AdaKami. Sebab, jelas SMS maupun panggilan tersebut berasal dari pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan AdaKami.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah ciri ciri penipuan AdaKami yang berhasil tim Proseskredit.com rangkum untuk kalian. Setelah menyimak informasi ini, kami sarankan untuk selalu waspada dengan ciri-ciri atau modus penipuan seperti diatas, supaya sebagai pengguna AdaKami kalian tidak dirugikan.

sumber gambar :

  • Facebook AdaKami
  • Tim Proseskredit.com
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *