Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Cara Bayar Tagihan Listrik via Akulaku

Cara Bayar Tagihan Listrik via Akulaku Tenor Admin Jatuh Tempo

Cara Bayar Tagihan Listrik via Akulaku – Selain dapat membantu masyarakat untuk membeli barang impiannya, Akulaku juga bisa digunakan untuk bayar tagihan. Salah satu tagihan yang dapat dibayar pakai limit Akulaku adalah Listrik Pasca Bayar.

Bagi kalian para pengguna Listrik Pasca Bayar tentu saja merasa sangat terbantu dengan adanya fitur tersebut. Lalu seperti apa sih cara melakukan pembayaran listrik menggunakan limit Akulaku? Apakah berlaku biaya admin? Berapa pilihan tenor yang tersedia? Tenang, kami sudah menyiapkan jawaban lengkap dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sebelum kami jelaskan mengenai mekanisme bayar tagihan Akulaku via Akulaku, terlebih dahulu kalian perlu mengetahui syarat dan ketentuan pada transaksi tersebut. Pertama, kalian perlu memastikan limit Akulaku yang tersedia mencukupi untuk bayar tagihan Listrik.

Selain itu kalian juga perlu menyiapkan Nomor Meteran atau ID Pelanggan Listrik Pasca Bayar. Jika sudah, sekarang kalian bisa lanjut ke tutorial pembayaran dibawah ini. Kami juga bakal menjelaskan ketentuan seputar tarif transaksi, periode cicilan hingga tanggal jatuh tempo dan denda jika telat bayar tagihan Listrik.

Cara Bayar Tagihan Listrik via Akulaku

Cara Bayar Tagihan Listrik via Akulaku

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Tagihan Listrik Pasca Bayar memiliki nominal yang berbeda-beda setiap bulannya, tergantung dengan kapasitas dan penggunaannya sendiri. Namun berapa pun tagihan yang diterima, kini kalian tidak perlu khawatir karena tagihan tersebut kini bisa dibayar via Akulaku dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Akulaku

    Pertama buka aplikasi Akulaku, pastikan smartphone yang digunakan sudah terhubung ke internet. Setelah itu klik tab Servis di bagian bawah.Buka Aplikasi Akulaku 1

  2. Pilih Listrik PLN

    Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu pembayaran, silahkan pilih Listrik PLN.Pilih Listrik

  3. Masukkan Nomor Meter

    Untuk melunasi Listrik Pasca Bayar maka kalian pilih Tagihan Listrik pada tampilan berikutnya. Setelah itu masukkan Nomor Meteran / ID Pelanggan pada kolom yang tersedia.
    Masukkan Nomor Meteran

  4. Klik Selanjutnya

    Lalu klik bayar via Akucicil dan klik Selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.Klik Selanjutnya

Catatan : Setelah klik Selanjutnya biasanya akan muncul status transaksi pembayaran telah berhasil. Namun beberapa pengguna masih diminta memasukkan kata sandi Akulaku sebagai tahap akhir. Ikuti saja instruksi yang tertera di layar.

Pilihan Tenor Bayar Litsrik Pakai Limit Akulaku

Pilihan Tenor Bayar Litsrik Pakai Limit Akulaku

Kemudian sesuai janji diatas berikut ini kami telah menyiapkan penjelasan informasi mengenai pilihan tenor atau masa angsuran pada pembayaran tagihan Listrik via Akulaku. Jadi, mengenai tenor atau cicilan pada transaksi diatas hanya ada satu pilihan, yaitu 30 hari (1 bulan).

Artinya fitur ini hanya membantu kalian untuk melunasi tagihan Listrik dalam kurun waktu tersebut. Ketentuan tersebut juga berlaku untuk jenis PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN, Air PDAM dan lain sebagainya. Disamping itu, Akulaku juga mewajibkan pengguna untuk bayar cicilan tersebut sebelum tanggal jatuh tempo.

Tarif Transaksi Pembayaran Listrik di Akulaku

Tarif Transaksi Pembayaran Listrik di Akulaku

Selain kebijakan mengenai pilihan tenor, Akulaku juga menerapkan kebijakan untuk biaya admin atau tarif transaksi bayar tagihan Listrik menggunakan limit tersedia. Untuk nominal atau besaran dari tarif itu sendiri Akulaku tidak menjelaskannya secara rinci, melainkan langsung tercantum dalam total tagihan. Meskipun demikian, kalian tidak usah khawatir sebab biaya transaksi masih tergolong murah, tidak sampai 10.000 rupiah.

Tanggal Jatuh Tempo Pelunasan Listrik Pasca Bayar

Tanggal Jatuh Tempo Bayar Listrik Prabayar

Setelah menyimak ketentuan dari Akulaku, sekarang kalian tinggal mengetahui ketentuan seputar tanggal jatuh tempo PLN bagi para pengguna Listrik Pasca Bayar. Jadi, PLN mewajibkan semua pelanggan supaya melunasi tagihan Listrik Pasca Bayar sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Apabila pembayaran dilakukan setelah tanggal jatuh tempo maka PLN berhak memberikan sanksi pada pelanggan terkait. Sedangkan pada pembayaran tagihan di Akulaku menyesuaikan tanggal cetak tagihan yang digunakan. Berikut adalah detail informasi dari batas waktu pembayaran Akulaku :

Tanggal Cetak Tagihan111626
Tanggal Jatuh Tempo251015

Denda Telat Bayar Tagihan Listrik

Denda Telat Bayar Tagihan Listrik

Nah, mengenai denda keterlambatan pada pembayaran tagihan Listrik Pasca Bayar disesuaikan dengan kapasitas atau Daya Listrik yang digunakan. Supaya lebih jelasnya silahkan simak tabel dibawah ini :

KapasitasJumlah Denda / Bulan
450 VARp 3.000
900 VARp 3.000
1.300 VARp 5.000
2.200 VARp 10.000
3.500-5.500 VARp 50.000
6.600-14.000 VA3% dari tagihan (minimal Rp. 75.000)
14.000 VA keatas3% dari tagihan (minimal Rp. Rp 100.000)

Selain dari pihak PLN, denda keterlambatan juga diterapkan oleh Akulaku pada pengguna yang tidak melunasi cicilan tepat waktu. Denda tersebut berupa uang dengan nominal Rp. 30.000.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari Proseskredit.com mengenai tata cara bayar tagihan Listrik via Akulaku. Ketika sudah tiba waktunya bayar tagihan Listrik tapi finansial sedang tidak bersahabat, limit Akulaku bisa jadi solusi terbaik. Kalian bisa menggunakan ulasan diatas sebagai acuan guna melakukan transaksi bayar tagihan Listrik Pasca Bayar pakai saldo Akulaku.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *