Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Cara Bayar BPJS Pakai Akulaku

Cara Bayar BPJS Pakai Akulaku Syarat Admin Denda Telat Bayar

Cara Bayar BPJS Pakai Akulaku – Sebagian besar dari kalian pasti sudah memiliki akun dan limit Akulaku. Ada banyak manfaat yang bisa kalian lakukan melalui limit tersebut, mulai dari beli pulsa, beli barang elektronik, kredit HP bahkan bayar premi BPJS Kesehatan.

Ya, kalian tidak salah baca, Akulaku benar-benar bisa digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Hal ini tentu sangat membantu kalian para peserta dari program tersebut. Lalu seperti apa sih cara bayar BPJS pakai Akulaku? apakah ada syarat dan ketentuan khusus terkait transaksi tersebut?

Tenang, informasi selengkapnya mengenai tutorial dan apa saja syarat dana ketentuan yang berlaku bakal kami jelaskan di bagian pembahasan. Sebelum itu perlu diketahui bahwa besaran premi BPJS Kesehatan berbeda-beda, sesuai dengan kelas yang digunakan.

Untuk kelas I memiliki jumlah iuran sebesar Rp. 160.000, kelas II Rp. 110.000 dan kelas III Rp. 42.000. Sebagai peserta BPJS Kesehatan kalian tentu diwajibkan untuk bayar iuran tepat waktu. Nah, jika sudah tanggal jatuh tempo tapi belum mempunyai dana, kalian dapat memanfaatkan limit Akulaku untuk bayar tagihan BPJS Kesehatan. Informasi selengkapnya telah kami siapkan dibawah ini.

Syarat Bayar BPJS Menggunakan Akulaku

Syarat Bayar BPJS Menggunakan Akulaku

Selain dapat digunakan untuk KREDIT HP TANPA DP, limit Akulaku juga bisa di pakai untuk melunasi premi BPJS Kesehatan. Namun untuk melakukan transaksi tersebut ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kalian pahami, antara lain adalah :

Limit Mencukupi

Syarat pertama adalah pastikan limit Akulaku kalian mencukupi untuk bayar iuran BPJS. Jika kurang, kalian bisa MENAIKAN LIMIT AKULAKU dengan cara melengkapi data verifikasi atau melunasi tagihan Akulaku lebih awal.

Telah Melunasi Pinjaman KTA

Syarat berikutnya adalah pastikan kalian tidak memiliki tagihan untuk pinjaman KTA. Sebab, ketika ada tanggungan KTA Akulaku yang belum di bayarkan, biasanya limit Akulaku sementara tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Akun Akulaku Tidak Bermasalah

Syarat yang ketiga adalah akun Akulaku kalian sedang tidak bermasalah atau di Blacklist oleh pihak Akulaku karena satu dan lain hal. Jika terjadi demikian, kalian perlu menghubungi Call Center Akulaku untuk proses perbaikan.

Cara Bayar BPJS Pakai Akulaku

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Setelah memenuhi semua persyaratan diatas, sebelum lanjut ke tata cara pembayaran premi BPJS Kesehatan pakai limit Akulaku, pastikan kalian sudah menyiapkan nomor BPJS yang akan dibayarkan. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Akulaku

    Pertama silahkan buka aplikasi Akulaku di smartphone lalu tap menu Servis di bagian bawah.
    Buka Aplikasi Akulaku 1

  2. Pilih BPJS

    Pada tampilan berikutnya pilihlah menu BPJS.Pilih BPJS

  3. Masukkan Nomor BPJS

    Setelah itu masukkan nomor BPJS Kesehatan yang akan di bayar pakai Akulaku.Masukkan Nomor BPJS

  4. Tap Informasi Tambahan

    Kemudian klik Informasi Tambahan untuk memastikan semua data seperti nama peserta dan jumlah iuran telah sesuai.Tap Informasi Tambahan

  5. Klik Akucicil

    Terakhir, klik metode pembayaran Akucicil. Lalu klik Selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.
    Klik Akucicil

Sedikit tambahan informasi, untuk bayar BPJS pakai Akulaku hanya tersedia 1 pilihan tenor, yaitu 30 hari. Jadi, ketika kalian melakukan transaksi pada tanggal 5 Maret, maka jatuh tempo pelunasannya adalah tanggal 4 bulan April. Ingat, usahakan jangan pernah telat melunasi tagihan Akulaku agar kredit poin terus meningkat sehingga limit Akulaku bisa bertambah.

Biaya Admin Pembayaran Premi BPJS di Akulaku

Biaya Admin Pembayaran Premi BPJS di Akulaku

Kemudian perlu diketahui bahwa untuk transaksi bayar BPJS Pakai Akulaku pengguna bakal dikenai biaya admin. Jika demikian, berapa sih biaya tersebut? Tenang, biaya ini sangat murah kok, hanya Rp. 1.000. Selain biaya admin, ada juga biaya layanan sebesar Rp. 18.000 pada pembayaran BPJS pakai Akucicil.

Kelebihan Bayar BPJS Pakai Akulaku

Kelebihan Bayar BPJS Pakai Akulaku

Setelah mengetahui cara hingga ketentuan terkait biaya admin dan biaya tambahan untuk bayar BPJS pakai Akulaku, kalian juga perlu tahu mengenai kelebihan dari cara pembayaran tersebut. Informasi selengkapnya dapat kalian simak dibawah ini :

1. Lebih Praktis

Pembayaran BPJS pakai Akulaku tentu jauh lebih praktis dibandingkan cara lainnya. Kalian cukup menyiapkan smartphone, aplikasi Akulaku dengan limit mencukupi serta nomor BPJS setelah ikuti tata cara yang telah kami sajikan diatas.

2. Transaksi Aman

Kemudian pembayaran BPJS melalui Akulaku terjamin aman, sebab layanan ini telah terintegrasi dengan sistem penerima iuran BPJS Kesehatan. Jadi, kalian tidak perlu khawatir untuk melunasi tagihan BPJS Kesehatan pakai limit Akulaku.

3. Biaya Admin Murah

Keuntungan yang terakhir adalah biaya admin pada pembayaran BPJS pakai Akulaku sangatlah murah, yaitu hanya 1.000 rupiah.

Kekurangan Bayar BPJS Pakai Akulaku

Kekurangan Bayar BPJS Pakai Akulaku

Selain kelebihan, cara bayar BPJS pakai Akulaku juga memiliki beberapa kekurangan. Lalu, apa saja sih kekurangan dari transaksi tersebut? Dibawah ini telah kami siapkan penjelasan lengkap mengenai beberapa kekurangan cara melunasi premi BPJS pakai Akulaku :

1. Tidak Tersedia Fitur Cicilan

Seperti kalian simak diatas bahwa pada pembayaran BPJS pakai Akulaku hanya tersedia pilihan durasi atau tenor selama 1 bulan. Mungkin akan lebih menguntungkan jika Akulaku menyediakan fitur cicilan untuk bayar BPJS.

2. Berlaku Biaya Tambahan

Kemudian pada transaksi tersebut juga berlaku biaya tambahan. Biaya tersebut lebih mahal daripada biaya admin yang hanya 1.000 rupiah.

3. Tidak Bisa Digunakan Ketika Mempunyai Tagihan KTA

Kekurangan yang terakhir adalah tidak bisa bayar BPJS pakai Akulaku apabila terdapat tagihan KTA. Ketika memiliki tanggungan tersebut limit Akulaku seringkali tidak bisa digunakan untuk transaksi apapun, termasuk bayar BPJS.

Batas Waktu Pembayaran BPJS Kesehatan Per Bulan

Batas Waktu Pembayaran BPJS Kesehatan Per Bulan

Selain ketentuan yang berkaitan dengan Akulaku, BPJS Kesehatan juga punya ketentuan khusus untuk setiap peserta, yaitu mengenai batas waktu pembayaran. Jadi, sebagai peserta BPJS Kesehatan kalian wajib bayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Apabila bayar BPJS dilakukan lebih dari batas waktu yang ditentukan, maka akan ada sanksi bagi peserta tersebut.

Denda Telat Bayar BPJS Kesehatan

Denda Telat Bayar BPJS Kesehatan

Lalu apa sih sanksi yang bakal diberikan ketika telat bayar premi BPJS Kesehatan? Sanksi tersebut berupa denda sebesar 2,5% dari jumlah iuran. Jadi, semakin bagus kelas BPJS yang digunakan, maka semakin mahal juga denda keterlambatan yang dibebankan.

Selain itu, ada juga sanksi lain yaitu fasilitas BPJS akan di non-aktifkan sementara sampai tagihan dilunasi. Lalu jika dalam waktu kurang dari 45 hari setelah melunasi tunggakan premi BPJS peserta membutuhkan fasilitas rawat inap, peserta wajib melunasi denda pelayanan.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah cara bayar BPJS pakai Akulaku yang dapat Proseskredit.com sajikan. Melalui cara diatas, proses bayar BPJS dapat dilakukan secara lebih mudah. Bahkan ketika kondisi keuangan sedang tidak mencukupi, bayar BPJS pakai Akulaku adalah pilihan terbaik.

Meskipun demikian, beberapa syarat dan ketentuan diatas juga wajib dipahami, terutama mengenai batas waktu pembayaran BPJS. Jika ketentuan tersebut di langgar, maka pihak BPJS bakal memberikan sanksi berupa denda keterlambatan, denda pelayanan hingga menonaktifkan fasilitas BPJS Kesehatan.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *