Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku Syarat Admin Jatuh Tempo

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku – Hadirnya layanan Akulaku di kehidupan sehari-hari tidak hanya memberi kemudahan untuk membeli barang secara kredit. Perlu diketahui bahwa limit Akulaku juga bisa kalian manfaatkan untuk melunasi tagihan Air PDAM.

Sebagai pengguna baru di Akulaku mungkin kalian belum tahu adanya fitur tersebut. Nah, maka dari itu melalui artikel berikut kami bakal menjelaskannya secara lengkap. Tapi sebelum itu perlu kalian ketahui bahwa Akulaku juga menerapkan beberapa ketentuan terkait penggunaan limit untuk melunasi tagihan tersebut.

Nominal tagihan Air PDAM setiap pelanggan tentu berbeda-beda, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, sebelum melakukan transaksi pastikan saldo Akulaku yang dimiliki cukup untuk bayar tagihan Air PDAM sesuai dengan nominal yang tertera.

Kemudian pada penggunaan saldo Akulaku untuk membayar tagihan Air PDAM juga berlaku tanggal jatuh tempo hingga denda keterlambatan. Nah, supaya mengetahui lebih jelas seputar syarat, cara hingga batas waktu pembayar dan sanksi bagi yang telat bayar tagihan langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Syarat Menggunakan Akulaku Untuk Bayar Tagihan Air PDAM

Syarat Menggunakan Akulaku Untuk Bayar Tagihan Air PDAM

Sebelum masuk ke pembahasan utama, terlebih dahulu kalian perlu tahu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku pada penggunaan layanan Akulaku untuk bayar Air PDAM. Selain saldo yang cukup, ada syarat lain yang wajib dipenuhi, antara lain sebagai berikut :

1. Menjangkau Wilayah Pembayaran

Syarat pertama adalah wilayah tempat tinggal kalian wajib sudah terjangkau area pembayaran Air PDAM di Akulaku. Hingga saat ini Akulaku sudah mendukung lebih dari 50 wilayah yang bisa menggunakan fasilitas tersebut, diantaranya Jakarta, Batam, Kalimantan, Sukabumi, Bandung, Banyumas, Blora, Bogor dan lain sebagainya.

2. Tidak Memiliki Tagihan Pinjaman Akulaku

Selanjutnya agar transaksi bisa dilakukan kalian juga tidak boleh memiliki tagihan di Pinjaman Akulaku dengan nominal diatas Rp. 1.000.000, baik itu KTA Asetku maupun Dana Cicil. Artinya ketika mempunyai tagihan tersebut kalian wajib melunasinya terlebih dahulu, setelah itu baru bisa bayar tagihan Air PDAM melalui Akulaku.

3. Kredit Poin Lebih Dari 700 Poin

Syarat terakhir adalah kredit poin Akulaku melebihi batas minimal, yaitu 700 poin. Jika kurang dari jumlah tersebut maka limit Akulaku tidak bisa digunakan untuk transaksi apapun, termasuk melunasi tagihan Air PDAM.

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Waktu yang dibutuhkan: 2 menit.

Setelah memenuhi semua syarat diatas, artinya pelunasan tagihan Air PDAM melalui Akulaku dapat dilakukan. Adapun untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak dibawah ini :

  1. Jalankan Aplikasi Akulaku

    Pertama-tama bukalah aplikasi Akulaku di smartphone. Pastikan juga perangkat yang digunakan memiliki koneksi internet.Jalankan Aplikasi Akulaku

  2. Pilih Menu Air PDAM

    Kemudian tap menu Air PDAM pada halaman utama.Pilih Menu Air PDAM

  3. Pilih Wilayah Pembayaran

    Klik kolom Wilayah Pembayaran lalu cari Kabupaten tempat tinggal kalian.Pilih Wilayah Pembayaran

  4. Masukkan Nomor Pelanggan

    Sekarang masukkan ID Pengguna pada kolom Nomor Pelanggan.Masukkan Nomor Pelanggan

  5. Pilih Akucicil

    Untuk metode pembayaran silahkan pilih Akucicil. Setelah itu klik Selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran.Pilih Akucicil 1

Catatan : Sebelum mengakhiri transaksi, kalian bisa memeriksa rincian tagihan terlebih dahulu dengan cara tap Informasi Tambahan. Nanti akan muncul informasi terkait nomor pelanggan, jumlah tagihan dan lain sebagainya.

Biaya Admin Pembayaran Air PDAM di Akulaku

Biaya Admin Pembayaran Air PDAM di Akulaku

Setelah mengetahui cara bayar tagihan Air PDAM melalui Akulaku, kalian juga perlu tahu bahwa transaksi ini menerapkan biaya admin. Namun untuk jumlah pastinya tidak tertera di halaman konfirmasi, intinya besaran biaya admin menyesuaikan jumlah tagihan Air PDAM yang dimiliki dan langsung dimasukkan pada total tagihan Akulaku. Kebijakan seperti ini juga berlaku untuk pembayaran tagihan lainnya seperti LISTRIK PASCA BAYAR dan pembelian TOKEN LISTRIK melalui saldo Akulaku.

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Air PDAM via Akulaku

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Air PDAM via Akulaku

Kemudian baik Akulaku maupun PDAM memiliki ketentuan masing-masing terkait batas waktu pembayaran tagihan. Dari PDAM sendiri mewajibkan semua pelanggan untuk melunasi tagihannya setiap awal bulan. Biasanya ada petugas survey datang ke rumah saat sudah masuk waktu pembayaran.

Sedangkan dari pihak Akulaku menyediakan tiga pilihan batas waktu pembayaran, antara lain pada tanggal 2, 10 dan 25. Pilihan tersebut disesuaikan dengan tanggal cetak tagihan yang digunakan. Supaya lebih jelasnya silahkan lihat pada tabel berikut :

Tanggal Cetak Tagihan152611
Tanggal Pembayaran21025

Denda Keterlambatan Bayar Tagihan Air PDAM

Denda Keterlambatan Bayar Tagihan Air PDAM

Selain itu Akulaku juga menerapkan sanksi berupa denda bagi pengguna yang tidak melunasi tagihan tepat waktu. Sama seperti ketentuan pada biaya admin, besaran denda keterlambatan bayar Akulaku juga tergantung pada jumlah tagihan Air PDAM. Semakin besar nominal tagihan maka semakin besar juga denda yang harus dibayarkan. Informasi tersebut tertera secara jelas pada halaman konfirmasi.

KESIMPULAN

Kiranya itu saja yang bisa Proseskredit.com sampaikan mengenai cara bayar tagihan Air PDAM menggunakan limit Akulaku. Ingat, Akulaku dan PDAM menerapkan kebijakan soal tanggal jatuh tempo pembayaran, jadi sebagai pengguna layanan Air bersih PDAM dan Akulaku kalian wajib melunasi tagihan tepat waktu Jika tidak, ada sanksi berupa denda yang menanti kalian.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *