Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Apakah Shopee PayLater Aman? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apakah Shopee PayLater Aman

Apakah Shopee PayLater Aman – Shopee tidak hanya dikenal sebagai plaform e-commerce sebagai tempat belanja online terpercaya, namun e-commerce ini juga menyediakan layanan SPayLater. Dimana Shopee PayLater merupakan metode pembayaran “Beli Sekarang, Bayar Nanti”.

Dengan Shopee PayLater, pengguna dapat membeli produk di Shopee terlebih dahulu dan membayarnya di bulan depan atau secara cicilan selama beberapa bulan. Dengan layanan ini juga, pengguna tidak perlu kartu kredit untuk melakukan kredit barang atau jasa yang tersedia di aplikasi Shopee.

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan layanan ini membuat banyak orang tertarik untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Namun banyak juga pengguna baru yang ingin menggunakan SPayLater ragu dan bertanya-tanya apakah layanan Shopee PayLater ini aman dan dapat dipercaya?

Mempertanyakan SPayLater aman atau tidak memang menjadi hal wajar, dimana hal ini untuk memastikan layanan ini tidak merugikan. Lantas, apakah SPayLater benar-benar aman? Temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan selengkapnya dari proseskredit.com di bawah ini.

Apakah Shopee PayLater Aman?

Apakah Shopee PayLater Aman 1

Timbul pertanyaan apakah Shopee PayLater aman tentu bukan tanpa alasan, dimana sebelum menggunakan layanan ini pastinya pengguna akan memastikan terlebih dahulu keamanan data pribadi hingga legalitas layanan tersebut. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir kerugian yang besar.

Lantas, apakah Shopee PayLater aman? tentu saja aman, karena telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). SPayLater juga berkomitmen untuk melindungi keamanan data pengguna sesuai Peraturan Undang-Undang perlindungan data dan privasi yang berlaku di Indonesia.

Tidak hanya telah mendapat izin dari OJK, namun ada beberapa alasan lain yang membuat SPayLater aman. Berikut penjelasan lebih lengkap terkait Shopee PayLater aman atau tidak yang harus Anda ketahui.

1. Shopee PayLater telah Berizin, Terdaftar dan Diawasi OJK

Hal yang dijadikan sebagai jaminan utama SPayLater aman adalah izin OJK. Dimana Shopee PayLater telah memiliki izin, terdaftar dan diawasi oleh OJK, yang berarti Shopee PayLater menjadi platform pinjaman online resmi dan legal.

Setiap penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar OJK, wajib mematuhi semua peraturan, baik POJK maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untun informasi perizinan Shopee PayLater di OJK, pengguna bisa melihatnya pada:

  • Situs resmi Shopee PayLater atau aplikasinya di PlayStore. Umumnya perusahaan yang sudah punya izin akan menyebutkan nomor keputusan OJK.
  • Situs resmi OJK menampilkan daftar perusahaan pinjaman online yang sudah punya izin resmi dari OJK.

2. Data Pribadi Pengguna Dilindungi Kebijakan Privasi

Setiap data pribadi yang pengguna daftarkan ke Shopee PayLater akan dilindungi oleh kebijakan privasi. Dimana pinjaman online legal yang terdaftar di OJK memiliki dua ketentuan perihal data pribadi pengguna yaitu:

  • Data pribadi yang bisa diambil terbatas di Camera, Microphone dan Location, sesuai ketentuan OJK. Pengambilan data diluar itu bisa dikenai sanksi OJK.
  • Pengelolaan data pribadi, termasuk jenis, perlindungan, penyimpanan, disampaikan oleh perusahaan Shopee secara transparan di Kebijakan Privasi.

Dalam kebijakan privasi Shopee, perusahaan menguraikan secara lengkap dan detail soal cara mengelola data pribadi pengguna agar aman dan tidak bocor.

3. Cara Shopee Melindungi Informasi Pengguna

Pihak Shopee sendiri menerapkan berbagai langkah pengamanan dan berusaha untuk memastikan keamanan data pribadi Anda di sistem. Data pribadi pengguna berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil karyawan yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut.

4. Bunga Shopee PayLater Transparan

Perhitungan bunga Shopee PayLater diperlihatkan secara transparan. Calon peminjam dapat melihat berapa jumlah bunga yang harus dibayar jika menggunakan limit Shopee PayLater tertentu.

Pada halaman utama Shopee PayLater, tersedia kalkulator untuk melakukan simulasi perhitungan kredit. Pengguna Shopee PayLater dapat menghitung besaran tagihan yang harus dibayar sesuai simulasi plafon dan tenor.

Adanya informasi bunga dan biaya yang transparan di muka, tentunya akan membantu peminjam menghitung kemampuan pembayaran jika mengambil pinjaman. Dengan demikian, kemungkinan terjebak pinjaman online legal menjadi lebih kecil, karena semuanya transparan di awal pengajuan.

5. Batas Bunga Shopee PayLater Maksimal 0,4% Per Hari

Bukan hanya rincian bunga yang transparan, pembebanan bunga SPayLater juga tidak memberatkan pengguna. Ketentuan resmi dari AFPI, bunga Shopee PayLater maksimal adalah 0,4% per hari.

Seluruh platform pinjaman online yang berizin OJK wajib mengikuti ketentuan AFPI tersebut, jika tidak maka izin dapat dicabut. Pembatasan bunga maksimum membuat perusahaan pinjaman online tidak bisa seenaknya menaikkan bunga.

6. Alamat Kantor Shopee PayLater Jelas

Platform pinjaman online yang legal umumnya akan memiliki alamat kantor yang jelas. Untuk alamat kantor operasional Shopee dapat Anda cek di aplikasi Shopee ataupun situs resmi shopee.co.id.

Dalam peraturannya OJK, menetapkan bahwa setiap paltform pinjaman online resmi wajib memiliki kantor yang jelas. Lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar di OJK, disurvei oleh OJK dan dipastikan mudah ditemui di Google Maps.

7. Tersedianya Layanan Pelanggan dan Call Center

Sebagai platform pinjaman online yang terdaftar di OJK, Shopee PayLater memiliki layanan pelanggan dan call center. OJK mewajibkan Shopee PayLater memiliki kebijakan layanan pelanggan customer service yang profesional.

Shopee wajib memiliki SOP untuk menangani keluhan konsumen. Anda bisa langsung cek di aplikasi atau situs resmi perihal layanan pelanggan dan cara menghubunginya.

Bukan hanya itu saja, Shopee PayLater juga harus memiliki kebijakan atau SOP bagaimana pengaduan pengguna ditangani, seperti berapa lama pengaduan akan diselesaikan. Selain call center, Shopee juga menyediakan akun sosial resmi.

8. Penagihan Gagal Bayar SPayLater Patuh Pada Kode Etik Asosiasi

Sedangkan untuk prosedur penagihan gagal bayar Shopee PayLater, penagihan harus tunduk pada kode etik AFPI. Dalam kode etik tersebut, dijelaskan cara melakukan penagihan yang sesuai ketentuan.

Dimana hal tersebut bertujuan untuk memastikan perlindungan terhadap pengguna bisa berjalan dengan baik. Untuk memastikan kepatuhan terhadap kode etik, tenaga penagih Shopee PayLater wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.

Pihak Shopee PayLater wajib menyusun etika penagih pinjaman (mengacu pada kode etik AFPI) yang harus dituangkan ke dalam perjanjian alih daya dengan pihak ke-3 tersebut. Pastikan juga penagihan pinjaman tidak melanggar hukum sesuai kode etik.

Penagih Shopee PayLater juga telah memperoleh pelatihan dan sertifikasi yang berkaitan dengan tugas penagihan dan etika penagihan sesuai ketentuan. Selain itu, desk collection atau field collection untuk penyelenggara P2P Shopee PayLater juga telah menerima sertifikasi keanggotaan dari AFPI, sehingga penagihan terjamin aman sesuai ketentuan kode etik.

9. Pengurus SPayLater Profesional dan Lolos Fit and Proper OJK

Direksi dan Komisaris Penyelenggara Fintech Lending Shopee PayLater yang terdaftar OJK telah memiliki pengalaman di Industri Jasa Keuangan, pada level manajerial. Bukan hanya berpengalaman, namun Direksi dan Komisaris perusahaan P2P juga sudah lolos Fit and Proper OJK.

10. Garasi Shopee PayLater Terjamin

Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan oleh Shopee atau agen yang berwenang untuk melindungi pembelian. Untuk melindungi terhadap risiko tanggung jawab, pembayaran untuk pembelian yang dilakukan kepada Penjual dengan menggunakan Layanan akan diselenggarakan oleh Shopee atau agen yang berwenang (Rekening Garansi Shopee).

KESIMPULAN

Dari informasi di atas, maka sudah sangat meyakinkan jika Shopee PayLater aman. Hal tersebut didukung dengan kebijakan privasi Shopee Pinjam yang telah mengikuti kebijakan dari OJK. Dengan demikian, SPayLater sudah pasti aman.

Karena sudah terjamin aman, maka tidak akan merugikan jika menggunakan layanan Shopee PayLater. Nah, mungkin hanya itu saja informasi dari proseskredit.com terkait apakah Shopee PayLater aman dan semoga penjelasan di atas memberikan manfaat.

Sumber gambar: admin proseskredit.com, ginee.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.