Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Akulaku vs SPayLater 2022 : Limit, Tenor & Bunga

Akulaku vs SPayLater Limit Tenor Bunga

Akulaku vs SPayLater – Seperti kita tahu bahwa penggunaan layanan PayLater saat ini kerap di pilih masyarakat untuk membeli barang impian ketika tabungan belum terkumpul. Ada banyak layanan PayLater yang tersedia, diantaranya adalah Akulaku dan SPayLater.

Kedua layanan PayLater itu memang yang terbaik diantaranya layanan serupa lainnya seperti Indodana PayLater, Kredivo dan LazPayLater. Apakah kalian merupakan pengguna dari salah satu layanan PayLater tersebut? Atau mungkin menggunakan dua-duanya, Akulaku dan SPayLater?

Jika demikian, kami bakal menjelaskan informasi terkait perbandingan antara Akulaku vs SPayLater mana yang lebih baik. Perbandingan tersebut bisa dilihat dari nominal limit kredit yang diberikan, tenor cicilan yang tersedia dan beberapa faktor lainnya.

Baik Akulaku maupun Shopee PayLater, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Oleh karena itu, berikut kami akan mengajak kalian untuk menentukan sendiri antara Akulaku vs Shopee PayLater mana yang lebih unggul.

Akulaku vs SPayLater

Akulaku vs SPayLater

Transaksi belanja menggunakan PayLater (Cicilan Tanpa Kartu Kredit) memang menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang, khususnya mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan, sehingga untuk beli barang impian perlu mengumpulkan uang cukup lama.

Disamping itu, dari sekian banyak layanan PayLater yang tersedia, Akulaku dan Shopee PayLater merupakan yang paling populer dan memiliki banyak pengguna. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, setiap pengguna pasti punya alasan kenapa memilih Akulaku atau SPayLater untuk memenuhi kebutuhan belanja Bayar Bulan Depan.

Bicara mengenai kedua PayLater tersebut, pada artikel ini kami ingin membandingkan antara Akulaku vs SPayLater. Dalam menentukan mana yang lebih bagus, kami menggunakan ketentuan pemberian limit, tenor, bunga dan Merchant yang diterapkan oleh Akulaku dan SPayLater.

Sebelumnya kami juga sempat membahas perbandingan antara Akulaku vs Kredivo, Dana Cicil Akulaku vs SPinjam dan beberapa layanan serupa lainnya. Sekarang, untuk menentukan mana yang layak menyandang predikat sebagai layanan PayLater terbaik antara Akulaku vs SPayLater kalian bisa melihat beberapa perbandingan di bawah ini :

1. Perbandingan Limit

Pertama, kita mengacu pada ketentuan limit atau nominal kredit yang ditawarkan Akulaku dan SPayLater. Untuk PayLater Akulaku menawarkan limit kredit hingga Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah). Syarat utama untuk mengajukan limit Akulaku adalah WNI berusia minimal 23 tahun, sudah bekerja dan memiliki penghasilan minimal 3 juta per bulan.

Namun limit tersebut tidak pasti diterima oleh pengguna Akulaku, dimana limit akan diberikan secara bertahap menyesuaikan Skor Kredit yang dimiliki pengguna. Sementara itu, untuk para pengguna baru hampir 80% akan menerima limit kredit antara 4 sampai 6 juta.

Sedangkan untuk ketentuan limit SPayLater hampir sama dengan Akulaku, yaitu minimal Rp. 750.000 dan maksimal Rp. 15.000.000. Pemberian limit juga dilakukan secara bertahap, tidak langsung memperoleh limit 15 juta (kecuali pengguna terpilih dengan kriteria khusus).

Sementara itu, untuk mengaktifkan SPayLater juga hanya bisa dilakukan oleh para pengguna Shopee yang menerima penawaran aktivasi layanan tersebut. Dengan begitu, para pengguna baru atau pengguna Shopee yang masih berada di level terendah belum bisa menikmati layanan SPayLater.

2. Perbandingan Tenor

Selanjutnya, kita juga bisa melihat dari segi tenor atau tipe pembayaran yang disediakan oleh Akulaku vs SPayLater. Jadi, dalam penggunaan layanan PayLater Akulaku kalian bisa memilih tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.

Pilihan tenor serupa juga diterapkan oleh pihak Shopee dalam pembelian barang menggunakan SPayLater. Disamping itu, perlu diketahui juga baik pengguna SPayLater maupun Akulaku, layanan ini memiliki ketentuan terkait nominal transaksi yang mendukung fitur cicilan (tenor 3 bulan ke atas).

Pada Akulaku, kalian bisa beli barang di Akulaku secara di cicil jika nominal transaksi lebih dari Rp. 300.000. Apabila transaksi belanja menggunakan limit Akucicil dilakukan di Merchant lain, baik itu Merchant Offline maupun Online, nominal transaksi harus diatas Rp. 500.000 baru bisa menggunakan fitur cicilan.

Dan perlu diketahui juga bahwa terkadang harga barang di Akulaku lebih mahal dibandingkan eCommerce lainnya. Belum lagi ada Toko yang mewajibkan pengguna untuk bayar DP mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Sedangkan di SPayLater, kalian bisa mencicil barang dengan harga mulai dari Rp. 50.000. Akan tetapi khusus pengguna SPayLater, perlu diketahui bahwa tidak semua Toko di Shopee mendukung pembayaran via SPayLater.

3. Perbandingan Bunga

Kemudian, dari segi Bunga yang diterapkan oleh Akulaku vs SPayLater juga bisa menjadi acuan dalam menentukan siapa yang lebih baik, Akulaku atau SPayLater. Jadi, untuk para pengguna Akulaku kalian bakal dikenai bunga sebesar 3% untuk semua tenor.

Sedangkan Shopee menerapkan Bunga yang lebih rendah untuk transaksi pakai limit SPayLater, yaitu sebesar 2.95%. Tapi sayangnya pengguna SPayLater bakal dikenai biaya layanan sebesar 1% dari nominal transaksi. Ketentuan ini berlaku untuk semua tenor pembayaran menggunakan Shopee PayLater.

4. Merchant Akulaku vs Shopee PayLater

Perbandingan terakhir antara Akulaku vs SPayLater adalah mengenai Merchant yang mendukung kedua layanan tersebut. Untuk saat ini Akulaku sudah menjalin kerjasama dengan beberapa Merchant Offline maupun Online, diantaranya :

  • Mi Store
  • Shopee.com
  • Bukalapak.com
  • Blibli.com
  • JD.id
  • Cekpremi.com
  • Hargadunia.com
  • Instanticket.com
  • Klik4it.com
  • Lapaktrip.com
  • Oktagon.com
  • Perkakasku.com
  • Thewatch.co
  • Cahayaagro.com
  • Lazada.com
  • Indomaret
  • Alfamart

Sedangkan untuk SPayLater bisa digunakan untuk belanja di aplikasi Shopee, dengan catatan Toko yang menyediakan barang sudah mendukung pembayaran via Shopee PayLater. Selain itu limit SPayLater juga bisa digunakan di semua Merchant Offline yang sudah mendukung pembayaran ShopeePay. Cara nya kalian cukup Scan QR lalu pilih metode pembayaran SPayLater.

KESIMPULAN

Jadi itu dia pembahasan dari Proseskredit.com mengenai Akulaku vs SPayLater. Jika melihat informasi perbandingan diatas, menurut kami SPayLater lebih unggul dibandingkan Akulaku, sebab SPayLater menawarkan limit sama, tenor sama tapi tidak pernah membebankan DP untuk setiap transaksi.

Meskipun SPayLater memiliki ketentuan biaya layanan 1% dari nominal transaksi, tetap saja masih lebih menguntungkan jika harus bayar DP sampai ratusan ribu. Selain itu, baik Akulaku maupun SPayLater, limit kredit yang dimiliki sama-sama bisa digunakan di Merchant Offline.

sumber gambar :

  • Tim Proseskredit.com
  • duniateknologi.net
Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *