Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Telat Bayar Tagihan YUP Paylater? Denda & Risiko

Telat Bayar Tagihan YUP Paylater

Telat Bayar Tagihan YUP Paylater – Kehadiran layanan YUP Paylater yang dihadirkan oleh aplikasi pembayaran multiguna yaitu Yup Card memang menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda. Banyak kemudahan yang bisa Anda rasakan dari layanan YUP Paylater.

Namun, kemudahan yang diberikan jangan sampai Anda salah gunakan dengan tidak bertanggung jawab melunasi pinjaman yang sudah digunakan. Ada risiko yang harus Anda tanggung jika telat apalagi sampai gagal bayar Paylater yang Anda pinjam di aplikasi pembayaran multiguna Yup Card.

Menggunakan limit YUP Paylater artinya telah menyepakati kontrak perjanjian pinjam meminjam dengan pihak YUP. Jika telat membayar tagihan YUP Paylater, maka Anda harus siap menerima konsekuensi dan risiko termasuk dibebankan biaya tambahan sebagai denda keterlambatan.

Telat bayar tagihan tentu menjadi sebuah kerugian, karena hal ini mengakibatkan tagihan Anda bertambah besar serta memiliki risiko lain yang lebih merugikan. Maka dari itu, sebagai peringatan agar tidak telat bayar tagihan YUP Paylater, di bawah ini kami sajikan beberapa risikonya.

Risiko Telat Bayar YUP Paylater

Risiko Telat Bayar YUP Paylater

Apapun alasannya, telat bayar bukanlah keputusan yang tepat. Dimana keterlambatan membayar tagihan YUP Paylater benar-benar merugikan, karena bukan hanya menyebabkan tagihan membengkak, namun memiliki risiko lain yang merugikan. Berikut beberapa risiko telat bayar YUP Paylater.

1. Kartu YUP Paylater Dibekukan

Risiko pertama yang harus Anda tanggung jika telat bayar Paylater adalah pembekuan YUP Card . Dimana ini menyebabkan limit kredit YUP Paylater tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di seluruh merchant. Tentu saja sangat merugikan, karena Paylater tidak lagi berfungsi.

Berapapun limit kredit YUP Paylater yang Anda miliki, tetap saja itu tidak bisa dipakai. Oleh sebab itu, sebagai pengguna bertanggung jawab, pastikan untuk selalu memperhitungkan penggunaan limit kredit Paylater sesuai kemampuan agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran tagihan.

2. Kehilangan Hak Periode Bebas Bunga

Selain YUP Card dibekukan, nasabah yang telat bayar tagihan akan kehilangan hak periode bebas bunga. Inilah salah satu keunggulan YUP Paylater, dimana setiap pengguna akan mendapatkan hak periode bebas bunga.

Namun karena telat bayar tagihan, maka hak periode bebas bunga tersebut tidak berlaku lagi. Jadi, berapun limit yang digunakan, maka nasabah tetap akan mendapatkan perhitungan bunga sesuai ketentuan pihak YUP.

3. Penggunaan Layanan Dibatasi

Selain beberapa risiko di atas, telat bayar tagihan YUP Paylater juga memungkinkan pengguna dibatasi dalam penggunaan layanan. Dimana pengguna tidak memiliki akses penuh semua layanan di aplikasi YUP Card.

Hal ini tentunya sangat merugikan, karena tidak semua layanan bisa diakses, termasuk saat akan melakukan perubahan data yang terdapat di dalam aplikasi. Maka dari itu sekali lagi pastikan tidak telat bayar Yup Paylater.

Denda Keterlambatan YUP Paylater

Denda Keterlambatan YUP Paylater

Selain akan diberi konsekuensi di atas, telat bayar YUP Paylater juga akan menyebabkan tagihan menjadi lebih besar karena adanya biaya tambahan berupa denda keterlambatan. Dengan demikian, tentu saja ini akan semakin memberatkan Anda mengingat tagihan menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Nasabah yang telat bayar tagihan YUP Paylater akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 1% dari jumlah penagihan. Dimana perhitungan besaran denda keterlambatan yang diberikan tidak lebih dari Rp. 100.000.- Jadi, telat 1 hari Anda tidak akan dikenai denda lebih dari Rp. 100.000.-

Perhitungan Denda YUP Paylater

Perhitungan Denda YUP Paylater

Nah, setelah mengetahui besaran denda telat bayar tagihan YUP Paylater, maka untuk lebih spesifik lagi Anda dapat langsung melakukan perhitungan. Dimana cara menghitung denda telat bayar tagihan YUP Paylater terbilang sangat mudah, karena tidak membutuhkan rumus yang rumit.

Misalnya, memiliki tagihan YUP Paylater sebesar Rp. 1.500.000,- dan Anda telat membayar tagihan selama 3 hari. Maka denda yang harus Anda bayar adalah

Denda = Rp. 1.500.000 × 1% = Rp. 15.000 per hari. Karena telat hingga 3 hari maka Rp. 15.000 × 3 = Rp. 45.000,- sehingga denda yang harus dibayar jika telat selama 3 hari adalah Rp. 45.000,-

Nah, itulah contoh perhitungan denda YUP Paylater, silahkan sesuaikan perhitungan di atas dengan tagihan Paylater yang Anda miliki.

Tanggal Jatuh Tempo YUP Paylater

Tanggal Jatuh Tempo YUP Paylater

Karena memang memiliki risiko yang merugikan, maka sangat disarankan untuk tidak terlambat membayar tagihan YUP Paylater. Jadi sangat dianjurkan untuk membayar tagihan tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo.

Lantas, kapan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan YUP Paylater? Untuk penetapan tangga jatuh tempo sendiri jika tanggal penagihan adalah tanggal 25 setiap bulan dan tanggal pelunasan adalah tanggal 5 bulan berikutnya, tanggal 5 setiap bulan akan digunakan untuk membayar semua transaksi yang terjadi antara tanggal 25 dua bulan sebelumnya dan tanggal 25 bulan sebelumnya.

KESIMPULAN

Melirik dari informasi pada artikel di atas, ada banyak kerugian yang akan didapat jika sampai telat bayar tagihan YUP Paylater. Maka dari itu, keterlambatan pembayaran benar-benar harus dihindari, mengingat ada risiko dan denda yang harus ditanggung. Sekian informasi dari proseskredit.com semoga bermanfaat.

Sumber gambar: rulontburton.com, pinhome.id, julo.co.id, suara.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.