Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Shopee Paylater Error ? Penyebab & Cara Mengatasi

Shopee Paylater Error

Shopee Paylater Error – E-Commerce Shopee memang menghadirkan layanan pembayaran paylater dengan tujuan memberi kemudahan pengguna untuk tetap bisa berbelanja meskipun belum memiliki uang. Dimana dengan Shopee Paylater pengguna bisa berbelanja online dan bayarnya bulan depan saat gajian ataupun dengan cara dicicil selama 3, 6 hingga 12 bulan.

Meskipun layanan Shopee Paylater memberikan kemudahan pengguna memenuhi kebutuhan, namun beberapa pengguna juga ada yang merasa tidak puas dengan sistem pembayaran ini. Dimana banyak pengguna kerap kali mengalami kendala ketika menggunakan Shopee Paylater, karena mendapati halaman SPaylater di aplikasi Shopee mengalami error.

Bagaimanapun, sebuah sistem yang diciptakan oleh manusia tidak ada yang sempurna, sehingga error sangat mungkin terjadi kapan saja. Shopee Paylater error memang sudah hal yang lumrah, ini bukanlah waktunya mengeluh kendala pada SPaylater, karena sejatinya error itu sendiri pasti ada sebabnya sehingga masih bisa pula diketahui cara untuk mengatasinya.

Memang benar error kerap kali terjadi pada layanan SPaylater dan banyak dialami pengguna, namun ini tidak selamanya akan terjadi karena pihak Shopee sendiri sampai saat ini masih terus meningkatkan layanan SPaylater tersebut. Nah, jika SPaylater error dialami Anda maka jangan terlalu khawatir, berikut adalah penyebab dan cara mengatasinya.

Indikasi Error Shopee Paylater

Ada beberapa indikasi error yang kerap kali dialami oleh pengguna, baik ketika masuk ke halaman SPaylater ataupun saat memilih metode pembayaran. Adapun beberapa error yang paling sering terjadi dan banyak dialami oleh pengguna SPaylater yaitu sebagai berikut.

  1. Tidak dapat masuk ke halaman Shopee Paylater.
  2. Tombol “Bayar” di menu pembayaran tagihan Shopee Paylater tidak bisa ditekan.
  3. Tidak dapat memilih metode pembayaran untuk membayar angsuran Shopee Paylater.
  4. Kode pembayaran tidak muncul setelah memilih metode pembayaran Shopee Paylater.

Nah, itulah beberapa indikasi error yang banyak dialami oleh pengguna. Dengan kendala-kendala tersebutlah yang menyebabkan Shopee Paylater tidak bisa digunakan, baik saat akan digunakan untuk membayar belanjaan online di Shopee ataupun ketika ingin membayar tagihan.

Hal ini tentu saja membuat akses Anda untuk menggunakan Shopee Paylater menjadi tersendat. Tentunya ini akan merugikan, apalagi jika Anda ingin mengakses Shopee Paylater untuk urusan pembayaran tagihan Shopee Paylater, pastinya sangat riskan terjadi keterlambatan.

Lalu, apa yang menyebabkan error tersebut terjadi pada halaman SPaylater Anda? Adapun penyebab error SPaylater bisa Anda lihat pada ulasan berikut.

Penyebab Shopee Paylater Error

Error yang terjadi pada layanan SPaylater, pastinya memiliki sebab yang jelas. Karena tidak mungkin juga Shopee Paylater tiba-tiba error tanpa ada sebab yang jelas, pasti ada masalah yang menyebabkan layanan Shopee tersebut mengalami kendala hingga tidak bisa diakses.

Ada beberapa penyebab yang sangat memungkinkan terjadinya error pada halaman SPaylater. Adapun penyebab SPaylater error yaitu sebagai berikut.

1. File Cache Aplikasi Menumpuk

Penyebab pertama mengapa Shopee Paylater bermasalah yaitu karena file cache (sampah) telah menumpuk. Perlu diketahui, bahwasanya cache aplikasi yang sudah terlalu banyak akan menimbulkan aplikasi mengalami error, bug, lemot, tidak responsif dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi ketika Shopee Paylater tiba-tiba mengalami kendala seperti tombol “Bayar” tidak bisa ditekan ataupun tidak bisa memilih metode pembayaran itu kemungkinan besar karena cache aplikasi Shopee sudah terlalu banyak. Jadi untuk mengatasinya yakni dengan menghapus cache.

2. Jaringan Error atau Gangguan Sistem

Seperti telah diketahui bersama, bahwasanya Shopee merupakan aplikasi belanja online. Itu artinya, semua hal di dalamnya termasuk mengakses fitur Shopee seperti Shopeepay, SPalater, SPinjam, Shopee Koin dan lainnya di akses secara online menggunakan koneksi internet.

Jadi ketika halaman Shopee Paylater tidak bisa dibuka, kemungkinan penyebabnya karena jaringan internet Anda sedang tidak stabil. Selain itu, SPaylater tidak bisa diakses juga bisa dikarenakan gangguan sistem.

Sistem aplikasi Shopee mengalami gangguan, membuat pengguna tidak dapat mengakses semua fitur di dalam aplikasi termasuk Shopee Paylater.

3. Aplikasi Belum Versi Terbaru

Penyebab lainnya ialah karena aplikasi Shopee belum update ke versi terbaru. Tahukah Anda, bahwasanya pembaharuan yang terjadi pada sebuah aplikasi ini sangat penting, dimana dengan adanya pembaharuan biasanya akan membuat aplikasi tersebut menjadi lebih cepat diakses, menghilangkan bug, penambahan fitur baru dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi ketika aplikasi Shopee Anda masih menggunakan versi lawas, maka bug, error dan kinerja masih belum mendapatkan peningkatan, alhasil semua fitur di dalam kerap kali terjadi kendala. Maka dari itu, perbarui aplikasi Shopee agar error dan bug pada Shopee Paylater menghilang.

Cara Mengatasi Shopee Paylater Error

Cara Mengatasi Shopee Paylater Error

Nah, jika error terjadi ketika Anda menggunakan Shopee Paylater, maka tak perlu khawatir karena hal itu masih bisa diatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error pada halaman SPaylater Anda.

Cara untuk mengatasi SPaylater error juga sangat mudah. Adapun cara mengatasi Shopee Paylater error, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sebagai langkah awal untuk menangani Shopee Paylater bermasalah yaitu memastikan koneksi internet Anda sedang stabil. Jika koneksi bermasalah, coba beralih dari koneksi Wi-Fi ke koneksi paket data ataupun sebaliknya.

2. Hapus Cache Aplikasi Shopee

Setelah jaringan internet stabil, selanjutnya silahkan hapus cache aplikasi Shopee. Lalu, bagaimana cara menghapus cache aplikasi Shopee? Caranya sangat mudah, Anda bisa menghapus cache via pengaturan ponsel ataupun dengan mengikuti langkah-langkah menghapus cache berikut ini.

  • Untuk Android : Pada halaman utama aplikasi Shopee, klik menu Saya > Pengaturan Akun > Informasi > Bersihkan Cache > Ya.
  • Untuk iOS : Masuk ke halaman Saya > Pengaturan Akun > Tentang > Hapus Cache.

Setelah itu, maka coba akses Shopee Paylater kembali. Jika tidak berhasil, maka silahkan lakukan cara selanjutnya untuk mengatasi Shopee Paylater error.

3. Restart Aplikasi dan Ponsel

Setelah menghapus cache aplikasi, selanjutnya silahkan tutup aplikasi Shopee terlebih dahulu. Lalu, restart HP Anda dan tunggu beberapa saat.

Setelah smartphone telah di restart, pastikan HP telah terhubung ke jaringan internet. Jika sudah, buka kembali aplikasi Shopee dan masuk ke halaman Shopee Paylater, maka biasanya akan langsung masuk serta bisa digunakan seperti sedia kala. Jika masih error, maka coba cara berikutnya.

4. Update Aplikasi Shopee

Setelah melakukan beberapa cara di atas, namun error belum juga teratasi. Maka coba periksa pembaruan versi aplikasi Shopee di Google Playstore ataupun App Store, apakah ada update aplikasi Shopee atau tidak.

Nah, jika ada update versi aplikasi Shopee terbaru, maka langsung saja update aplikasinya. Maka setelah update selesai, buka kembali Shopee, maka layanan Shopee Paylater sudah tidak bermasalah lagi seperti sebelumnya.

5. Install Ulang Aplikasi Shopee

Jika setelah diperiksa ternyata Shopee sudah menggunakan versi apk terbaru, namun Shopee Paylater tetap saja masih error. Maka solusi terakhir yakni menginstall ulang aplikasi Shopee Anda tersebut.

Pertama, logout terlebih dahulu akun Shopee Anda. Kemudian, uninstall aplikasinya dan install kembali aplikasi Shopee di Google Playstore maupun App Store. Setelah itu, tinggal login dengan akun Shopee Anda.

Beberapa pengguna telah mencoba cara terakhir ini dan terbukti berhasil mengatasi Shopee Paylater error. Jadi, ini patut untuk Anda coba.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi lengkap dari proseskredit.com terkait Shopee Paylater error beserta penyebab dan cara mengatasi. Sejatinya, sistem tentunya dapat mengalami error, namun error SPaylater tersebut masih bisa diatasi, sehingga bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Demikianlah informasi lengkap dari kami, semoga artikel di atas membantu Anda semua.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *