Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ KUR BCA Ditolak : Penyebab & Cara Mengatasi

KUR BCA Ditolak Penyebab Cara Mengatasi

KUR BCA Ditolak – BCA merupakan satu dari sekian banyak Bank terbaik di Indonesia. Selain memberikan pelayanan maksimal pada setiap nasabah, Bank BCA juga menawarkan berbagai macam pilihan produk Pinjaman, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat alias KUR.

Dalam menyelenggarakan program Pinjaman KUR tentu saja Bank BCA memiliki target pengguna dari kalangan pengusaha, baik dalam skala kecil maupun berskala besar. Sesuai dengan namanya, produk KUR BCA memang kerap dibutuhkan sebagai modal membangun usaha baru maupun mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

Bicara mengenai KUR BCA, setiap nasabah BCA yang ingin mendapatkan dana Pinjaman tersebut pastinya wajib melakukan pengajuan. Namun tidak semua berkas pengajuan KUR BCA disetujui, ada beberapa calon debitur yang mengaku pengajuan Kredit Usaha Rakyat ke Bank BCA ditolak.

Bagi kalian yang juga mengalami penolakan terkait pengajuan Pinjaman KUR di Bank BCA, berikut ini kami telah menyiapkan informasi lengkap tentang penyebab hingga cara mengatasi agar pengajuan berikutnya tidak ditolak.

KUR BCA Ditolak

KUR BCA Ditolak

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Bank BCA menyediakan produk KUR untuk para nasabah yang memiliki bisnis UMKM atau sejenisnya. Dengan cara mengajukan Pinjaman KUR BCA, nantinya nasabah bisa memanfaatkan limit Pinjaman yang diperoleh untuk mengembangkan bisnis yang dijalani.

Tapi seperti hal nya proses pengajuan KUR BNI, KUR Mandiri dan produk Pinjaman serupa dari Bank lainnya, disini Bank BCA juga menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh debitur. Apabila ada persyaratan yang tidak dipenuhi, maka pengajuan KUR BCA akan ditolak alias tidak cair.

Dengan begitu, alasan utama pengajuan Pinjaman KUR BCA ditolak adalah syarat yang tidak lengkap. Tapi dari sekian data persyaratan, ada beberapa diantaranya yang menjadi kunci pengajuan KUR BCA bisa cair. Lantas apa sih syarat kunci dari pengajuan KUR BCA supaya disetujui?

Penyebab Pengajuan KUR BCA Tidak Cair

Penyebab Pengajuan KUR BCA Tidak Cair

Jadi pada saat mengajukan Pinjaman KUR BCA pasti kalian bakal diminta melengkapi beberapa formulir pengajuan yang berisi data diri, informasi penghasilan, jenis agunan dan lain sebagainya. Nah, dari sekian data persyaratan yang diterapkan, Bank BCA akan lebih memperhatikan data debitur terkait nominal penghasilan, jenis agunan atau jaminan yang dimiliki, skor kredit dari hasil BI Checking hingga data verifikasi Biometrik.

Oleh karena itu, ketika pengajuan KUR BCA ditolak, kemungkinan besar terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :

1. Bisnis / Usaha Kurang Dari 6 Bulan

Pertama, pengajuan KUR BCA bisa saja ditolak apabila bisnis UMKM atau Usaha lain yang sedang dilakoni baru berjalan kurang dari 6 bulan. Dengan begitu, dari pihak Bank mungkin masih meragukan, apakah bisnis tersebut prospek atau tidak.

2. Penghasilan Per Bulan Tidak Memenuhi Kriteria

Kedua, bagi nasabah yang mengalami penolakan saat mengajukan Kredit Usaha Rakyat di Bank BCA juga bisa disebabkan karena nominal penghasilan per bulan tidak masuk kriteria sebagai penerima dana KUR. Hal ini mungkin bakal menyesuaikan jumlah limit yang diajukan.

Misal, data penghasilan per bulan kalian hanya Rp. 3.000.000 lalu mengajukan dana KUR sebesar Rp. 100.000.000. Jika demikian, pihak Bank BCA tentu tidak ingin mengambil resiko, karena pendapatan kalian jelas tidak mencukupi untuk bayar angsuran Pinjaman tersebut setiap bulannya. Sehingga Bank BCA akan menolak pengajuan Pinjaman KUR yang telah kalian kirim.

3. Riwayat Kredit Buruk

Ketiga, apabila KUR BCA ditolak juga bisa ditentukan dari hasil BI Checking. Ketika dilakukan pengecekan ternyata data kalian masuk ke dalam Blacklist (Daftar Hitam) karena sering terlambat bayar angsuran Pinjaman maupun produk Cicilan lainnya seperti kredit Sepeda Motor dan kredit barang Elektronik, maka pihak BCA jelas akan menolak pengajuan tersebut.

4. Berkas Jaminan Tidak Sesuai Dengan Nominal Pengajuan

Keempat, seperti kita ketahui bahwa setiap pengajuan KUR BCA, debitur wajib memiliki berkas jaminan berupa BPKB, sertifikat tanah dan bangunan dan beberapa berkas jaminan lain yang telah ditentukan. Disamping itu, nominal agunan yang bakal dipakai sebagai jaminan harus sesuai dengan nominal pengajuan.

Contoh, kalian menggunakan BPKB Sepeda Motor seharga Rp. 25.000.000 sebagai jaminan pengajuan KUR BCA nominal Rp. 500.000.000. Dengan begitu, antara berkas jaminan dan nominal pengajuan sangat tidak sebanding, sehingga pihak Bank BCA tidak bisa menerima pengajuan tersebut dan Pinjaman KUR BCA kalian bakal ditolak.

5. Memiliki Pinjaman Aktif di Bank Lain

Terakhir, pengajuan KUR BCA juga 100% bakal ditolak apabila kalian masih memiliki tanggungan Pinjaman di Bank lain yang bukan merupakan produk Pinjaman KUR. Ketentuan ini sudah dijelaskan pada proses pengajuan, baik via Online maupun Offline.

Bahkan ketika kalian tidak jujur dengan mengatakan bahwa kalian tidak memiliki Pinjaman aktif di Bank lain, nantinya data tersebut akan tertera ketika dilakukan pengecekkan di BI Checking. Jika sudah seperti ini, kemungkinan kalian akan di Blacklist sebagai debitur KUR BCA maupun pengajuan jenis Pinjaman Bank BCA lainnya.

Cara Mengatasi Gagal Mengajukan KUR Bank BCA

Cara Mengatasi Gagal Mengajukan KUR Bank BCA

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab pengajuan KUR BCA ditolak. Selanjutnya kalian pasti penasaran bagaimana cara mengatasinya agar pengajuan bisa tetap cair. Satu-satunya cara mengatasi masalah diatas adalah melakukan pengajuan ulang.

Namun sebelum melakukan proses tersebut, alangkah baiknya kalian perhatikan beberapa informasi dibawah ini :

1. Perbaiki Riwayat Kredit

Cara pertama adalah perbaiki riwayat kredit apabila pengajuan sebelumnya ditolak karena riwayat kredit buruk. Jadi, bagi kalian yang punya cicilan Sepeda Motor, cicilan Pinjaman Online maupun Offline dan tagihan angsuran lain, pastikan selalu bayar tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan. Apabila selama 3 bulan kalian tidak pernah mengalami keterlambatan bayar angsuran, maka riwayat kredit akan membaik sehingga pengajuan KUR BCA bisa diterima.

2. Lunasi Pinjaman di Bank Lain

Cara kedua, jika pengajuan KUR BCA ditolak karena kalian masih memiliki tanggungan Pinjaman di Bank lain, maka sebagai solusinya kalian harus melunasi Pinjaman tersebut. Jika sudah benar-benar bebas dari angsuran Pinjaman di Bank lain, selanjutnya kalian bisa melakukan pengajuan KUR BCA untuk mendapatkan limit Pinjaman.

3. Siapkan Berkas Agunan yang Sesuai Dengan Jumlah Pengajuan

Cara ketiga, sebelum mengajukan ulang dana Pinjaman KUR BCA, kami sarankan untuk menyiapkan berkas agunan yang sebanding dengan nominal kredit yang diinginkan. Jika sudah seperti itu, biasanya proses pengajuan KUR BCA bakal diterima dan cair.

4. Tunggu Sampai Bisnis / Usaha Sudah Berusia 6 Bulan

Terakhir, ketika KUR BCA ditolak karena usia bisnis yang dijalani kurang dari 6 bulan, maka untuk melakukan pengajuan ulang kalian perlu menunggu sampai memenuhi batas waktu tersebut. Setelah itu, coba lakukan pengajuan ulang KUR BCA.

Satu lagi, pada informasi penghasilan kami sarankan untuk mencantumkan nominal antara Rp. 5.000.000 sampai Rp. 10.000.000 per bulan. Dengan begitu, kemungkinan pengajuan KUR BCA sejumlah Rp. 50.000.000 sampai Rp. 100.000.000 bisa disetujui.

Namun tetap, hasil pengajuan KUR BCA mutlak ditentukan oleh Bank BCA berdasarkan data debitur. Maka dari itu, pastikan kalian telah memenuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku.

KESIMPULAN

Itulah penjelasan dari tim Proseskredit.com mengenai penyebab Pinjaman KUR BCA ditolak. Jadi, ada beberapa faktor yang menjadi alasan utama Pinjaman KUR BCA ditolak, salah satunya adalah debitur masih memiliki angsuran Pinjaman (selain KUR) di Bank lain.

Sementara itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa cara mengatasi masalah KUR BCA ditolak. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini bisa membantu kalian para nasabah Bank BCA yang sebelumnya pernah mengajukan dana KUR BCA tapi ditolak.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *