Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Akun AstraPay Terblokir ? Inilah 15 Cara Mengatasinya

Akun AstraPay Terblokir

Akun AstraPay Terblokir – AstraPay merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh anak perusahaan Astra Indonesia. AstraPay menjadi aplikasi dompet digital yang bisa digunakan untuk pembayaran berbagai transaksi mulai dari berbelanja online, membayar pajak hingga bayar cicilan kendaraan secara online cukup melalui smartphone saja.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi saja, akan tetapi AstraPay juga menyediakan layanan paylater yang diberi nama Maupaylater. Dengan demikian, maka pengguna bisa membeli sekarang bayarnya nanti ataupun membayar dengan sistem cicilan. Hal ini tentu saja sangat membantu, khususnya bagi mereka yang belum gajian atau memiliki uang.

Namun, untuk bisa menggunakan layanan paylater AstraPay, pengguna harus mengaktifkan limit paylater AstraPay terlebih dahulu, barulah bisa belanja bayar sekarang bayarnya nanti saat gajian. Walaupun menawarkan sejumlah kemudahan, akan tetapi beragam masalah juga muncul. Dimana beberapa pengguna mengalami masalah akun AstraPay yang terblokir.

Permasalahan akun terblokir mengakibatkan pengguna tidak dapat menggunakan ataupun mengakses dompet digital AstraPay untuk bertransaksi. Kondisi ini tentu saja membuat beberapa pengguna bingung dengan apa yang terjadi. Adapun untuk informasi lengkap terkait penyebab dan cara mengatasi akun AstraPay terblokir yaitu sebagai berikut ini.

Penyebab Akun AstraPay Terblokir

Penyebab Akun AstraPay Terblokir

Sebuah kondisi atau permasalahan yang terjadi pasti memiliki penyebab tersendiri. Ketika akun e-wallet ini terblokir tentu saja pengguna yang mengalaminya akan bertanya-tanya apa yang menyebabkan akun mereka terblokir? Ini adalah hal penting agar pengguna bisa mengatasinya.

Berbicara soal penyebab mengapa akun AstraPay terblokir ialah bisa dikarenakan oleh beberapa hal. Kebanyakan penyebab akun pengguna terblokir dikarenakan oleh kesalahan dari pemilik akun itu sendiri. Adapun beberapa hal penyebab akun AstraPay diblokir yaitu sebagai berikut.

1. Salah Memasukkan PIN AstraPay 3 kali Berturut-turut

Penyebab pertama mengapa akun pengguna bisa terblokir ialah karena salah memasukkan PIN pada saat login sebanyak 3 kali berturut-turut. Kesalahan inilah paling banyak dilakukan pengguna hingga berujung pemblokiran akun oleh sistem secara otomatis setelah salah input PIN 3x.

Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut biasanya terjadi karena pengguna lupa PIN AstraPay. Selain itu, salah input PIN juga bisa disebabkan karena Anda kurang teliti dalam memasukkan PIN. Asal Anda tahu, salah satu angka saja, maka sistem akan menolaknya.

Itulah sebabnya saat memasukkan PIN Anda harus teliti dan pastikan tombol angka yang dimasukkan sesuai dengan PIN Anda. Jadi ketika Anda lupa, maka sebaiknya jangan lanjutkan memasukkan PIN, tunggu dan ingat-ingat terlebih dahulu agar akun tidak terblokir oleh sistem.

2. Adanya Aktivitas Melanggar Syarat & Ketentuan

Penyebab lainnya mungkin juga bisa mengakibatkan akun terblokir ialah ada aktivitas atau transaksi yang melanggar syarat dan ketentuan. Perlu Anda ketahui, bahwa AstraPay memberikan syarat dan ketentuan kepada pengguna dan itu tidak diperbolehkan untuk dilanggar.

Jika kebijakan syarat dan ketentuan pihak AstraPay dilanggar oleh pengguna, maka pihak AstraPay berhak memblokir akun Anda tersebut tanpa adanya pemberitahuan kepada pengguna atas suatu alasan tertentu.

3. Atas Permintaan Sendiri

Penyebab berikutnya ialah karena atas permintaan nasabah sendiri. Mungkin saja karena memang sudah tidak ingin menggunakannya atau mungkin karena alasan keamanan data yang terdaftar di dalam AstraPay.

Kondisi lain mengapa pengguna ingin memblokir akunnya ialah karena akun Astrapay tersebut telah diretas (hack) oleh orang lain tidak bertanggung jawab. Demi keamanan data dan saldo, maka pengguna memutuskan untuk memblokir akun tersebut kepada pihak AstraPay.

4. Pemblokiran Sepihak Atas Permintaan PT Astra Digital Arta

Penyebab selanjutnya, mengapa akun AstraPay terblokir yaitu karena adanya pemblokiran sepihak atas permintaan PT Astra Digital Arta itu sendiri. AstraPay berhak memblokir akun milik pengguna secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan lebih jelas, baik secara sementara maupun permanen, namun tidak terbatas, atas kejadian-kejadian berikut ini.

  • Atas permintaan otoritas negara, instansi pemerintahan, atau otoritas penegak hukum berwenang.
  • Perintah pengadilan.
  • Jika pemilik akun melakukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, atau syarat dan ketentuan lainnya terkait penggunaan AstraPay.
  • Jika pemilik akun memberikan informasi data tidak benar atau menyesatkan atau palsu atau fiktif baik saat melakukan registrasi maupun saat melakukan transaksi keuangan dalam Aplikasi AstraPay.
  • Bila terdapat dugaan penyalahgunaan AstraPay untuk kegiatan melanggar hukum.
  • Laporan pemilik akun bahwa telepon seluler hilang atau telah dicuri atau telah diretas.
  • Alasan lain merugikan pemilik akun atau pihak AstraPay, termasuk tindakan curang dan tindakan penipuan, dan/atau
  • Saat sistem AstraPay menangkap pola transaksi keuangan mencurigakan.
  • Pihak lain melaporkan adanya tindakan mencurigakan dari akun tersebut disertai dengan bukti-bukti yang dianggap cukup untuk keperluan investigasi.
  • Berdasarkan penilaian dan kewenangan AstraPay itu sendiri atas validitas akun pengguna.

Cara Mengatasi Akun AstraPay Terblokir

Cara Mengatasi Akun AstraPay Terblokir

Cara mengatasi akun AstraPay terblokir dilakukan berdasarkan status pemblokiran itu sendiri. Mengatasi akun terblokir sementara dan permanen memiliki metode penyelesaian yang berbeda. Adapun untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengatasi Akun AstraPay Terblokir Permanen

Akun AstraPay diblokir permanen biasanya disebabkan karena melanggar syarat dan ketentuan. Untuk mengatasinya, jika akun AstraPay diblokir permanen, maka pengguna bisa menujukan bukti kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi. Anda bisa mengajukan keluhan pengguna sesuai dengan ketentuan langsung ke kantor PT Astra Digital Arta.

Setelah memeriksa keluhan Anda, maka pihak AstraPay akan menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun. Pemblokiran akun tidak akan diteruskan secara tidak wajar, jika pihak AstraPay memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.

Bagi akun yang terblokir permanen maka data informasi pengguna akan disimpan dalam arsip elektronik dalam jangka waktu sesuai ketentuan berlaku. Bagi kedua pihak, baik AstraPay ataupun pemilik akun, tetap harus taat pada syarat dan ketentuan berlaku sesuai peraturan undang-undang.

  • Alamat Kantor Pusat AstraPay : PT. ASTRA DIGITAL ARTA Menara Astra Lantai 56, Jalan Jenderal Sudirman Kav 5-6, Rt. 10 Rw. 11 Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta – 10220
  • Jam Operasional : buka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB

Mengatasi Akun AstraPay Terblokir Sementara

Sementara untuk akun AstraPay yang terblokir sementara, maka untuk mengatasinya bisa meminta permohonan atau pengajuan pembukaan atas blokir akun tidak permanen melalui layanan pengaduan Astrapay berikut ini.

  • Call Center AstraPay : 1500793
  • Email AstraPay : customercare@astrapay.com
  • WhatsApp AstraPay : 081511500793

Atas persetujuan pihak PT Astra Digital Arta dan setelah pemeriksaan lebih lanjut, maka pemblokiran bisa dibuka. Cara ini umumnya dilakukan jika akun terblokir karena salah input PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

Inilah langkah-langkah prosedur permohonan pembukaan pemblokiran akun sementara melalui email customercare@astrapay.com.

  1. Buka email di smartphone atau komputer Anda.
  2. Kemudian, isi kolom dari dengan alamat email Anda.
  3. Lalu, isi customercare@astrapay.com.
  4. Isi subjek dengan permintaan pembukaan blokir akun.
  5. Masukkan pesan email dengan bahasa Anda sendiri.
  6. Setelah itu, nantinya Anda akan mendapat email belasan berupa permintaan untuk mengirim data diri sesuai data yang terdaftar di AstraPay mulai dari nama lengkap, nomor HP, tanggal lahir, email terdaftar, jumlah saldo terakhir, transaksi terakhir, dan detail kendala.
  7. Untuk detail kendala silahkan jelaskan mengapa akun Anda bisa terblokir beserta penyebabnya.
  8. Nantinya, pihak AstraPay akan mengirim email kembali berupa solusi untuk membuka blokir akun Anda dengan menggunakan fitur lupa PIN.
  9. Lalu, silahkan buka aplikasi AstraPay dan klik fitur Lupa PIN.
  10. Masukkan, kode OTP yang dikirim melalui email.
  11. Kemudian, masukkan PIN sementara yang Anda dapatkan dari email AstraPay.
  12. Lalu, buat PIN AstraPay baru sebanyak 6 digit.
  13. Terakhir tinggal login menggunakan PIN baru. Selesai !!! kini akun AstraPay terblokir telah berhasil dibuka dan Anda pun bisa menggunakan AstraPay kembali.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi lengkap dari proseskredit.com terkait akun AstraPay terblokir lengkap beserta penyebab dan cara mengatasinya. Kondisi akun terblokir pada dasarnya disebabkan oleh faktor pengguna itu sendiri. Karena kesalahan dan pelanggaran pengguna itu sendirilah yang membuat akun terblokir. Sekiranya cukup sekian, semoga artikel di atas memberikan solusi.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *