Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan? Ini Solusinya

Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan

Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan – Menjadi pengguna aktif kartu kredit, tentu saja Anda memiliki kewajiban untuk membayar tagihan setiap bulannya. Besaran angsuran yang harus dibayar tergantung dari transaksi keuangan yang sudah dilakukan dengan kartu kredit tersebut.

Pembayaran kartu kredit harus dilakukan sebelum jatuh tempo, dimana jika Anda membayar tagihan kartu kredit setelah jatuh tempo maka akan dikenai bunga dan biaya keterlambatan pada bulan berikutnya. Hal tersebut pastinya akan menyebabkan tagihan kartu kredit bulan berikutnya membengkak.

Namun terkadang kendala muncul setelah melakukan pelunasan kartu kredit sebelum jatuh tempo, dimana tagihan yang sudah lunas masih ada. Kendala sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan banyak dialami oleh para pengguna aktif kartu kredit perbankan dan sangat mengkhawatirkan.

Sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan sangat memungkinkan terjadi pembayaran double dan jika itu terjadi maka akan sangat merugikan. Lantas, mengapa masih ada tagihan padahal sudah melakukan pembayaran? Adapun penjelasan selengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan

Penyebab Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, pastinya bertanya-tanya mengapa tagihan masih muncul padahal sudah dibayar lunas. Tak berbeda dengan kasus sudah bayar Kredivo tapi masih ada tagihan, penyebab permasalahan ini dapat disebabkan karena faktor internal maupun faktor eksternal.

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan kendala seperti ini terjadi. Buat yang belum tahu apa penyebab tagihan kartu kredit masih muncul, padahal sudah dibayar, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pembayaran Belum Diverifikasi

Penyebab pertama sudah bayar kartu kredit tapi tagihan masih muncul yaitu karena pembayaran yang Anda lakukan belum diverifikasi oleh pihak bank. Bank memerlukan waktu 3 × 24 jam hari kerja untuk memproses tagihan kartu kredit. Jadi jika tagihan masih ada, berarti itu belum terverifikasi.

2. Proses Pembayaran Gagal

Proses pembayaran tagihan tersendat menyebabkan tagihan kartu kredit Anda masih ada. Hal ini kemungkinan besar karena pembayaran tagihan kartu kredit yang Anda lakukan gagal, bisa jadi karena sistem pada metode pembayaran kartu kredit yang Anda gunakan sedang gangguan.

Umumnya penyebab ini Anda dapati ketika bayar kartu kredit lewat sistem pembayaran online seperti mobile banking atau internet banking atau mungkin melalui platform lain seperti e-commerce dan lain sebagainya.

3. Sistem Sedang Gangguan

Penyebab lain tagihan kartu kredit yang sudah lunas tapi masih ada tagihan yaitu karena sistem bank sedang gangguan. Hal ini dapat terjadi mungkin saja karena sistem pembayaran perbankan sedang maintenance, sehingga ada kendala terkait proses verifikasi pembayaran kartu kredit.

Cara Mengatasi Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan

Cara Mengatasi Sudah Bayar Kartu Kredit Tapi Masih Ada Tagihan

Meskipun sekarang ini pembayaran kartu kredit sudah dipermudah dengan berbagai metode pembayaran non tunai seperti melalui mobile banking atau internet banking, tapi kendala error dapat terjadi kapan saja. Sistem pembayaran kartu kredit juga tidak selamanya berjalan lancar.

Tak jarang masalah kegagalan pembayaran tagihan, hingga tagihan yang sudah dibayar masih muncul kerap kali terjadi. Bagi Anda yang mengalami kendala serupa yakni sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan, maka langsung saja lakukan beberapa tindakan seperti di bawah ini.

1. Hubungi Pihak Bank

Hal pertama yang harus Anda lakukan, jika sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan ialah dengan menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit yang bersangkutan. Anda bisa langsung datang ke kantor cabang atau menghubungi customer service melalui call center 24 jam masing-masing bank.

Nantinya, cukup jelaskan kepada customer service bahwa Anda telah melunasi tagihan kartu kredit dibuktikan dengan bukti pembayaran, namun tagihan masih ada. Nantinya pihak bank penerbit kartu kredit akan melakukan pemeriksaan terkait laporan yang Anda ajukan tersebut.

Apabila Anda telah terbukti sudah bayar kartu kredit, maka pihak bank penerbit kartu akan menginformasikan kepada Anda. Untuk permasalahan sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan yang muncul nantinya akan dibantu oleh pihak bank untuk menyelesaikan permasalahan Anda.

2. Periksa Kembali Pembayaran Kartu Kredit Anda

Periksa kembali pembayaran kartu kredit Anda, pastikan nomor kartu kredit yang dimasukkan dan nama pemilik kartu kredit saat melakukan pembayaran sudah sesuai. Pastikan Anda juga membayar penuh tagihan, dimana kemungkinan tagihan masih muncul karena Anda membayar sebesar 10% saja.

Mengingat bank penerbit kartu kredit umumnya menetapkan pembayaran minimum sebesar 10 persen dari total tagihan yang harus dibayar. Sehingga sudah bayar kartu kredit tapi masih ada tagihan yang muncul dikarenakan Anda belum melunasi seluruh total tagihan yang harus di bayar setiap bulannya.

Selain itu, pastikan juga bahwa pembayaran kartu kredit yang telah Anda lakukan sudah berhasil. Dimana mungkin saja bayar tagihan kartu kredit yang Anda lakukan lewat mobile banking atau internet banking statusnya gagal. Jadi pastikan pembayaran kartu kredit statusnya telah berhasil.

KESIMPULAN

Kasus seperti ini mungkin menimbulkan banyak pertanyaan, tapi jika Anda mengalaminya disarankan untuk tidak panik dan khawatir, cukup segera melapor ke pihak bank terkait kendala yang dialami. Mungkin hanya itu saja informasi dari proseskredit.com, semoga informasi di atas membantu.

Sumber gambar: Admin Proseskredit.com, money.kompas.com, lifepal.co.id

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *