Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Pengajuan OVO U Card Tidak Disetujui ? Begini 10 Cara Mengatasinya

Pengajuan OVO U Card Tidak Disetujui Begini Cara Mengatasinya

Pengajuan OVO U Card Tidak Disetujui – Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini fasilitas PayLater kerap menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin beli barang disaat kondisi finansial tidak memadai. Ada banyak pilihan PayLater yang tersedia, seperti Akulaku, Kredivo dan lain sebagainya.

Bicara mengenai fasilitas Kredit Online, belum lama ini OVO membuat sebuah inovasi terbaru bernama OVO U Card. Bagi yang belum tahu, OVO U Card merupakan sebuah produk hasil kerjasama antara OVO dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Cara kerja dari OVO U Card sendiri sama seperti fasilitas PayLater, yaitu melakukan transaksi dengan sistem pembayaran Tempo maupun Cicilan. Hanya saja untuk fasilitas ini setiap pengguna bakal menerima bentuk fisik berupa kartu dimana nantinya kartu tersebut bisa dipakai untuk transaksi di Merchant Offline.

Sementara itu penting diketahui bahwa setiap pengguna OVO yang memiliki OVO U Card wajib melakukan pengajuan terlebih dahulu. Namun apa jadinya ketika pengajuan OVO U Card tidak disetujui alias ditolak? Nah, terkait masalah tersebut dibawah ini kami telah menyiapkan penjelasan seputar penyebab hingga cara mengatasi pengajuan kartu kredit OVO tidak disetujui.

Pengajuan OVO U Card Tidak Disetujui

Pengajuan OVO U Card Tidak Disetujui

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap pengguna OVO yang ingin menikmati fasilitas OVO U Card terlebih dahulu perlu melakukan pengajuan. Untuk pengajuan atau daftar OVO U Card pengguna bisa melakukannya langsung dari aplikasi OVO.

Sebelum itu, dari pihak OVO juga menerapkan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar pengajuan bisa disetujui. Nah, untuk pengguna yang sudah melakukan pengajuan OVO U Card tapi tidak disetujui alias mengalami penolakan, besar kemungkinan tidak memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lalu apakah ketika pengajuan kartu kredit OVO tidak disetujui, pengguna bisa melakukan pengajuan ulang saat itu juga? Sayangnya mengenai hal tersebut pihak OVO menerapkan kebijakan khusus dimana setelah pengajuan ditolak, pengguna hanya bisa melakukan pengajuan ulang beberapa bulan setelahnya.

Penyebab Pengajuan OVO U Card Ditolak

Penyebab Pengajuan OVO U Card Ditolak

Mengenai alasan atau faktor penyebab pengajuan kartu kredit OVO ditolak informasi selengkapnya telah kami siapkan berikut ini. Beberapa faktor tersebut sebagian besar berasal dari syarat dan ketentuan yang tidak lengkap sehingga tidak memenuhi kriteria sebagai pengguna OVO U Card.

Bukan hanya itu, ketika pengajuan OVO U Card tidak disetujui juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti data pengecekkan di BI Checking, Foto Kartu Identitas dan penghasilan per bulan. Nah, supaya lebih jelas, langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Informasi Data Pribadi Tidak Valid

Penyebab pertama mungkin berasal dari informasi data pribadi seperti Tempat Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Alamat dan lain sebagainya tidak sesuai. Jika demikian, maka sistem akan menganggap data kalian palsu dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

2. Dokumen Foto (eKTP & Selfie Dengan eKTP) Tidak Jelas

Sedangkan untuk penyebab kedua adalah dokumen foto yang di unggah, baik foto eKTP maupun foto Selfie sambil memegang eKTP hasilnya Blur alias tidak jelas. Penting diketahui bahwa dokumen foto tersebut merupakan salah satu syarat kunci agar pengajuan OVO U Card disetujui. Maka dari itu, ketika data yang tertera di dokumen tersebut tidak jelas, besar kemungkinan pengajuan akan ditolak.

3. Memiliki Riwayat Kredit Buruk

Selain kedua faktor diatas, pengajuan OVO U Card juga tidak akan disetujui apabila kalian memiliki riwayat kredit buruk di layanan lain, baik PayLater, angsuran kendaraan, KPR maupun penggunaan kartu kredit dari Bank. Dalam proses pengajuan fasilitas ini nantinya pihak OVO akan melakukan cek data calon pengguna di BI Checking. Apabila riwayat kredit yang tertera di SID (Sistem Informasi Debitur) buruk, maka pengajuan akan ditolak. Biasanya riwayat kredit yang buruk disebabkan oleh sering mengalami keterlambatan bayar cicilan.

4. Mempunyai Lebih Dari 3 Kartu Kredit

Penyebab selanjutnya dari pengajuan OVO U Card tidak disetujui adalah karena kalian mempunyai lebih dari 3 kartu kredit. Perlu diketahui bahwa hal ini bisa menjadikan pihak OVO maupun Bank BRI ragu memberikan fasilitas OVO U Card. Sebab, banyaknya kartu kredit yang dimiliki kerap membuat pengguna mengalami keterlambatan bayar tagihan.

5. Penghasilan Per Bulan Kurang Dari 3 Juta

Terakhir, pengajuan OVO U Card mungkin juga tidak akan disetujui apabila penghasilan yang kalian miliki dibawah Rp. 3.000.000 per bulan. Sama seperti faktor sebelumnya, jika penghasilan per bulan dibawah rata-rata maka pihak OVO dan Bank BRI akan menolak pengajuan kartu kredit OVO karena tidak mau mengambil resiko sekaligus tidak mau memberatkan pengguna dalam membayar tagihan OVO U Card nantinya.

Cara Mengatasi Pengajuan Kartu Kredit OVO Tidak Disetujui

Cara Mengatasi Pengajuan Kartu Kredit OVO Tidak Disetujui

Setelah menyimak beberapa penyebab pengajuan OVO U Card tidak disetujui, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Sebelum itu perlu kalian ketahui bahwa pengajuan ulang OVO U Card tidak bisa dilakukan langsung setelah adanya penolakan dari pihak penyedia layanan.

Jadi, setiap pengguna OVO yang mengalami penolakan saat mengajukan OVO U Card hanya bisa melakukan pengajuan ulang 6 bulan setelahnya. Kemudian pada saat melakukan proses tersebut, kalian bisa menerapkan beberapa cara sebagai berikut guna mengantisipasi penolakan dan bisa segera melakukan aktivasi OVO U Card :

1. Periksa Informasi Data Diri

Cara pertama untuk mengatasi masalah penolakan saat pengajuan OVO U Card adalah memasukkan informasi data pribadi dengan benar dan sesuai. Kami sarankan untuk selalu memeriksa ulang setiap data yang tercantum di formulir pengajuan OVO U Card agar proses tersebut bisa disetujui.

2. Gunakan Kamera & Pencahayaan Optimal Ketika Upload Foto

Selain data, kalian juga perlu memperhatikan proses pengambilan foto eKTP maupun Selfie dengan eKTP. Dalam hal ini kalian perlu memastikan bahwa kondisi fisik eKTP masih bagus. Kemudian kami juga menyarankan untuk memakai kamera beresolusi tinggi serta pencahayaan yang terang agar hasil foto bisa maksimal dan terbaca oleh sistem.

3. Perbaiki Riwayat Kredit

Kemudian untuk cara ketiga dalam mengatasi pengajuan OVO U Card tidak disetujui adalah memperbaiki riwayat kredit di BI Checking. Cara ini berlaku bagi kalian yang mempunyai angsuran atau tagihan di layanan lain, pastikan setiap bulannya kalian selalu bayar tagihan tepat waktu supaya riwayat kredit membaik. Jika sudah, nantinya pada saat mengajukan limit OVO U Card tidak akan ditolak lagi.

4. Masukkan Nominal Penghasilan Diatas 5 Juta

Sementara itu, pada saat diminta memasukkan nominal penghasilan per bulan, coba input nominal diatas Rp. 5.000.000. Dengan demikian, kalian akan dianggap mampu untuk membayar tagihan OVO U Card jika nanti berhasil mendapatkan limit dari fasilitas tersebut.

5. Konfirmasi ke Pihak Call Center OVO dan Bank BRI

Terakhir, apabila pengajuan OVO U Card tidak disetujui karena kalian mempunyai banyak kartu kredit, maka silahkan konfirmasi ke Call Center OVO di nomor 1500 696 atau Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017. Sampai pada petugas bahwa kalian tidak keberatan dalam menggunakan kartu kredit OVO dan sanggup membayar tagihan setiap bulannya.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Proseskredit.com mengenai penyebab pengajuan OVO U Card ditolak. Selain itu, diatas kami juga menambahkan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut saat melakukan pengajuan ulang kartu kredit OVO. Ingat, pengajuan ulang OVO U Card dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak tanggal pengajuan pertama.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *