Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

12 Ciri-Ciri Penipuan di Kredit Pintar 2022 Modus & Antisipasi

Ciri Ciri Penipuan di Kredit Pintar 1

Ciri-Ciri Penipuan di Kredit Pintar – Kemudahan yang ditawarkan oleh Kredit Pintar membuat namanya semakin dikenal oleh banyak orang. Apalagi platform pinjaman online satu ini menawarkan pinjaman dana cepat cair dengan bunga yang rendah, wajar jika namanya semakin dikenal luas.

Nama besar Kredit Pintar dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan. Dimana ada banyak modus penipuan yang dilakukan dengan mengatasnamakan Kredit Pintar dalam meyakinkan para korban dengan menawarkan pinjaman online yang menggiurkan.

Banyaknya penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar mengakibatkan banyak orang ragu untuk mengajukan pinjaman dana tunai di Kredit Pintar. Agar tidak mudah percaya dengan penawaran pinjol yang menggiurkan, maka penting buat Anda mengenali ciri-ciri penipuan di Kredit Pintar.

Dengan mengenali ciri-ciri penipuan Kredit Pintar palsu, maka pengguna bisa terhindar dari tipuan orang tidak bertanggung jawab. Lantas, apa saja ciri-ciri Kredit Pintar palsu? Adapun untuk informasi lebih lengkap lagi, langsung saja simak penjelasan selengkapnya dari proseskredit di bawah ini.

Ciri-Ciri Penipuan di Kredit Pintar

Ciri Ciri Penipuan di Kredit Pintar

Ada banyak modus penipuan yang membawa nama Kredit Pintar dan mengaku bisa menyediakan dana pinjaman tanpa jaminan. Layanan pinjaman yang mereka tawarkan, sangat mirip dengan apa yang disediakan Kredit Pintar. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penipuan di Kredit Pintar.

1. Penawaran Pinjaman Terkesan Memaksa

Pinjaman abal-abal akan memberikan dana cepat melalui promosi lewat media sosial dan telepon. Mereka pun terkesan memaksa dan terus mendesak calon korban untuk menyetujui penawaran yang dibuat. 

2. Syarat Sangat Ringan dan Tidak Masuk Akal

Kredit Pintar legal umumnya memberikan syarat minimal KTP, berbeda dengan aplikasi bodong. Dimana tidak ada syarat khusus, biasanya hanya butuh nomor HP saja dana pinjaman sudah dapat dicairkan ke rekening.

3. Meminta Memberikan OTP

Kode OPT kerap kali menjadi incaran utama penipu untuk meretas akun Kredit Pintar korbannya. Perlu Anda ketahui bahwa OTP bersifat rahasia, sehingga jika ada penelepon yang mendesak Anda untuk memberikan OTP dengan menggunakan ancaman penyebaran data, segera tutup telepon itu.

4. Meminta Uang Muka

Jangan terburu-buru menerima tawaran pinjaman dana tunai dari Kredit Pintar, jika mereka meminta uang muka. Sudah dipastikan itu adalah pinjaman online abal-abal, karena Kredit Pintar legal tidak akan memintar uang muka.

5. Informasi Aplikasi Pinjaman Online Tidak Valid

Mengingat Kredit Pintar telah terdaftar di OJK, sehingga informasi identitas perusahaan sangat jelas, mulai dari situs resmi, alamat kantor pusat hingga email atas nama perusahaan. Jika kejelasan identitas perusahaan tersebut tidak tersedia, maka dapat dipastikan itu adalah penipu.

6. Prosedur Pelunasan melalui Rekening Pribadi

Perusahaan fintech Kredit Pintar yang legal pastinya sudah memiliki sistem pembayaran yang sudah terintegrasi. Akun palsu yang mengatasnamakan Kredit Pintar biasanya akan menghubungi nasabah dan meminta nasabah untuk melunasi pinjaman melalui rekening atas nama pribadi.

7. Meminta Informasi Pribadi

Penipu Kredit Pintar tidak segan meminta informasi pribadi seperti nomor identitas dan bahkan nama Ibu Kandung hingga pin ATM. Kredit Pintar resmi tidak akan meminta data pribadi, jadi waspadalah dengan hal itu.

8. Link Pishing Berisi Penawaran Promo / Hadiah Menarik

Ciri-ciri berikutnya adalah Link Pishing yang menyatakan suatu misi bagi pengguna dengan iming-iming hadiah berupa uang tunai dari Kredit Pintar. Link semacam ini bisa saja muncul kapan saja tanpa bisa di prediksi.

Namun yang perlu diketahui setiap misi berhadiah dari Kredit Pintar hanya bisa kalian temui pada aplikasi. Jika penawaran berasal dari Link tidak jelas, maka bisa dipastikan hal tersebut merupakan upaya penipuan.

9. Pengembalian dana

Modus penipuan ini ialah penipu akan mengirimkan email menggunakan alamat email bodong yang mengatasnamakan Kredit Pintar dan memberitahukan pinjaman telah masuk ke rekening dengan nominal lebih banyak.

Dengan begitu, korban akan diminta untuk melakukan pengembalian kelebihan nominal tersebut dengan metode transfer ke rekening pemilik atas nama pribadi. Modus seperti ini dapat dipastikan sebagai upaya penipuan.

Cara Mengantisipasi Penipuan Kredit Pintar

Cara Mengantisipasi Penipuan Kredit Pintar

Setelah menyimak deretan ciri-ciri penipuan di Kredit Pintar, sekarang kami bakal menjelaskan bagaimana cara mencegah atau menghindari penipuan dengan modus seperti di atas. Untuk Informasi selengkapnya, langsung saja Anda simak ulasan mendalam di bawah ini.

1. Jangan Pernah Merespon Penawaran Pinjaman

Jangan pernah sekalipun merespon atau menanggapi penawaran pinjaman bunga 0% yang mengatasnamakan pihak Kredit Pintar. Sudah jelas, pihak Kredit Pintar tidak akan pernah melakukan hal tersebut pada pengguna, karena semua produk pinjaman hanya tersedia di aplikasi.

2. Jangan berikan OTP yang Masuk Dari Aplikasi Apapun

Jangan berikan OTP yang masuk dari aplikasi apapun kepada siapapun. Sekalipun itu pihak yang mengaku sebagai CS dari suatu layanan untuk meminta kode OTP, abaikan saja perintahnya, karena itu adalah penipu.

3. Hubungi Call Center Kredit Pintar

Terakhir, jika mengalami indikasi penipuan, segera lakukan panggilan ke call center Kredit Pintar untuk melaporkan kasus tersebut. Dengan demikian, dari pihak keamanan Kredit Pintar akan melacak data pelaku untuk kemudian memblokirnya.

Nah, jika Anda mendapat penawaran pinjaman tunai Kredit Pintar melalui media sosial atau email, pastikan akun media sosial Kredit Pintar memiliki tanda centang biru. Berikut adalah akun sosial media resmi Kredit Pintar.

  • Facebook : Kredit Pintar
  • Twitter : @KreditPintar
  • Instagram : KreditPintar
  • Email Kredit Pintar: cs@kreditpintar.com

KESIMPULAN

Sebenarnya ciri-ciri penipuan di Kredit Pintar sendiri tidak berbeda jauh dengan ciri-ciri penipuan di Akulaku atapun platform pinjaman online lainnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah metode penawaran pinjaman itu sendiri. Dimana aplikasi resmi hanya menawarkan pinjaman langsung dari aplikasi, jika ada penawaran di luar aplikasi sebaiknya abaikan saja. Mungkin hanya itu saja informasi dari proseskredit.com dan semoga informasi pada artikel di atas bermanfaat.

Sumber gambar: admin proseskredit.com, humorbendol.com, twitter.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.