Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

13 Cara Menonaktifkan Gojek PayLater Untuk Selamanya

Cara Menonaktifkan Gojek PayLater Untuk Selamanya

Cara Menonaktifkan Gojek PayLater – Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini layanan PayLater memang memberi dampak positif bagi masyarakat. Ada banyak penyedia jasa atau aplikasi PayLater, seperti Akulaku, Kredivo dan Indodana. Selain mereka, kini PT Gojek Indonesia juga menyediakan fasilitas serupa yang diberi nama Gojek PayLater.

Sebagai pelanggan di aplikasi Gojek, mungkin banyak dari kalian yang sudah menerima penawaran untuk mengaktifkan Gojek PayLater (GoPayLater). Dengan adanya limit GoPayLater kalian bisa melakukan transaksi di aplikasi Gojek dengan sistem Bayar Nanti.

Meskipun demikian, ternyata beberapa pelanggan Gojek yang sudah mengaktifkan limit tersebut justru ingin berhenti menggunakan fasilitas Gojek PayLater. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya adalah terkait biaya administrasi yang relatif mahal.

Bagi kalian para pengguna Gojek PayLater yang juga ingin menonaktifkan fasilitas tersebut, kami bakal menjelaskan bagaimana tata cara melakukannya. Selain itu, kami juga punya informasi seputar keuntungan hingga kerugian menonaktifkan Gojek PayLater yang bisa kalian simak dibawah ini.

Syarat Menonaktifkan Gojek PayLater

Syarat Menonaktifkan Gojek PayLater

Setiap pelanggan Gojek yang sudah melakukan upgrade akun menjadi GoPay Plus biasanya akan langsung menerima penawaran untuk mengaktifkan limit Gojek PayLater. Seperti kami singgung diatas bahwa limit GoPayLater yang berhasil diterima nantinya bisa dipakai untuk berbagai transaksi di aplikasi Gojek, mulai dari pesan GoFood, GoCar, GoCar hingga bayar tagihan melalui menu GoBills / GoTagihan.

Meskipun fasilitas ini dirasa cukup membantu para pelanggan Gojek, khususnya disaat kondisi finansial sedang tidak memadai, tapi ternyata ada saja pengguna yang justru ingin menonaktifkan Gojek PayLater. Biasanya hal tersebut didasari oleh beberapa faktor berikut ini :

  • Biaya administrasi terlalu mahal
  • Tidak mendukung transaksi di semua eCommerce
  • Limit terlalu kecil dan susah bertambah
  • Sudah tidak ingin menggunakan fasilitas Gojek PayLater

Terlepas dari apapun alasan yang dimiliki, apabila pengguna Gojek ingin menonaktifkan GoPayLater maka wajib memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

1. Melunasi Semua Tagihan

Syarat pertama adalah semua tagihan Gojek PayLater yang dimiliki pengguna pada bulan tersebut harus sudah dilunasi. Apabila terdapat keterlambatan, maka pengguna juga harus membayarkan denda keterlambatan sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Menonaktifkan Pembayaran Otomatis Melalui GoPayLater

Syarat kedua, jika telah mengaktifkan fitur pembayaran otomatis menggunakan Gojek PayLater, pengguna juga harus menonaktifkan fitur itu terlebih dahulu. Biasanya fitur semacam ini diterapkan pada pembayaran tagihan bulanan seperti Listrik, PDAM, Internet dan lain sebagainya.

3. Mengembalikan Semua Limit

Syarat ketiga adalah memastikan semua limit Gojek PayLater yang diterima telah kembali sepenuhnya. Jadi, untuk menonaktifkan Gojek PayLater pengguna tidak boleh memiliki tagihan yang belum dibayarkan. Artinya, selain melunasi semua tagihan yang sudah mendekati tanggal jatuh tempo, pengguna juga wajib melunasi semua tagihan meskipun tanggal jatuh tempo masih jauh sampai limit benar-benar utuh.

Cara Menonaktifkan Gojek PayLater

Cara Menonaktifkan Gojek PayLater

Setelah menyimak beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menonaktifkan Gojek PayLater, sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan yaitu bagaimana cara menonaktifkan GoPayLater di aplikasi Gojek. Sebelum itu, kami punya informasi tambahan mengenai aktivitas tersebut.

Jadi pada aplikasi Gojek sendiri tidak menyediakan menu khusus untuk menonaktifkan limit Gojek PayLater. Meskipun demikian, bagi kalian yang sudah benar-benar tidak ingin memakai fasilitas tersebut, kami punya cara tersendiri untuk menonaktifkan Gojek PayLater.

Disini kalian hanya perlu mengganti fasilitas pembayaran yang tadinya menggunakan Gojek PayLater dengan metode pembayaran GoPay, Transfer Bank dan lain sebagainya. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak tata cara selengkapnya dibawah ini :

1. Buka Aplikasi Gojek

Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Gojek di smartphone.

2. Masuk ke Menu Eksplor

Masuk ke Menu Eksplor

Lalu pada halaman utama langsung saja masuk ke menu Eksplor.

3. Pilih Pengaturan

Pilih Pengaturan

Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan pilih saja menu Pengaturan.

4. Atur Metode Pembayaran

Atur Metode Pembayaran

Setelah itu ketuk Atur Metode Pembayaran.

5. Tentukan Metode Pembayaran

Tentukan Metode Pembayaran

Pada halaman berikutnya kalian tinggal menentukan cara pembayaran utama yang ingin dipakai pada setiap transaksi di aplikasi Gojek.

6. Pilih Jadiin Utama

Pilih Jadiin Utama

Selanjutnya geser toggle aktivasi Jadiin Utama untuk mengaktifkan cara tersebut sebagai metode pembayaran utama di aplikasi Gojek.

7. Berhasil Menonaktifkan GoPayLater

Berhasil Menonaktifkan GoPayLater

Sampai disini fasilitas Gojek PayLater sudah tidak menjadi metode pembayaran utama sehingga secara tidak langsung kalian sudah berhasil menonaktifkan fasilitas pembayaran GoPayLater di aplikasi Gojek.

Keuntungan Berhenti Menggunakan GoPayLater

Keuntungan Berhenti Menggunakan GoPayLater

Sementara itu, sesuai janji diatas bahwa ketika memilih untuk menonaktifkan Gojek PayLater, kalian bakal menerima beberapa keuntungan, antara lain :

1. Tidak Lagi Memikirkan Tagihan

Pertama, jika sudah tidak lagi menggunakan GoPayLater artinya kalian juga tidak akan mempunyai tagihan yang harus dilunasi setiap bulannya. Dengan demikian, kalian bisa lebih mengatur keuangan bulanan untuk keperluan lain.

2. Memaksimalkan Perolehan Promo

Kedua, dengan memilih menonaktifkan Gojek PayLater dan menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran utama, maka kalian berkesempatan mendapatkan promo menarik dari Gojek khusus untuk pembayaran via GoPay. Promo tersebut bisa berupa Cashback hingga Diskon pesan GoFood maupun bayar tagihan.

3. Mengontrol Kecanduan Belanja Online

Terakhir, dengan tidak adanya lagi fasilitas GoPayLater di Gojek maka kalian bisa lebih menahan diri dari kecanduan belanja Online. Seperti kita ketahui bahwa limit Gojek PayLater bisa digunakan untuk belanja di Tokopedia. Apabila tidak segera di nonaktifkan, maka selama limit masih tersedia kalian bisa Checkout barang apa saja di Tokopedia meskipun sedang tidak punya uang.

Kerugian Berhenti Menggunakan GoPayLater

Kerugian Berhenti Menggunakan GoPayLater

Ada keuntungan, tentu ada juga kerugian. Setelah melakukan tata cara untuk menonaktifkan Gojek PayLater dan tidak lagi menggunakannya selama lebih dari 169 hari, maka limit GoPayLater tidak bisa digunakan alias terkunci. Hal ini tentu menjadi suatu kerugian apabila di kemudian hari kalian berubah pikiran untuk menggunakan lagi fasilitas Gojek PayLater, baik itu untuk beli barang, pesan makanan maupun bayar tagihan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Proseskredit.com mengenai cara menonaktifkan Gojek PayLater di aplikasi Gojek. Jadi sebenarnya cara diatas hanyalah sebuah trik agar pengguna tidak lagi menggunakan limit GoPayLater untuk transaksi. Meskipun demikian, ketika lebih dari 5 bulan limit tidak digunakan, maka dari pihak Gojek bakal mengunci limit tersebut sementara waktu maupun untuk selamanya.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.