Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian? Ini Barangnya!

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian – Gadai? Mungkin jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang secara cepat. Gadai sendiri bisa berupa barang bergerak, surat berharga sebagai agunan sebuah pinjaman.

Salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang bergerak dibidang gadai-menggadai barang adalah PT Pegadaian (Persero). Sudah banyak masyarakat kita mempercayai gadai di Pegadaian, selain aman dan terjamin proses juga cepat.

Sebenarnya barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian yang terpenting memiliki nilai jual. Namun ada pula beberapa barang yang tidak bisa digadaikan di Pegadaian seperti barang mudah busuk, barang terlarang dan barang berbahaya.

Nah bagi Anda yang berniat untuk gadai barang di Pegadaian tentu bertanya-tanya apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian? Jika iya, pada pembahasan kali ini kami akan berikan informasi apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian.

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Pegadaian jadi salah satu lembaga keuangan yang bisa membantu untuk mendapat uang pinjaman dengan proses mudah. Menurut informasi yang kami dapatkan dari laman resmi Pegadaian, apa saja barang yang bisa digadaikan di Pegadaian antara lainnya:

1. Emas

Pertama ada emas. Emas yang menjadi komoditas berharga dengan bersifat universal menjadikan emas jadi salah satu jenis barang yang cukup umum dan banyak digadaikan dalam melakukan pinjaman di Pegadaian.

Untuk jenis-jenis emas yang bisa digadaikan antara lain seperti koin emas, emas batangan, perhiasan emas atau emas dinar. Tidak hanya itu, perhiasan berlian juga bisa digadaikan di Pegadaian untuk mendapatkan uang.

2. Barang Elektronik

Kedua ada barang elektronik. Barang elektronik yang memiliki nilai jual seperti televisi, ponsel, kulkas, komputer, kamera dan laptop bisa digunakan sebagai agunan untuk pinjaman di Pegadaian.

Nantinya barang elektronik yang digadaikan bisa menjadi barang agunan. Pinjaman dana atau uang akan melihat dari barang elektronik yang digadaikan dengan melihat dari kondisi barang tersebut.

Jika barang yang digadaikan mahal dan kondisi bagus, maka peluang uang pinjaman bisa didapatkan lebih tinggi. ada hal penentu nilai besaran barang yang digadaikan yaitu memiliki faktur pembelian dan tidak pernah rusak.

3. Sertifikat

Ketiga ada sertifikat. Pegadaian menerima gadai sertifikat berharga, misal saja seperti sertifikat tanah dan rumah. Nantinya untuk nilai pinjaman dari menggadaikan sertifikat tanah ditentukan dari nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan strategis posisi tanah.

Selain itu sertifikat tanah atau rumah yang digadaikan akan memiliki nilai pinjaman lebih besar. Namun kembali lagi melihat dari luas tanah dan rumah yang menjadi jaminan pinjaman di Pegadaian.

4. Alat Pertanian & Perikanan

Keempat ada alat-alat pertanian dan perikanan. Terdapat beberapa alat pertanian dan perikanan yang bisa digadaikan karena nilai jual tergolong tinggi misal gergaji mesin, mesin pompa air, mesin diesel kapal, dan traktor tangan.

Nantinya para nelayan dan petani yang membutuhkan modal tambahan sebagai modal usaha bisa menggadaikan alat-alat tersebut. Namun, dipastikan jika alat-alat tersebut nantinya sudah tidak dipergunakan lagi oleh orang yang menggadaikan.

5. Kendaraan

Kelima ada kendaraan. Kendaraan yang bisa digadaikan di Pegadaian mulai dari motor atau mobil. Nantinya kendaraan yang bisa digadaikan dilihat dari jenis, spesifikasi, dan usia kendaraan yang digadaikan.

Di mana nantinya setiap orang dapat menggadaikan kendaraan di Pegadaian dengan menyertakan surat-surat kendaraan mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan faktur pembelian.

6. Surat Berharga

Keenam ada surat berharga. Apa yang dimaksud surat berharga atau efek di sini berupa saham dan obligasi. Gadai efek menjadi layanan pemberian pinjaman dengan jaminan berupa saham dan obligasi tanpa warkat (Scriptless).

Untungnya lagi, pinjaman dengan surat berharga ini hanya bisa dilakukan pada surat berharga yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek di Indonesia saja. Sehingga dapat dipastikan memiliki nilai jual.

Kesimpulan

Melihat dari pembahasan yang kami sajikan di atas, bisa dikatakan ada beberapa yang bisa digadaikan di Pegadaian. Mulai dari emas, barang elektronik, sertifikat, kendaraan dan lainnya. Uang pinjaman dengan jaminan gadai tersebut akan melihat nilai dari jaminan yang digadaikan.

Jika berniat ingin gadai barang di Pegadaian bisa dikatakan caranya sangat mudah. Anda bisa melakukan gadai laptop, emas, sertifikat, kendaraan dan lainnya di Pegadaian dengan cara mendatangi outlet terdekat dengan membawa semua syarat ketentuan.

Demikian informasi dapat proseskredit.com sampaikan mengenai apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian. Semoga dengan adanya pembahasan barang apa saja yang bisa digadaikan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.

Sumber Gambar : proseskredit.com

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *