Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Apa Itu Refund Gopay PayLater 2022 : Syarat & Cara Klaim

Apa Itu Refund Gopay PayLater Syarat Cara Klaim

Apa Itu Refund Gopay PayLater – Gopay merupakan fasilitas Dompet Digital yang tersedia di aplikasi Gojek. Melalui fasilitas tersebut, para pengguna bisa lebih dalam melakukan transaksi, seperti layanan GoCar dan GoRide maupun layanan pesan antar seperti GoFood, GoShop, GoMart dan GoSend.

Sementara itu, bagi para pengguna beruntung juga bisa memperoleh penawaran untuk aktivasi Gopay PayLater. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan transaksi di aplikasi Gojek melalui sistem pembayaran PayLater (Bayar Nanti).

Mungkin banyak dari kalian para pelanggan setia Gojek yang sudah mengaktifkan limit Gopay PayLater. Jika demikian, tahukah kalian bahwa belakangan ini ada beberapa pengguna yang kehilangan saldo Gopay PayLater secara tiba-tiba? Padahal mereka tidak merasa melakukan transaksi menggunakan limit tersebut.

Nah, bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, Gojek kini telah menyediakan fitur Refund Gopay PayLater. Bagi yang belum apa itu Refund Gopay PayLater bisa langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah beserta syarat dan cara pengajuan Refund Gopay PayLater.

Apa Itu Refund Gopay PayLater

Apa Itu Refund Gopay PayLater

Hadirnya fasilitas Gopay PayLater di aplikasi Gojek tentu memberi banyak manfaat bagi para pengguna. Bagaimana tidak, melalui limit Gopay PayLater yang dimiliki para pengguna bisa tetap memesan layanan Gojek tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Setiap kali melakukan pembayaran layanan Gojek pakai GoPayLater, saldo yang dimiliki tentu bakal terpotong sesuai dengan jumlah tagihan. Namun apa jadinya ketika tidak ada riwayat transaksi pakai GoPayLater tapi saldo berkurang sendiri?

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh adanya kasus peretasan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Disini kita samping kan dulu penyebab hilangnya saldo Gopay PayLater secara misterius. Seperti kami singgung diatas bahwa Gojek punya fitur khusus bernama Refund Gopay PayLater (Jaminan Saldo Kembali).

Apa itu Refund Gopay PayLater? Jadi fitur ini yang bakal memungkinkan pengguna untuk mengajukan pengembalian saldo Gopay PayLater yang hilang tanpa adanya riwayat transaksi. Disamping itu, fitur Gopay PayLater hanya bisa digunakan untuk beberapa kasus sebagai berikut :

1. Brute Force

Apa itu Brute Force? Kasus ini merupakan hilangnya saldo Gopay maupun GoPayLater secara paksa. Biasanya kasus ini disebabkan oleh Hacker yang meretas akun Gojek pengguna. Selain itu, kasus Brute Force juga kerap ditandai dengan GoPayLater tidak bisa digunakan.

2. Phone Loss

Selain itu ada juga kasus Phone Loss. Kasus ini merupakan hilangnya saldo karena smartphone pengguna yang dipakai untuk mengakses layanan Gojek hilang dimana kemudian saldo GoPayLater disalahgunakan oleh orang yang menemukan.

3. Pelayanan Driver Tidak Sesuai

Kemudian fitur Refund Gopay PayLater juga bisa digunakan apabila pelayanan Driver Gojek tidak sesuai, seperti Driver tidak mengantarkan pesanan GoFood, GoSend, GoMart dan sejenisnya. Atau Driver Gojek tidak melakukan penjemputan di titik lokasi pengguna GoRide, GoCar maupun GoBluebird.

Syarat Mengajukan Klaim Refund GoPayLater

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa itu Refund GoPayLater, pastinya kalian juga ingin tahu bagaimana mengajukan klaim Refund saldo GoPayLater yang telah hilang. Sebelum itu, untuk menggunakan fitur Refund terlebih dahulu kalian perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut :

1. Sudah Menjadi Pengguna GoPay Plus

Pertama, pastikan kalian sudah melakukan upgrade akun ke GoPay Plus. Meskipun hal tersebut seharusnya sudah dilakukan saat mengaktifkan GoPayLater, tapi ada beberapa akun yang menerima penawaran khusus untuk aktivasi akun Gojek PayLater sehingga tidak perlu melakukan upgrade akun ke GoPay Plus. Jika demikian, kalian bisa melakukan upgrade akun melalui aplikasi Gojek.

2. Sudah Mengaktifkan PIN GoPay

Kedua, pastikan juga kalian sudah mengaktifkan fitur PIN di GoPayLater sebelum kasus kehilangan saldo terjadi.

3. Menyiapkan Foto / Screenshot Bukti Kasus

Ketiga, siapkan screenshot bukti kasus berupa total saldo GoPayLater yang tidak sesuai dengan riwayat transaksi.

4. Kasus Kehilangan Saldo Belum Lebih Dari 60 Hari

Keempat, pengajuan klaim Refund Gopay PayLater hanya bisa dilakukan paling lambat 60 hari setelah kasus terjadi. Jika lebih dari 60 hari (2 bulan) maka pengajuan tidak akan disetujui.

Cara Klaim Refund Saldo GoPayLater

Cara Klaim Refund Saldo GoPayLater

Apabila semua syarat dan ketentuan diatas sudah dipenuhi, selanjutnya mari kita bahas bagaimana proses pengajuan klaim Refund Gopay PayLater. Sebelum itu penting diketahui bahwa pengajuan klaim mungkin membutuhkan waktu beberapa hari.

Sebab nantinya ketika data pengajuan telah dikirim, dari pihak Gojek bakal melakukan verifikasi terlebih dahulu. Apabila benar terjadi hal-hal yang merugikan pengguna, baru saldo yang hilang akan dikembalikan ke akun pengguna. Berikut ini telah kami siapkan langkah-langkah klaim Refund Gopay PayLater (Jaminan Saldo Kembali) :

1. Buka Browser

Buka Browser

Langkah pertama silahkan buka browser di smartphone lalu kunjungi tautan berikut “Jaminan Saldo Gopay Kembali” lalu scroll kebawah dan klik Kamu bisa ajukan klaim disini.

2. Tentukan Penyebab

Tentukan Penyebab

Setelah itu kalian bakal dialihkan ke halaman Jaminan Saldo Gopay Kembali di aplikasi Gojek. Selanjutnya silahkan pilih atas nama pelapor (Pribadi / Orang Lain). Tentukan juga penyebab saldo hilang (Pembajakan Akun / HP Hilang).

3. Masukkan Data Sesuai eKTP

Masukkan Data Sesuai eKTP

Jika sudah, pada kolom di bawahnya kalian juga diminta untuk memasukkan data sesuai eKTP mulai dari NIK, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir.

4. Masukkan Tanggal Kejadian

Masukkan Tanggal Kejadian

Kemudian tentukan tanggal kejadian mengenai hilangnya saldo GoPay.

5. Unggah Bukti Kasus

Unggah Bukti Kasus

Selanjutnya unggah bukti kasus yang sudah disiapkan. Selain itu, pilih juga sumber transaksi hingga penjelasan terkait masalah yang dialami. Jika sudah, Centang bulatan kecil dibagian bawah dan terakhir klik Kirim.

Catatan : Proses verifikasi data pengajuan mungkin bisa berlangsung selama 2 x 24 jam. Apabila pelapor terbukti mengalami kerugian berupa kehilangan saldo Gopay PayLater, maka proses Refund akan segera dikirim ke akun pelapor sesuai dengan jumlah saldo yang hilang.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja informasi dari Proseskredit.com mengenai apa itu Refund Gopay PayLater. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan mengenai apa saja syarat klaim hingga proses pengajuan fitur Jaminan Saldo Kembali untuk para pengguna Gojek yang kehilangan saldo GoPayLater maupun GoPay.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.