Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

12 Cara Menghapus Data Diri di Kredit Pintar & Tips Hapus Secara Benar

Cara Menghapus Data Diri di Kredit Pintar Tips Hapus Secara Benar

Cara Menghapus Data Diri di Kredit Pintar – Dapat dengan mudah kalian menjumpai layanan pinjaman uang online saat ini. Namun usahakan memilih atau mengajukan pinjaman online yang sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu aplikasi pinjaman online yang sudah terpercaya dan banyak penggunanya yaitu Kredit Pintar. Kalian bisa unduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store dan App Store, kemudian baru daftar dan ajukan pinjam uang di Kredit Pintar.

Dalam mengunduh aplikasi pinjaman online ini, maka akan ada sebuah permintaan untuk akses kontak dan data diri sebagai persyaratan dalam pengajuan. Namun jika sudah melunasi semua hutang dan tidak ingin ajukan lagi maka bisa hapus data diri agar tidak disalahgunakan.

Lantas apakah bisa menghapus data diri di Kredit Pintar? Jawabannya adalah bisa. Teruntuk kalian yang penasaran bagaimana cara menghapus data diri di Kredit Pintar, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan secara lengkap langkah penghapusannya.

Alasan Menghapus Data Diri di Kredit Pintar

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara hapus data diri di Kredit Pintar, kalian perlu mengetahui beberapa alasan para pengguna aplikasi pinjol Kredit Pintar melakukan penghapusan. Mengenai alasan umum sendiri seperti misalnya:

1. Sudah Melunasi Semua Hutang / Pinjaman

Alasan pertama yaitu karena sudah berhasil melunasi semua hutang maupun pinjaman uang di Kredit Pintar.

2. Tidak Ingin Melakukan Pinjaman Kembali

Alasan kedua yaitu karena sudah tidak ingin lagi melakukan pinjaman di Kredit Pintar setelah melunasinya.

3. Takut Disalahgunakan

Alasan ketiga yaitu takut data diri pribadi disalagunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Namun untuk Kredit Pintar karena sudah diawasi OJK jadi aman.

4. Pemilik Akun Meninggal Dunia

Alasan keempat, pemilik akun meninggal dunia., namun sudah tidak memiliki tanggungan atas pinjaman di Kredit Pintar atau telah melunasinya.

Hal & Syarat Penghapusan Data Diri di Kredit Pintar

Selain alasan, beberapa hal dan syarat ketentuan melakukan penghapusan data diri di Kredit Pintar juga perlu kalian ketahui. Tujuannya agar nantinya tidak ada masalah saat melakukan penghapusan data diri tersebut.

1. Melunasi Semua Hutang

Yang jelas, pemilik akun pinjol Kredit Pintar sudah melunasi semua hutang atau pinjaman. Hal itu sebagai langkah tanggung jawab atas apa yang sudah menjadi keputusan di awal yaitu sanggup melunasi dengan cicilan telah ditentukan.

2. Tidak Ingin Melakukan Pinjaman Lagi

Jika semua pinjaman sudah dibayarkan atau dilunasi, maka hal berikutnya adalah mengenai keseriusan apakah sudah tidak ingin mengajukan pinjaman di Kredit Pintar kembali.

3. Ingat Akses Perizinan Aplikasi

Sebelum mulai menghapus data diri seperti kontak pada aplikasi Kredit Online, maka bisa diingat dahulu izin apa saja yang diberikan saat baru mengakses aplikasi.

Jika izin yang diberikannya meliputi SMS dan kontak, maka bisa membahayakan data diri pribadi. Namun untuk pinjaman online legal pastinya tidak akan menyalahgunakan data. Itu dikarenakan bisa saja diberi sanksi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang menjadi masalah yaitu saat kalian memberi data diri pribadi kepada pinjaman online ilegal yang tidak di awasi OJK. Data bisa disalahgunakan, terutama saat pemilik akun telat membayar tagihan.

Dengan begitu, menghapus data diri di Kredit Pintar menjadi hal penting jika kalian sudah merasa terganggu. Namun saat tidak merasa terganggu, maka kalian juga bisa menghapus data diri di Kredit Pintar kapan saja selagi sudah melunasi semua tagihan.

Cara Menghapus Data Diri di Kredit Pintar

Cara Menghapus Data Diri di Kredit Pintar

Seperti sudah disampaikan di atas, jika pinjaman online akan meminta akses nomor kontak, telepon, kamera, lokasi dan SMS. Tidak hanya itu, ada beberapa pinjaman online yang meminta akses m-Banking dan e-commerce pada nasabahnya.

Dengan begitu selalu berhati-hati dalam memberikan atau menyebarkan data diri kalian. Tujuan agar nantinya kalian tidak akan di teror dari pinjol akibat sudah memiliki data diri tersebut.

Kembali ke pembahasan cara menghapus data di Kredit Pintar tersebut, sebelum itu Anda bisa melihat data diri di Kredit Pintar terlebih dahulu. Jika sudah, maka simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

1. Hubungi Call Center

Cara pertama, jika pinjaman atau utang yang diajukan sudah lunas, maka bisa lakukan penghapusan dengan menghubungi pihak call center Kredit Pintar di nomor (021) 50598882. Silakan ajukan permohonan untuk menghapus data pribadi dan sertakan bukti-bukti valid bahwa utang sudah terlunasi.

2. Kirim Email

Cara kedua bisa dilakukan untuk menghapus data diri di Kredit Pintar yaitu dengan mengirim e-mail kepada pihak Kredit Pintar dengan mengirimnya di cs@kreditpintar.com. Silakan buat pesan email dengan format:

  • ID pemilik akun :
  • Nomor HP pemilik akun :
  • Hubungan dengan pemilik aplikasi (jika meninggal dunia) :
  • Alasan menghapus, tutup atau pembekuan akun :

Mungkin cara menghapus data di pinjaman online Kredit Pintar ini bisa dilakukan jika menghubungi lewat call center tidak ada tanggapan.

3. Hapus Data Aplikasi

Ketiga, bagi kalian yang ingin hapus data diri di Kredit Pintar perlu untuk hapus juga data aplikasinya. Ini bertujuan agar meminimalisir tersebar data diri peminjam. Mengenai penghapusan data aplikasi bisa dilakukan seperti:

  • Buka HP.
  • Pergi ke “Pengaturan” HP.
  • Pilih “Aplikasi”.
  • Cari aplikasi Kredit Pintar.
  • Klik “Hapus Data dan Cache”.

Dengan melakukan menghapus data aplikasi di atas, maka data di aplikasi Kredit Pintar otomatis terhapus dan aplikasi akan kembali seperti saat pertama kali dibuka.

4. Hapus Aplikasi Kredit Pintar

Jika sudah hapus data aplikasi, kalian tinggal lakukan menghapus aplikasi Kredit Pintar-nya. Penghapusan aplikasi diharapkan supaya tidak terjerat lagi untuk melakukan pinjaman uang online kembali. Ini cara menghapus aplikasinya:

  • Pertama buka HP.
  • Pergi ke menu “Pengaturan” HP.
  • Lalu pilih “Aplikasi”.
  • Cari aplikasi Kredit Pintar.
  • Lalu pilih dan klik “Uninstall”.

5. Ganti Nomor SIM Card

Cara berikutnya adalah dengan melakukan ganti nomor telepon, mungkin ini bisa dilakukan jika masih ada teror melalui pesan SMS atau panggilan telepon. Selain itu, bertujuan supaya tidak muncul notifikasi pesan dari Kredit Pintar.

6. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ada cara mengatasi lain yaitu dengan menghubungi OJK secara langsung, namun dengan catatan semua pinjaman sudah terlunasi. Mengenai cara menghapus data diri dengan menghubungi OJK bisa dilakukan saat ada penyalahgunaan data diri.

Tips Hapus Data Diri di Kredit Pintar

Guna mencegah timbulnya permasalahan baru, memang ada sebuah tindakan atau tips yang mengharuskan setelah menggunakan suatu aplikasi pinjaman online. Nah, untuk tips dalam menghapus data diri di Kredit Pintar misalnya:

  • Sudah melunasi semua tagihan / kredit di aplikasi Kredit Pintar.
  • Melakukan pengiriman email ke CS Kredit Pintar terkait penutupan/ penghapusan akun.
  • Log out dan uninstall aplikasi Kredit Pintar dari HP / smartphone.

Kesimpulan

Proses penghapusan data diri di Kredit Pintar sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, namun dengan catatan sudah melunasi semua pinjaman. Jadi, jangan lari dari tanggung jawab atas uang dipinjam tanpa ada niatan untuk mengembalikan alias kabur, karena sudah menyalahi aturan dan melanggar hukum.

Mungkin seperti itulah kiranya pembahasan terkait cara menghapus data diri pribadi di Kredit Pintar dan tips melakukan penghapusan pinjaman online Kredit Pintar yang dapat proseskredit.com sampaikan. Semoga adanya cara hapus data diri di Kredit Pintar di atas bisa bermanfaat.

Sumber Gambar : Infokomputer.grid.id

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *