Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

√ Cara Mengembalikan Motor ke Leasing BAF 2022 : Untung & Rugi

Cara Mengembalikan Motor ke Leasing BAF Untung Rugi

Cara Mengembalikan Motor ke Leasing BAF – Apakah kalian merupakan debitur alias pemilik kredit kendaraan bermotor di Leasing BAF? Jika demikian, artinya kalian memiliki kewajiban untuk bayar angsuran setiap bulan nya secara tepat waktu.

Bicara mengenai angsuran motor di Leasing BAF, kewajiban ini mungkin tidak menjadi masalah bagi debitur yang mempunyai kemampuan finansial lebih dari cukup. Namun sebaliknya, bagi debitur yang memiliki banyak masalah finansial, pastinya cukup pusing memikirkan bagaimana cara bayar angsuran setiap bulan nya.

Kendati demikian, tidak jarang debitur Leasing BAF yang justru ingin mengembalikan motor nya ke Leasing tersebut. Bagi kalian yang mungkin berniat mengembalikan motor ke Leasing BAF karena tidak sanggup bayar cicilan, berikut ini kami bakal menjelaskan tata cara melakukannya.

Selain itu kami juga bakal menjelaskan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pengembalian motor ke Leasing BAF. Bahkan kalian juga bisa menerima informasi terkait ketentuan biaya hingga keuntungan serta kerugian mengembalikan motor ke Leasing.

Syarat Mengembalikan Motor ke Leasing BAF

Seperti kami singgung diatas bahwa debitur BAF khususnya pemilik angsuran sepeda motor beberapa ada yang memilih untuk mengembalikan unit tersebut saat angsuran belum lunas. Faktor utama yang mendorong debitur ingin melakukan pengembalian unit adalah karena tidak sanggup bayar cicilan.

Namanya kondisi finansial siapapun tidak ada yang tahu, ada debitur yang mengambil kredit motor di BAF ketika kondisi finansial nya saat itu sedang stabil. Tapi seiring berjalannya waktu, kondisi finansial memburuk yang berdampak pada tidak mampu menyelesaikan angsuran di Leasing tersebut.

Cara ini kerap dipilih agar debitur tidak terus dibebankan biaya angsuran setiap bulan. Belum lagi denda BAF juga berlaku apabila debitur terlambat bayar angsuran. Bagi kalian yang juga ingin melakukan hal serupa, terlebih dahulu kalian wajib memenuhi syarat-syarat berikut ini :

1. Surat-Surat Kendaraan Masih Lengkap

Syarat pertama adalah surat-surat dari motor yang dimiliki masih lengkap. Apabila STNK dari motor tersebut hilang, maka kalian harus mengurus nya terlebih dahulu di Samsat terdekat.

2. Kondisi Motor Masih Standar

Syarat kedua adalah kondisi motor yang ingin dikembalikan harus masih standar. Jika ada perubahan yang mempengaruhi keaslian warna hingga bentuk, maka besar kemungkinan pengembalian motor ke Leasing BAF akan dipersulit. Syarat seperti ini juga berlaku ketika pengembalian motor ke Leasing Adira, FIF dan lain sebagainya.

3. Motor Tidak Sedang di Gadai

Syarat ketiga, motor yang akan dikembalikan harus berada di tangan pertama (debitur). Apabila motor sedang di gadai, maka debitur harus menyelesaikan urusannya terlebih dahulu dengan pihak penggadai.

Cara Mengembalikan Motor ke Leasing BAF

Cara Mengembalikan Motor ke Leasing BAF

Setelah memenuhi semua syarat diatas, sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan dari artikel ini, yaitu bagaimana cara mengembalikan motor ke Leasing BAF. Jadi, untuk melakukan hal tersebut sebenarnya tidak beda jauh seperti pengembalian motor ke Leasing FIF, Adira, WOM dan lain sebagainya.

Disini setiap debitur BAF yang ingin mengembalikan motor harus datang ke kantor Leasing BAF setempat sambil membawa unit sepeda motor yang akan dikembalikan. Kemudian dari pihak Leasing bakal melakukan cek unit, apakah memenuhi kriteria untuk dikembalikan ke Leasing atau tidak.

Baiklah, supaya lebih jelas langsung saja simak tata cara selengkapnya dibawah ini :

1. Datang ke Kantor BAF

Pertama-tama silahkan datang ke Kantor BAF

2. Sampaikan Maksud & Tujuan

Sesampainya disana silahkan temui petugas Customer Service lalu sampaikan bahwa maksud kedatangan kalian adalah untuk mengembalikan motor ke Leasing BAF.

3. Serahkan Berkas Persyaratan

Kemudian petugas akan meminta dokumen persyaratan mulai dari STNK, Fotokopi eKTP dan kunci motor yang ingin diserahkan. Disini petugas juga akan menanyakan alasan kalian ingin mengembalikan motor ke Leasing BAF.

4. Proses Cek Sepeda Motor

Setelah mengecek semua dokumen persyaratan, selanjutnya akan ada petugas BAF yang melakukan pengecekkan unit sepeda motor. Apabila tidak ada masalah, maka kalian akan dipandu untuk menandatangani SBP (Surat Bukti Pelunasan).

5. Pengembalian Motor ke Leasing BAF Selesai

Dengan adanya SBP yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak, artinya proses pengembalian motor ke Leasing BAF sudah selesai. Selanjutnya kalian bisa pergi meninggalkan kantor tersebut.

Biaya Pengembalian Motor ke Leasing Bussan Auto Finance

Biaya Pengembalian Motor ke Leasing Bussan Auto Finance

Sampai disini mungkin masih ada diantara kalian yang menanyakan soal biaya mengembalikan motor ke BAF. Baiklah, disini akan kami bantu menjawab pertanyaan tersebut.

Jadi, untuk mengembalikan motor ke Leasing BAF setiap debitur tidak akan dikenai biaya apapun. Bahkan, ketika motor dikembalikan karena ditarik oleh petugas Debt Collector akibat menunggak cicilan sampai berbulan-bulan.

Keuntungan Motor Dikembalikan ke Leasing BAF

Kemudian sesuai janji diatas, pada ulasan berikut kami juga telah menyiapkan informasi soal keuntungan yang diperoleh setelah melakukan cara diatas. Jadi, dengan cara mengembalikan motor ke Leasing BAF, artinya kalian akan terbebas dari biaya angsuran setiap bulan. Dengan begitu, kalian bisa mengatur finansial secara lebih baik, karena satu pengeluaran telah berkurang.

Kerugian Motor Dikembalikan ke Leasing BAF

Ada keuntungan, tentu ada juga kerugian, bahkan kerugian dari mengembalikan motor ke Leasing BAF bisa dibilang lebih besar dibandingkan keuntungan yang diperoleh. Sebab, setelah motor dikembalikan artinya kalian tidak bisa lagi menggunakan unit sepeda motor tersebut.

Selain itu, semua uang muka serta angsuran yang sudah masuk juga tidak akan bisa diambil lagi. Kerugian ini jauh lebih terasa apabila cicilan motor di BAF sudah hampir lunas, artinya kalian sudah membuang uang jutaan rupiah tanpa memiliki hasil atau bukti dari kerja keras tersebut.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja penjelasan dari Proseskredit.com mengenai tata cara mengembalikan motor ke Leasing BAF. Diatas kami juga menjelaskan apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pengembalian motor ke Leasing tersebut.

Meski begitu, disini kami menyarankan pada kalian para debitur BAF yang barangkali ingin mengembalikan motor karena tidak sanggup bayar cicilan. Kami harap kalian sudah memikirkan nya matang-matang, sebab pengembalian motor ke Leasing jelas memberi dampak kerugian bagi setiap debitur.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.