Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tidak Membayar Cicilan Akulaku

Tidak Membayar Cicilan Akulaku Siap Saja Terima Konsekuensinya

Tidak Membayar Cicilan Akulaku – Mungkin saat ini hampir semua masyarakat sudah mengetahui adanya layanan Akulaku. Ya, salah satu aplikasi Kredit Online terbaik di Indonesia yang satu ini sudah memiliki lebih dari 10 juta pengguna dimana mereka telah menerima limit kredit hingga jutaan rupiah.

Melalui limit kredit yang diterima setiap pelanggan bisa menggunakannya untuk belanja di berbagai merchant, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia atau di aplikasi Akulaku itu sendiri. Bukan hanya itu, Akulaku juga menawarkan fitur pinjaman tunai bernama Dana Cicil dan KTA Asetku dengan limit mencapai 15 juta rupiah.

Nah, bicara soal Akulaku apakah kalian merupakan salah pengguna dari layanan tersebut? Jika demikian tentu kalian sudah pernah melakukan transaksi menggunakan limit Akulaku dan memiliki tagihan yang harus dilunasi. Lalu pernahkah kalian berfikir untuk mengabaikan cicilan Akulaku?

Perlu diketahui bahwa Akulaku punya konsekuensi untuk pelanggan bandel yang tidak mau membayar tagihan Akulaku tepat waktu. Penasaran apa saja konsekuensi yang berlaku untuk pelanggan semacam itu? Langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Tidak Membayar Cicilan Akulaku

Tidak Membayar Cicilan Akulaku

Sebelum kami jelaskan mengenai resiko tidak membayar cicilan Akulaku, terlebih dahulu kalian perlu tahu perjanjian setiap transaksi di Akulaku. Jadi, pada setiap transaksi di Akulaku baik itu pembelian barang maupun pinjaman Online, antara kedua belah pihak (pelanggan & Akulaku) memiliki sebuah perjanjian yang disepakati bersama.

Artinya apabila salah satu pihak ada yang melanggar perjanjian tersebut maka ada sanksi yang berlaku. Namun dalam hal ini pihak 1 (Akulaku) bisa dibilang tidak pernah melanggar kesepakatan mengingat layanan ini sudah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tapi, meskipun banyak keuntungan yang diberikan Akulaku, tetap saja ada pelanggan yang menyalahi aturan dari layanan tersebut dengan mengabaikan tagihan yang dimiliki. Padahal saat ini BAYAR TAGIHAN AKULAKU bisa dilakukan lebih mudah melalui layanan mBanking maupun Dompet Digital, sehingga kalian tidak perlu lagi keluar rumah.

Konsekuensi Tidak Membayar Tagihan Akulaku

Konsekuensi Tidak Membayar Tagihan Akulaku

Kemudian seperti kami singgung diatas bahwa Akulaku mempunyai hukuman atau sanksi bagi siapapun yang tidak mau mematuhi perjanjian kontrak. Sanksi tersebut bisa dalam bentuk DENDA sejumlah uang hingga pidana atau jalur hukum. Supaya lebih jelas, berikut adalah konsekuensi yang bakal kalian terima jika tidak membayar tagihan Akulaku :

1. Kredit Poin Menurun Secara Drastis

Sanksi pertama yang bakal kalian peroleh ketika tidak membayar cicilan Akulaku adalah turunnya Kredit Poin secara drastis. Hal ini akan berdampak pada penggunaan limit Akulaku untuk pembelian barang secara kredit.

2. Akun Akulaku Terblokir

Selanjutnya Akulaku juga memiliki hak untuk memblokir akun kalian, baik untuk sementara maupun permanen. Konsekuensi seperti bakal kalian terima jika terlalu sering tidak membayar cicilan Akulaku.

3. Menerima Tagihan Dari Berbagai Media

Sanksi ketiga adalah menerima tagihan dari berbagai media seperti SMS, Email bahkan panggilan secara terus menerus. Bahkan apabila kalian mengabaikan penagihan tersebut, pihak Akulaku tidak segan-segan mengirim pesan siaran berisi status kalian sebagai pengguna Akulaku yang telah melanggar perjanjian. Sanksi seperti bisa mengancam reputasi atau nama baik kalian, jadi jangan coba-coba untuk menyalahi aturan dari Akulaku.

4. Di Blacklist Oleh Lembaga Keuangan

Apabila semua konsekuensi diatas kalian anggap tidak ada artinya, Akulaku masih punya sanksi lainnya yang jauh lebih serius. Jadi, ketika pelanggan susah membayar cicilan maka akan dilaporkan ke OJK. Nantinya pihak OJK bakal melaporkan kasus tersebut pada pihak berwenang sehingga nama kalian akan tercatat di daftar hitam SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan), Pusdafil (Pusat Data Fintech Lending) serta BI Checking.

5. Di Datangi Oleh Debt Collector Akulaku

Mengingat Akulaku sudah terdaftar di OJK maka layanan ini memiliki petugas khusus untuk mengurus pelanggan yang tidak membayar cicilan, yaitu Debt Collector. Petugas DC dari Akulaku bakal datang ke rumah dan meminta kalian untuk membayar cicilan yang masih menunggak. Ingat, tidak jarang kasus penagihan oleh DC dilakukan dengan cara kekerasan, dimana hal tersebut dilakukan agar pihak bersangkutan segera melunasi kewajibannya.

6. Hukum Pidana

Konsekuensi terakhir jika tidak membayar cicilan Akulaku adalah di proses melalui jalur Hukum. Sanksi ini mengacu pada Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Pasal 19 ayat 2 menyebutkan jika utang piutang merupakan ranah perdata, sehingga peminjam yang tidak bisa membayar tidak akan di pidana. Jadi, Akulaku memang tidak main-main dalam mengurus pelanggan yang tidak mau membayar cicilan.

Batas Waktu Pembayaran Cicilan Akulaku

Batas Waktu Pembayaran Cicilan Akulaku

Bagaimana, sanksi dari Akulaku bagi pelanggan jika malas membayar cicilan cukup serius bukan? Maka dari itu, kami sarankan agar selalu membayar cicilan Akulaku tempat waktu. Nah, bicara soal bayar cicilan tepat waktu, Akulaku sendiri memiliki tiga (3) pilihan tanggal jatuh tempo pembayaran, antara lain :

Tanggal Cetak Tagihan162611
Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran21025

Dengan mengetahui ketentuan terkait tanggal jatuh tempo, maka kami harap tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar cicilan Akulaku. Intinya, kalian memiliki batas waktu pembayaran sesuai tanggal cetak tagihan. Ketentuan tersebut bisa kalian pilih pada saat pertama kali menggunakan Akulaku.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah ulasan mengenai konsekuensi ketika enggan membayar cicilan Akulaku. Bahkan diatas Proseskredit.com juga menjelaskan sanksi terberat dari pelanggaran tersebut adalah menjalani hukum pidana sesuai undang-undang berlaku. Nah, kalian semua pasti tidak ingin menerima salah satu hukuman diatas bukan? Maka dari itu, setiap mempunyai cicilan di Akulaku kami sarankan untuk selalu membayar tepat waktu, jangan sampai telat apalagi sampai berbulan-bulan.

Dasirun Seorang Mantan Karyawan Bank Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Proseskredit.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *